20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Bayangkan Dunia Tanpa Internet dan Search Engine

Posted: 11 Aug 2009 18:09:14
 

Pernahkah anda membayangkan dunia tanpa internet? Semua informasi yang anda inginkan dapat anda dapatkan secara cepat melalui internet. Hasil pertandingan berita, informasi pemilu, berbelanja via toko online, kurs mata uang asing, transaksi perbankan. Semua itu hanya dilakukan dengan beberapa klik saja. Dengan membanjir dan penuhnya informasi di dunia maya, maka peran Search engine ataupun mesin pencari merupakan hal yang sangat penting untuk membantu kita dalam mencari informasi, bayangkan apabila search engine tidak ada.

 

Begitu ditanya oleh rekan anda mengenai search engine, anda pasti akan terlontarkan jawaban sebuah pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin yaitu Google. Sebelum google muncul dan merajai search engine di internet sudah ada pemain lain sebelumnya dan dominan dalam mesin pencari dialah Yahoo! Menurut data resmi, setidaknya google menguasai 60% lebih pangsa pasar search engine. sedangkan Yahoo! berada di bawahnya, tepatnya urutan ke 2.

 

Apa betul google akan melenggang dengan mudahnya di tahun 2009 ini? Tidak! Sudah ada pemain baru yang berusaha menjegal google, tak tanggung-tanggung pemain baru tersebut besutan kerjasama antara Yahoo dan Microsoft yaitu Bing dan pemain lainnya adalah wolframAlpha.

 

Sungguh menarik melihat sepak terjang dari perjalanan search engine 4 besar dunia tersebut, kita akan melihat satu persatu, riwayat dari ke 3 search engine tersebut.

 

Google

Larry Page dan Sergey Brin mendirikan Google pada awal 1996. Pendirian Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Stanford University. Google dikembangkan berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Larry Page dan Sergey Brin  menamakan  BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

 

Larry Page dan Sergey Brin memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka dan hal ini menjadikan fondasi bagi mesin pencari mereka. Akhirnya hal tersebut berbuah pada pendirian Google Inc. pada 7 September 1998 di ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di  Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke "Googleplex" pada akhir tahun 1999.

 

Desainnya yang sederhana dan 'bersih' serta hasil pencariannya yang relevan merupakan ciri khas Google.Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.

 

Mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) pada September 2001 diberikan hak paten Amerika. Diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

 

Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.

 

Awal 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN.Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.

 

Yahoo!

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark. David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

 

Mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

 

Bing

Bing adalah search engine buatan Microsoft, banyak orang yang berharap bahwa mesin pencari ini punya banyak keunggulan. Bing berusaha mengungguli mesin-mesin pencari lainnya. Search engine ini memiliki tampil lebih dinamis dan segar.

 

Bagaimana dengan proses pencarian informasi? Dibandingkan dengan Yahoo!Search dan Google, Bing lebih memudahkan pengguna melakukan pencarian. Bing juga mampu mengidentifikasi pencarian yang lebih relevan melalui fitur Best Match untuk hasil relevan, Deep Links untuk tautan tambahan, dan Quick Preview yang memberi fasilitas jendela pop-up tentang situs -situs terkait.

 

Permasalahan keamanan konten juga menjadi perhatian Microsoft. Mesin pencari baru buatan Microsoft ini sudah melengkapi dirinya dengan fasilitas kontrol pencarian konten dewasa.

 

WolframAlpha

WolframAlpha adalah mesin pencari khusus informasi seputar pengetahuan. Nama search engine unik tersebut disesuaikan dengan nama sang penemu, yaitu Stephen Wolfram.

 

Mengkhususkan diri pada informasi seputar ilmu pengetahuan, Wolfram Alpha hanya akan mengeluarkan data-data atau nama-nama yang sudah tercatat dalam sejarah. Jika Wolframe tak menemukan kata yang Anda input, mesin ini akan menerjemahkannya sebagai input lain dan menampilkan informasi yang terkait dengannya. WolframAlpha memang lebih identik dengan kamus ilmu pengetahuan. Kinerja WolframAlpha cenderung lambat. Untuk memproses sebuah pencarian, WolframAlpha butuh waktu lebih dari 50 detik. (sherly)

 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us