20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Tips Memilih Powerbank

Posted: 09 Oct 2012 16:19:29
 

Seperti yang kita ketahui, saat ini para pabrikan gadget seakan berusaha menjejalkan beberapa fitur-fitur terbaru kedalam produk-produk besutannya, seperti kamera resolusi tinggi, prosesor multi-core, memori RAM yang tinggi, layar HD berukuran lebar dan beberapa fitur canggih lainnya. Tapi dibalik semua yang pabrikan berikan, ada sebuah kenyataan pahit bahwa semakin canggih teknologinya, semakin boros baterainya.

Ditambah lagi dengan trend beberapa gadget masa kini yang memiliki baterai ter-integrasi, sehingga Anda tidak mungkin mengganti baterainya dengan baterai cadangan. Tapi masalah itu sepertinya sedikit terselamatkan dengan kehadiran power bank atau baterai eksternal atau portable charger yang akan menjadi nyawa tambahan bagi gadget Anda.

Kira-kira apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika memilih Power Bank? Simak tips-tips berikut:

Kenali Gadget Anda:

Langkah ini adalah langkah terpenting, Anda harus mengetahui dengan pasti kapasitas baterai dari gadget Anda. Jangan sampai power bank yang dibeli bahkan tidak dapat mengisi daya secara maksimal dari gadget kesayangan, hanya karena daya dari gadget Anda lebih tinggi dari daya maksimal power bank.

Kenali Kapasitas Power Bank:

Setelah memahami daya baterai dari gadget Anda, saatnya memilih kapasitas power bank yang akan Anda beli. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh, jadi untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh.

Apabila Anda orang yang sangat sering bepergian, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya yang tinggi, seperti 5600 mAh. Karena seperti contoh diatas, dengan menggunakan iPhone 4S, daya 5600 mAh ini dapat mengisi ulang sampai  rata-rata 4 kali charge. Tapi yang perlu diingat, semakin tinggi daya power bank, semakin besar dimensinya dan semakin berat bobotnya.

Fitur:

Beberapa pengguna mungkin menganggap bahwa power bank hanya sebagai sarana pengisian baterai semata. Tapi jangan salah, karena berususan dengan baterai, otomatis Anda berurusan dengan jantung dari gadget Anda.

Power bank yang berkualitas memiliki fitur yang akan menjaga gadget dan keselamatan Anda dari bahaya, seperti:

-          Proteksi dari arus pendek, seperti yang kita ketahui kebakaran kerap kali terjadi akibat arus pendek, power bank dengan fitur untuk memutus listrik ketika arus pendek terjadi, pantas untuk dilirik.

-          Proteksi dari overcharge, yang mana akan secara otomatis akan memutus aliran listrik ketika pengisian baterai sudah penuh, karena overcharge tentunya akan memperpendek umur baterai baik baterai power bank atau baterai gadget.

-          Proteksi dari temperatur yang tinggi, sebuah fitur yang akan mendeteksi ketika temperatur dari power bank terlalu tinggi ketika melakukan pengisian daya.

Perhatikan Sel Baterai dari Power Bank:

Pada dasarnya, didalam setiap power bank terdapat sel baterai yang dapat diisi ulang. Sayangnya, beberapa merk “abal-abal” menggunakan sel baterai yang kurang baik kualitasnya, bahkan menggunakan baterai refurbished untuk memangkas harga.

Saran terbaik untuk menghindari hal ini adalah, dengan teliti memilih. Di beberapa merk power bank terkadang mencantumkan merk sel baterai yang ia gunakan, bisa juga dengan mempercayakan pada merk yang sudah dikenal akan kualitasnya, atau rajin melakukan komparasi dengan membaca review dan bertanya pada rekan yang sudah berpengalaman dengan merk dan tipe power bank tertentu. Hindari terjebak oleh kata-kata marketing semata.

Kelengkapan:

Kelengkapan ini termasuk kabel A/C, kabel konektor, lampu indikator dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank yang Anda beli.

Untuk kelengkapan seperti kabel konektor, ada baiknya Anda menggunakan kabel konektor bawaan asli dari gadget, karena ada beberapa power bank yang menggunakan kabel konektor dengan kualitas yang kurang baik sehingga memungkinkan terjadinya arus pendek.

Harga:

Ada harga ada rupa, pepatah lama ini memang benar adanya. Mengingat fungsinya yang berhubungan langsung dengan jantung gadget Anda, berinvestasi dengan power bank yang berkualitas sangat perlu. Dan ada baiknya Anda mempertimbangkan masalah harga ini, jangan hanya karena mengejar harga yang murah, namun mengorbankan kualitas produk dan mempertaruhkan nasib baterai dari gadget Anda.

Kesimpulan

Melihat perkembangan dunia gadget saat ini, pertumbuhan industri power bank pun semakin meningkat, imbasnya semakin banyak merk-merk baru dan lama yang turut serta meramaikan pesta ini.

Kejelian Anda sebagai pembeli sangat diperlukan disini, dan yang pasti sama seperti memilih produk apapun, power bank yang Anda beli juga harus disesuaikan dengan kebutuhan gadget Anda.

Bagi Anda yang memiliki tips tambahan dalam memilih power bank, boleh berbagi info pada kolom komentar. (Fajrie)

 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us