20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Apple Patenkan Teknologi Pengisian Wireless

Posted: 05 Dec 2012 11:10:06
 

iPhone generasi berikutnya tampaknya akan menggunakan sistem pengisian wireless, hal ini diindikasikan oleh paten yang baru-baru ini diterbitkan Apple.

Meskipun sudah ada ponsel yang menggunakan kemampuan pengisian nirkabel, yaitu Nokia Lumia 920, namun apa yang ditawarkan Apple sedikit berbeda.

Paten tersebut mengatakan “berbagai perwujudan dari ekosistem pengisian nirkabel lokal”. Sistem ini memanfaatkan resonansi magnetik jarak dekat (NFMR) untuk mengisi perangkat wireless hingga radius 1 meter dan benar-benar tidak ada kontak yang diperlukan.

Paten ini telah didaftarkan sejak November 2012, namun baru diterbitkan beberapa hari yang lalu.

Pengisian ke dalam wireless

Apple mengusulkan sistem ini menilik dari sistem pengisian nirkabel yang sudah ada. Mereka masih membutuhkan semacam kontak pada sebuah bantalan atau piringan untuk mengisi tenaga.

Sudah ada beberapa contoh pengaplikasian sistem pengisian ini di pasaran, namun teknologi ini belum mendapatkan perhatian khusus.

Seperti disebutkan, Lumia 920 memiliki aksesori pengisian nirkabel, yang membutuhkan kontak untuk pengisian. Namun piringan tersebut sedikit mahal, yaitu $ 99.

Mampu untuk mengisi perangkat dari jarak beberapa meter merupakan kemajuan yang penting dan berpotensi dikembangkan. Sehingga kita tidak perlu lagi melihat kerumunan perangkat karena kebutuhan kontak fisik dengan penyuplai tenaga.

Pergeseran pola pikir

Paten ini memberikan harapan bagi mereka yang sedikit kecewa dengan iPhone 5. Pengisian wireless berada dalam daftar wish list banyak fans Apple.

Namun harapan mereka pupus ketika Apple justru merilis konektor Lightning dan wakil presiden pemasaran Apple, Phil Schiller mengatakan tidak akan ada pengisian nirkabel di handset.

Schiller sedang mempertahankan Apple untuk beralih ke konektor Lightning dan mengatakan USB port kurang simple. Namun paten ini mungkin menandai perubahan posisi.

Tentang Face(time)

Jika Apple terus maju dengan pengisian wireless akankah Schiller menarik kembali kata-katanya?

Mungkin tidak, seperti yang dikatakan Schiller mungkin bukan bermaksud menggembar-gemborkan tentang pengisian nirkabel, namun lebih komitmen Apple untuk kesimpelan.

Paten yang dimaksud memberi solusi untuk mengatasi lilitan kabel dan banyaknya charger yang dibutuhkan untuk berbagai perangkat.

Jika Apple dapat mengakhiri kekacauan tersebut maka pengisian iPhone, iPad dan iPod yang bersamaan akan lebih simple.

Bahkan sistem pengisian Apple mungkin tidak hanya mencakup pengisian perangkat saja. Sistem ini pun bisa mendukung mouse dan keyboard tanpa perlu mengganti baterai AA. Dan Apple sendiri sangat menyukai hal tersebut.

Sengketa paten lagi ?

Meskipun paten baru diterbitkan beberapa hari yang lau, namun beberapa sudah mendengar tabuhan gendang perang paten yang mendekat.

Perusahaan WiPower sudah mempatenkan seluruh konsep pengisian nirkabel pada tahun 2008. Kemudian perusahaan ini diakuisisi oleh perusahaan pembuat chip Qualcomm. Dan perusahaan bergabung dengan The Alliance For Wireless Power, yang bekerja pada sistem pengisian tanpa sentuh yang sama.

Dan yang tidak diduga adalah, Samsung rival pengadilan Apple juga termasuk dalam aliansi. Paten asli WiPower dan properti intelektual Samsung lainnya yang merupakan tulang punggung dari standar aliansi itu.

Mungkin yang menarik adalah babak baru dari aksi saling tuntut atas pelanggaran paten antara Apple dan Samsung. Namun paling tidak setelah melakukan lompatan dari Windows Phone, teknologi ini dapat memanjakan kita dengan sebuah dunia yang bebas kabel. (debby)

 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post Techradar http://www.techradar.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us