Tempat-tempat yang Punya Rahasia Umur Panjang

Posted By EarthSky Monday, March 4, 2013 5:24:04 AM
Add to Favorites1
Author Message
EarthSky
 Posted Monday, March 4, 2013 5:24:04 AM
Tetua

Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, October 27, 2014 11:37:34 PM
Posts: 2,411, Visits: 3,079
Liputan6.com, Jakarta : Berbagai negara di dunia telah melakukan penelitian bagaimana memeroleh usia lanjut dengan pola hidup sehat. Seperti apa rahasia panjang umur di beberapa tempat di negara-negara ini?

Setiap negara memiliki cara yang berbeda. Berikut rahasianya, seperti dilansir dari Thesun, Minggu (3/3/2013):

1. Jepang

Kepulauan di Jepang, Okinawa, merupakan salah satu tempat bagi beberapa manusia yang hidup terlama di bumi. Di sana, penyakit jantung dan stroke berada pada tingkat terendah di dunia.

Rahasianya adalah para penduduk Okinawa mengonsumsi ubi jalar, sayuran hijau, biji-bijian,ikan, daging babi, beras, dan kedelai. Semua itu merupakan makanan yang kaya akan anti-kanker dan anti penuaan antioksidan.

2. Yunani

Pulau Symi di Yunani memiliki banyak penduduk yang hidupnya mencapai usia 90 tahun. Rahasia penduduknya adalah minyak zaitun, ikan, saus tomat, sayuran dan sedikit daging.

Sayuran mentah atau setengah matang dan ekstra zaitun yang dikonsumsi dalam masakan bisa membantu tubuh mendapatkan vitamin E dan A serta memiliki kadar kolestrol yang baik.

3. Pakistan

Hunza, lembah yang ada di utara Pakistan merupakan tempat yang memiliki nilai nol untuk kanker. Penyakit serius yang tidak diketahui atau bahkan penyakit maag hampir tidak ada di Hunza.

Rahasianya, para penduduk di sana memakan sekitar 1.900 kalori per hari, termasuk 50 g protein dari ayam, 36 g lemak dari bahan nabati, dan 354 g karbohidrat dari nasi atau kentang.

Selain itu, dengan berjalan ke kota terdekat sejauh 60 mil dan sering makan 100 aprikot setiap harinya membantu penduduk untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta terhindar dari penyakit-kurang vitamin.

4. Cina

Di daerah barat daya Cina, Bama, tidak ada mobil, industri, atau makanan cepat saji. Secara tidak kebetulan, tingkat penyakit jantung dan kanker di sana adalah nol.

Rahasianya, para penduduk diet yang kaya akan serat, rendah kalori, lemak, dan garam serta melakukan banyak latihan keras.

Anak-anak mendaki gunung untuk pergi ke sekolah dan orang tua naik-turun bukit untuk mengurus tanaman mereka. Ditambah lagi, orang Bama bernyanyi dan mengadakan kontes rutin untuk menjaga daya kerja otak.

5. Italia

Sebuah desa di puncak bukit antara Roma dan Napoli, Campodimele, dikenal dengan desa awet muda. Di sana, sangat langka penduduk yang mati sebelum berusia 85 tahun.

Rahasianya, udara pegunungan yang segar, banyak kegiatan di luar ruangan, tingkat stres rendah, serta konsumsi sejumlah besar sayuran segar. Diet umum penduduknya adalah teri dan sarden yang ditangkap sejauh 13 mil dari pantai.

Ikan tersebut merupakan sumber omega-3 asam lemak yang penting.Penduduknya juga memiliki kebiasaan tidur setelah senja dan bangun saat fajar.

6. Amerika Serikat

Di Loma Linda, California, merupakan tempatnya 9.000 orang yang hidup terlama di Amerika.

Penduduk di sana mengupayakan vegetarian, mencegah alkohol, mengurangi rokok dan zat aditif (zat seperti penambah warna, penyedap rasa, dan pengawet makanan).

Penelitian menunjukkan, Loma Linda memiliki risiko rendah diabetes, kanker dan penyakit jantung dibanding daerah Amerika lainnya.

7. Ekuador

Vilcabamba, Amerika Latin, sering disebut lembah panjang umur. Sejak tahun 1950- an penduduknya tercatat rendah penyakit dan diklaim dapat hidup hingga usia 120 tahun.

Rahasianya, para penduduk memakan sayuran organik segar yang mengandung obat serta tidak memakan produk hewani.

Hebatnya, penduduk yang berusia 70-80 tahun masih bekerja di peternakan dan juga menunggang kuda.

8. Costa Rica

Salah satu daerah terpencil, yaitu Nicoya, memiliki tingkat terendah untuk penyakit kanker di Costa Rica.

Rahasianya adalah air minum di sana mengandung kalsium yang tinggi dan magnesium yang penting untuk kekuatan tulang dan otot. Penduduknya juga bekerja hingga usia tua supaya tetap sehat dan aktif.

9. Hong Kong

Penelitian terbaru menunjukkan harapan hidup wanita Hong Kong naik dari usia 80 tahun menjadi 86,7 tahun.
Rahasianya adalah makanan seperti ikan dan sayur dihidangkan dengan sedikit atau tidak sama sekali menggunakan minyak yang dapat menyebabkan penyakit jantung, obesitas, dan tinggi kolestrol.

Ditambah lagi, penduduknya sering mempraktikkan Tai chi (bela diri kuno Cina) untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan kardiovaskular.

10. Andorra, Eropa

Andorra merupakan daerah pegunungan yang memiliki jalur hiking dan lereng ski. Penduduknya memanfaatkan jalur tersebut untuk melakukan kegiatan agar bisa menghilangkan stres.

Selain itu, diet sehat dengan daging, sayuran dan minyak zaitun juga dilakukan oleh penduduknya.

11. Macau

Negara ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi untuk dialokasikan bagi kesehatan penduduknya.

Program kesejahteraan sosial yang didanai dengan baik memberikan kesempatan penduduk untuk berolahraga secara gratis. Diet sehat juga tidak lupa dilakukan penduduknya.

12. Georgia

Hampir 100.000 orang yang tinggal di wilayah pegunungan Abkhazia, Georgia, hidup hingga usia 150 tahun.

Penduduknya cukup akan asupan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, ikan, dan gula. Selain itu, penduduknya juga sadar untuk menjaga kesehatan. (Zul/Igw)
Sumber : http://health.liputan6.com/read/525902/tempat-tempat-yang-punya-rahasia-umur-panjang

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top