20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 
 

Mengenal Menariknya Dunia PC Gaming Part 3

Posted: 08 May 2012 13:33:57
 

Akhirnya sampai juga di Part 3, yaitu part terakhir dari pembahasan mengenai dunia PC gaming. Pada part 2, Anda sudah mengetahui genre apa yang menjadi favorit ketika ingin bermain game nanti.

Sangat menyenangkan tentunya ketika memiliki sebuah alat yang tepat pada situasi yang tepat, hal ini pun berlaku dalam dunia game. Pada setiap genre game memiliki alat yang tepat untuk memainkannya. Ya! Kita berbicara tentang mahsyurnya dunia gaming peripheral. Tentunya dengan memiliki alat yang tepat untuk memainkan sebuah game dengan genre tertentu akan meningkatkan keasyikan ketika memainkannya.

Bukan bermaksud untuk menjadikan dunia game terlalu serius, tetapi menjadi seorang “serious gamers” jelas lebih menyenangkan ketimbang menjadi orang yang tidak memiliki hobi. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memiliki beberapa gaming peripheral yang tepat memainkan sebuah game. Mungkin sama seperti seorang gitaris yang memiliki beberapa gitar sekaligus (ungkapan pembelaan :p)

Oke, langsung saja menuju ke “beberapa senjata pemusnah massal dan pengendali” dalam dunia game.

 

Gaming Mouse:

Inilah senjata utama bagi para PC gamers, inilah mata dari game FPS, langkah dalam game strategi dan perintah dalam beberapa game simulasi. Pasangan Mouse dan keyboard hampir dapat digunakan untuk memainkan seluruh genre game PC, dan ketika Anda sudah mahir menggunakannya, senjata pemusnah massal paling kompleks (dalam game tentunya) sudah ada di genggaman Anda.

Cocok untuk game: FPS, Strategi dan RPG (online dan offline)

Berikut istilah-istilah yang sering terselip pada fitur gaming mouse:

1.    DPI/CPI: Ini adalah tingkat sensitivitas dari kursor, semakin besar angkanya semakin sensitif pergerakan mouse-nya. Dalam dunia gaming khususnya FPS, pengaturan DPI sangat penting untuk meningkatkan akurasi tembak.

2.    Sensor: Segera balik mouse Anda dan tengok bagian bawah dari mouse masing-masing, terdapat sebuah benda yang terbuat dari kaca, itulah sensor yang mentranslasikan pergerakan tangan kita menjadi gerakan kursor. Sejauh ini, pada umumnya gaming mouse memiliki 2 tipe sensor, yaitu laser dan LED.

3.    Weight Management: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur bobot dari gaming mouse mereka. Weight management memiliki bentuk yang beraneka ragam namun fungsinya sama, dan biasanya berupa logam pemberat yang dapat dilepas dan dipasang kembali. Fitur ini biasanya terdapat pada mouse gaming kelas middle-end.

4.    On-The-Fly: Setiap gaming mouse biasanya memiliki software terpaket untuk melakukan setting. Tapi dengan fitur on-the-fly, pengguna dapat mengatur settingan mouse langsung dari mouse tanpa harus mengakses software-nya. Jadi pengguna dapat fokus ke game, bukan ke software mouse nya.

5.    Macro: Bayangkan ketika beberapa konfigurasi tombol dapat dipangkas menjadi sebuah tombol, itulah fungsi makro pada mouse. Anda dapat merekam beberapa konfigurasi tombol dan menyingkatnya menjadi sebuah “klik” saja. Tidak hanya menyingkat konfigurasi saja, makro berguna juga untuk merubah fungsi tombol dan shortcut untuk meluncurkan aplikasi.

6.    Internal Memory: Sering membawa mouse Anda bepergian? Dengan internal memory, Anda tidak perlu melakukan setting ulang ketika menyandingkan mouse dengan PC lain. Karena settingan mouse Anda baik DPI, Macro dan lainnya akan langsung tersimpan didalam memory mouse.

7.    Ambidextrous: Biasanya gaming mouse diciptakan secara ergonomis untuk digunakan dengan tangan kanan. Ambidextrous berarti gaming mouse ini dapat digunakan baik untuk tangan kanan dan kiri.

8.    3G/4G: Yang jelas ini bukan generasi gelombang ponsel. Keluar dari bayangan kita untuk dapat menggunakan mouse sebagai alat komunikasi macam ponsel, teknologi 3G/4G pada mouse adalah teknologi sensor yang dimiliki dari gaming mouse.

 

Gaming Keyboard:

Pasangan setia dari mouse, tanpa mouse kehidupan keyboard tidak akan lengkap. Pada dunia gaming, biasanya tombol yang sering digunakan adalah sekitar tombol ASDW, karena itu adalah konfigurasi tombol termudah yang dapat dijangkau oleh tangan kiri ketika tangan kanan Anda menggenggam mouse.

Cocok untuk game: FPS, Strategi dan RPG (online dan offline)

Berikut istilah-istilah yang sering terselip pada fitur gaming keyboard:

1.    Macro: Sama seperti mouse, fitur ini berguna untuk merubah fungsi tombol, menyingkat konfigurasi beberapa tombol menjadi sebuah tombol, dan shortcut untuk menjalankan sebuah aplikasi. Tapi penggunaan macro pada keyboard jauh lebih efektif karena jumlah tombol keyboard yang sangat banyak.

2.    Internal Memory: Fungsinya tidak jauh berbeda dengan gaming mouse, untuk menyimpan konfigurasi yang sudah diatur sebelumnya.

3.    Switch: Pada setiap tombol dari keyboard, pada bagian bawahnya terdapat semacam alat yang menjadi perantara antara tombol dan papan sirkuit ketika kita menekan tombolnya, itulah yang dinamakan dengan switch.

4.    Membrane: Boleh dibilang ini adalah semacam switch yang digunakan oleh kebanyakan keyboard di seluruh dunia, berbentuk semacam kubah karet, jadi ketika Anda menekan tombol, kubah ini akan mengembalikan posisi tombol ke posisi awal. Sayangnya membrane switch ini memiliki umur yang tidak begitu panjang.

5.    Mechanical: Mungkin lebih akrab disebut dengan mechanical switch, dan keyboard dengan mechanical switch biasa disebut mechanical keyboard. Berbeda dengan membrane, pada mechanical keyboard bagian bawah dari setiap tombolnya terdapat semacam saklar yang berbentuk seperti ujung pulpen mekanis (mungkin lebih akrab dengan nama pulpen cetak-cetik), alat itulah yang menjadi perantara antara tombol dengan papan sirkuit. Mechanical switch memiliki umur yang jauh lebih panjang, dan feel yang lebih menyenangkan (bayangkan Anda mengetik dengan ratusan pulpen mekanis). PS: Untuk lebih mengenal tentang mechanical keyboard, tunggu pembahasan Bhinneka Post selanjutnya! J

6.    Tenkeyless: Keyboard yang tidak memiliki tombol numerical pada pada bagian kanan. Hal ini membuat tenkeyless keyboard memiliki tampilan yang lebih ringkas, mudah dibawa dan karena kebanyakan game tidak membutuhkan tombol numerical.

 

Gamepad:

Benda yang lebih sering dinamakan joystick ini memiliki nama asli gamepad, karena pada hakekatnya joystick dan gamepad adalah dua benda yang benar-benar berbeda. Gamepad pada gaming PC, tidak ubahnya seperti gamepad pada konsol XBOX 360, karena seperti yang kita ketahui Windows dan XBOX berasal dari bapak yang sama, yaitu Microsoft.

Jika di jaman dahulu, ketika akan memainkan game PC dengan gamepad, Anda harus mengatur konfigurasi tombolnya sendiri, sekarang apabila menggunakan gamepad yang memiliki sertifikasi Microsoft, Anda hanya tinggal colok dan main, karena konfigurasi tombol sudah diatur secara otomatis.

Cocok untuk game: All action Adventure, Racing, Arcade Simulation

 

Joystick & Wheel:

Kedua benda ini disatukan karena memang kedua benda ini memiliki fungsi yang hampir sama, hanya dapat dimainkan untuk game dengan genre khusus saja.

Joystick atau bahasa Indonesia batang senang (maka dari itu tidak ditranslasikan), peripheral ini hanya dapat digunakan untuk memainkan game dengan genre airplane simulation. Sebenarnya bisa saja Anda menggunakannya untuk memainkan game dengan genre lain, hanya saja pengalaman dalam bermain game akan menjadi drop habis-habisan :p.

Penah melihat orang yang bermain game balap Initial D di game center pada mall-mall? Fungsi dari wheel sedikit banyak mencoba memberikan feel yang sama ketika Anda memainkan game racing pada game center tadi. Dan sebisa mungkin perasaan yang diberikan pun sama seperti ketika Anda menyetir mobil di dunia nyata.

Cocok untuk game: Airplane Simulator (Joystick) dan racing & driving simulator (Wheel)

Berikut istilah-istilah yang sering terselip pada fitur joystick & wheel:

1.    Force Feedback: Ketika Anda memainkan game balap atau simulasi pesawat, joystick atau wheel ini akan memberikan perlawanan balik ketika kendaraan yang sedang Anda mainkan sedang mengalami guncangan atau tabrakan, hampir sama seperti mengendarai kendaraan pada dunia nyata.

 

Itulah berbagai macam gaming peripheral dan fitur-fitur unik yang terselip didalamnya. Coba Anda bayangkan ketika memainkan game favorit dengan perlengkapan yang benar, dijamin pengalaman Anda dalam bermain game akan menjadi maksimal dan menyenangkan.

Sepertinya pembahasan tentang dunia PC gaming sudah sampai pada sesi terakhir, kita sudah membahas mengenai hingar bingarnya dunia PC gaming, genre yang sering muncul pada dunia PC gaming dan yang terakhir adalah persenjataan yang digunakan dalam memainkan PC gaming. Jadi apakah Anda sudah menyiapkan dana untuk segera merakit PC gaming idaman? Atau Anda punya masukan dan info lain tentang PC gaming? Berikan komentar Anda! LET’S PLAY! (Fajrie)

 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us