20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Mengenal Menariknya Dunia PC Gaming Part 2

Posted: 23 Apr 2012 08:44:37
 

Setelah beberapa saat yang lalu kita sudah sedikit membahas mengenai betapa kaya nya dunia PC gaming yang sudah sedikit terlupakan, sekarang saatnya masuk ke dalam dunia PC gaming secara lebih dalam, dan tidak ada salahnya kita mencoba akrab dengan genre apa sajakah yang sering muncul dalam PC gaming.

Sama halnya seperti berbagai macam karya seni lainnya, game pun memiliki genre. Tetapi tidak seperti game konsol, PC memiliki beberapa genre yang tidak dimiliki oleh konsol. Sebenarnya genre yang unik ini bisa saja dimainkan di konsol apabila sebuah developer game menginginkannya, tetapi mereka tahu bahwa pengalaman yang diberikan oleh game itu tidak akan menyenangkan ketika game tersebut dimainkan di konsol.

Sebagai contoh, game dengan genre MMORPG semacam World of Warcraft atau yang sedang fenomenal seperti Star Wars: The Old Republic, pernah membayangkan bagaimana repotnya apabila memainkan game semacam itu di konsol? Atau mungkin, ingin mencoba memainkan game simulator seperti Flight Simulator? Tentu pengalaman yang diberikan tidak akan semenarik ketika dimainkan pada PC.

Kalau begitu langsung saja menuju ke beberapa contoh beberapa genre game PC yang paling sering muncul, dan memiliki pengalaman yang sangat memuaskan ketika kita memainkannya di PC.

 

ACTION!

Yupp salah ini adalah salah satu genre game yang paling disenangi pria! Di PC genre action ini memiliki beberapa cabang, dan salah satu cabang yang paling populer adalah!

FPS (first Person Shooter)

Genre yang unik ini pertama kalinya di kenalkan oleh sebuah game dengan judul Wolfenstein, dan dari awal kemunculan genre ini sambutan yang diberikan selalu baik! Karena game dengan genre ini mengambil sudut pandang orang pertama, dan memberikan efek seolah-olah Anda-lah sang tokoh dari game ini, dan alhasil seluruh aksi dapat dirasakan secara lebih nyata, termasuk visual efek yang terdapat didalam game ini.

The Games: Call of Duty Series, Battlefield Series, Rainbow Six Series

 

ADVENTURE!

Mari berpetualang! Di masa kecil, siapa yang tidak memiliki khayalan untuk dapat berpetualang menjelajahi dunia baru, atau menyelamatkan sang putri. Game dengan genre ini memiliki banyak sekali cabang, yang mungkin akan banyak percampurannya ketika digabungkan dengan genre lain. Beberapa cabang dari adventure dan beberapa percampuran game adventure dengan genre lain adalah:

RPG (Role Playing Game)

Bukan seorang gamer apabila tidak mengetahui genre yang satu ini. Genre yang unik ini memiliki gameplay yang sangat lama, mulai dari Anda memainkannya hingga tamat. Dan genre ini akan memaksa Anda untuk dapat berpikir lebih kreatif dan pintar, karena Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam sistem permainan yang cenderung rumit dan membutuhkan ketelitian. Karakter yang Anda mainkan dapat merakit senjata, armor, mempelajari skill dan bahkan Anda harus rajin mencari-cari clue untuk dapat menemukan benda-benda unik. Tapi ini belum seberapa, karena beberapa game RPG akan mengantarkan Anda ke berbagai macam dungeon, puzzle yang rumit dan boss stage yang susahnya gila-gilaan.

Serunya, genre ini sangat fleksibel sehingga mudah untuk di sandingkan dengan berbagai macam genre, sebagai contoh RPG digabungkan dengan FPS, jadilah Borderlands! Sebuah game FPS dengan nuansa RPG yang kental. Atau RPG digabungkan dengan Action, jadilah Elder Scrolls: Skyrim yang memenangkan banyak penghargaan.

The Games: Elder Scroll, Borderlands, Star Wars: The Old Republic, The Witcher, The Last Remnant Dll

Action Adventure

Penggabungan antara aksi dan petualangan, dimana karakter dari game ini akan dihadapkan dengan berbagai macam rintangan, puzzle ringan dan misi yang bervariasi. Game dengan genre ini memiliki daya tarik tersendiri ketika dimainkan, karena feel yang diberikan seakan Anda sedang memainkan sebuah film. Tidak percaya, coba mainkan game semacam Gran Theft Auto atau Resident Evil 5, niscaya Anda akan segera tersedot masuk kedalam ceritanya.

The Games: Gran Theft Auto, Resident Evil, Alan Wake, Saints Row dll

 

SIMULASI!

Punya cita-cita tapi ngga kesampaian? Mari bermain game simulasi. Game ini diciptakan serealistis mungkin menyerupai keadaan aslinya, dan cabang dari game simulasi ini beraneka ragam, mulai dari simulasi berkendara, kehidupan sehari-hari, sampai simulasi yang menyerupai sebuah jabatan tertentu, biasanya pada setiap game ini diakhiri dengan kata Tycoon atau mungkin bahasa kerennya “Juragan”.

Untuk PC sendiri terdapat game simulasi yang sangat terkenal, yaitu game Flight Simulator besutan Microsoft. Game ini dibuat senyata mungkin selayaknya Anda adalah seorang pilot, lengkap dengan kontrol pada cockpit nya. Dan bahkan permainan ini isunya digunakan para teroris untuk berlatih menerbangkan pesawat, sangat realistis bukan?

The Games: Flight Simulator, The Sims, Tropico

 

STRATEGY

Genre ini adalah salah satu genre yang sangat menyenangkan apabila dimainkan menggunakan PC, karena biasanya game seperti ini akan membutuhkan banyak sekali command dan shortcut yang sangat banyak untuk dapat melakukan perintah, selain itu biasanya game dengan genre ini memiliki peta permainan yang cukup lebar sehingga Anda membutuhkan sebuah alat yang dapat menyamai kecepatan tangan dan memiliki banyak tombol, untuk bermain game ini, tidak ada yang senyaman mouse dan keyboard.

Game strategi pada umumnya memiliki dua buah cabang utama, yang pertama adalah genre yang sangat klasik, yaitu Turn-Based Strategy dan yang kedua adalah Real-Time Strategy. Turn-Based Strategy adalah game strategi dimana Anda dan lawan Anda diberi kesempatan untuk bergerak bergantian, sama seperti bermain catur atau bermain Battleship. Sedangkan Real-Time Strategy adalah genre yang lebih modern, dimana Anda dan musuh Anda bergerak secara bersamaan.

The Games: Command & Conquer Series, Starcraft Series, Warcraft, Total War Series

 

MMO (Massively Multi Player Online)

Selamat datang di masa depan! Genre ini sebenarnya menggunakan beberapa genre klasik diatas, hanya saja Anda dapat memainkannya dengan pemain di seluruh dunia menggunakan koneksi internet.

Pada beberapa dekade yang lalu, bermain dengan orang di seberang benua mungkin hanyalah sebuah mimpi, karena lawan yang nyata biasanya adalah orang di sebelah Anda. Tetapi sekarang bermain dengan orang yang berada di sisi dunia lain sudah menjadi hal yang sangat jamak. Anda dapat melawan mereka, membuat kelompok atau menjadi partner sejati dengan orang yang bahkan Anda sendiri tidak tahu, seru bukan?

Serunya, masing-masing genre diatas memiliki versi MMO nya masing-masing, jadi Anda dapat memilih genre favorit Anda dan mengadunya dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Dan selalu ada hal baru ketika bermain dengan beraneka ragam manusia diluar sana! Penasaran? Coba saja!

The Games: World of Warcraft, Star Wars: The Old Republic, Point Blank

 

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak lagi genre-genre game lain yang banyak berkeliaran di PC, salah satunya adalah mini game yang biasanya diciptakan oleh developer macam Pop Cap dan Big fish, tapi beberapa genre diatas adalah genre yang paling sering muncul dan kedatangannya selalu menjadi kejutan bagi para gamers.

Mungkin sekian untuk part 2 yang sudah sedikit banyak membahas mengenai genre gaming PC, dan untuk part 3 yaitu part terakhir dari bahasan kita kali ini, Anda akan Bhinneka Post ajak untuk mengenal ragam gaming peripheral dan jargon-jargon yang sering berkeliaran di dunia PC gaming, jangan lewatkan dan LET'S PLAY! (Fajrie)

 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us