Pekerjaan yang Berikan Upah Terbaik Bagi Perempuan di Tahun 2013

Posted By EarthSky Monday, March 4, 2013 5:29:31 AM
Add to Favorites1

Pekerjaan yang Berikan Upah Terbaik Bagi Perempuan di Tahun 2013

Author Message
EarthSky
 Posted Monday, March 4, 2013 5:29:31 AM
Tetua

Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, October 27, 2014 11:37:34 PM
Posts: 2,411, Visits: 3,079
Liputan6.com, New York : Terlepas dari ulang tahun Equal Pay Act (pembayaran yang setara) yang ke 50 tahun ini, wanita terus mendapatkan upah lebih kecil dari laki-laki di seluruh fungsi pekerjaan.

Menurut angka baru yang dirilis pada bulan Februari 2013, kesenjangan upah gender melebar dengan sedikit lebih dari satu persen pada tahun 2012, yang kembali ke tingkat terakhir yang terlihat pada tahun 2005.

Perempuan sekarang mendapatkan 81 sen untuk setiap dolar yang diterima oleh laki-laki.

Sementara itu, ekonom mengatakan pertumbuhan upah telah mengalami stagnasi bagi semua pekerja dalam dekade terakhir dan terutama untuk perempuan.

Bayaran per jam untuk anak muda, lulusan perguruan tinggi perempuan turun 8,5% antara tahun 2000 dan 2011, dibandingkan dengan 1,6% untuk laki-laki.

Jadi pekerjaan apa yang membayar wanita dengan upah yang paling tinggi?

Untuk mengetahuinya, Forbes menganalisis pendapatan mingguan rata-rata penuh waktu dan gaji pekerja tahun 2012yang dirinci menurut pekerjaan, jenis kelamin dan dilacak oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS).

Seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (3/3/2013), ternyata pekerjaan dalam perawatan kesehatan, bisnis dan peningkatan ilmu komputer berada di posisi atas.

Pada peringkat No 1, apoteker merupakan pekerjaan yang memberikan bayaran terbaik untuk perempuan dan salah satu yang memberikan gaji paling sama antara perempuan dan laki-laki.

Apoteker wanita mendapatkan rata-rata US$ 1.871 per minggu atau sekitar US$ 98.000 per tahun.

Jumlah mereka lebih dari setengah (52%) dari semua apoteker dan membuatnya menjadi salah satu dari hanya segelintir pekerjaan yang mengklaim kesetaraan gender yang sempurna. Dalam besarnya permintaan, tumbuh lebih cepat dari rata-rata 25% dan diperkirakan akan menambah 70.000 pekerjaan antara 2010 dan 2020, menurut BLS.

"Sudah ada beberapa perbaikan yang nyata bagi perempuan relatif terhadap laki-laki dalam perawatan kesehatan," kata ekonom Gregory DeFrietas, direktur Pusat Studi Tenaga Kerja di Hofstra University di New York.

"Upah kesenjangan gender untuk apoteker menyempit secara signifikan," tambahnya.

Pada daftar terbaru dari 20 pekerjaan yang memberikan upah terbaik bagi perempuan, sembilan diantaranya ada di bidang perawatan kesehatan, termasuk praktisi perawat (No 4), terapis okupasi (No. 12), dan manajer pelayanan medis dan kesehatan (No. 13).

Perawatan kesehatan adalah sektor yang tumbuh paling cepat dari ekonomi AS dan didominasi oleh perempuan. Menariknya, bagaimanapun, wanita terdiri hanya 35% dari dokter dan ahli bedah (No. 6) dan hanya 68% dari rekan-rekan pria mereka.

Mengapa kita masih melihat kesenjangan upah antara dokter? Pria cenderung mengejar pembayaran lebih tinggi dengan spesialisasi seperti otak dan operasi jantung, kata David Lewin, manajemen UCLA profesor dan kepala Tenaga Kerja Berkeley Research Group dan praktek Ketenagakerjaan.

Di sisi lain, perempuan cenderung ke arah yang lebih rendah dengan gaji spesialisasi seperti pediatri dan praktek umum, dan mereka sering membuat kompromi dalam pembayaran untuk mendapatkan fleksibilitas yang lebih, katanya.

Asisten dokter masuk ke dalam daftar tahun ini, memulai debutnya di No 7. Biasanya, asisten dokter setara dengan gelar master dan memegang obat praktik di bawah pengawasan dokter dan ahli bedah.

Ini diharapkan menjadi salah satu pekerjaan yang berkembang dengan cepat tahun 2020, dan wanita terdiri dari 69% penduduk dan mendapatkan rata-rata US$ 1.364 per minggu.

Dengan meningkatnya permintaan pada perhatian dokter ke pasien, mengisi formulir klaim dan berurusan dengan mengubah peraturan asisten dokter mengambil banyak tugas-tugas rutin atau administratif.

Pekerjaan yang memberikan upah terbaik kedua bagi wanita adalah kepala eksekutif, yang mendapatkan rata-rata US$ 1.730 per minggu atau sekitar US$ 90.000 per tahun.

Sementara perempuan telah membuat kemajuan yang signifikan dalam bisnis selama beberapa dekade terakhir, jumlah mereka hanya sekitar seperempat dari semua kepala eksekutif dan mendapatkan hanya 76% lebih banyak dari pria dengan gelar. Kesenjangan upah tampaknya sebagian besar disebabkan oleh perbedaan jenis perusahaan dan sebagian karena diskriminasi yang tersisa.

"Dengan kompensasi eksekutif, Anda akan mengharapkan faktor terbesar untuk menjadi kinerja perusahaan, tetapi sebenarnya ukuran perusahaan dan vertikalitas," kata Lewin.

"Jika wanita benar-benar ingin membuatnya ke atas, mereka cenderung pergi ke usaha kecil dan organisasi nirlaba," tambahnya.

Ekonom DeFrietas mengatakan wanita terus mengalami tingkat kemajuan yang lebih rendah, yang secara substansial mempengaruhi dampak besarnya bayaran. Ini mungkin kombinasi dari ketidak efektifan cuti keluarga pemerintah cuti dan kebijakan perawatan anak, kurangnya kesediaan individual untuk menegaskan diri mereka sendiri, dan diskriminasi kerja.

"Studi menunjukkan bahwa wanita muda mendengar pesannya dan sekarang lebih cenderung untuk meminta kenaikan gaji," kata DeFrietas.

"Tapi mereka cenderung untuk mendapatkannya, dan ketika mereka mendapatkannya, pendapatan cenderung lebih kecil. Bila pengusaha memiliki sikap bahwa perempuan akan mengambil lebih banyak waktu untuk membesarkan anak-anak] mungkin akan tercermin dalam peningkatan promosi dan upah yang terbatas," terangnya.

Meskipun mereka kurang terwakili di lapangan, pekerjaan ilmu komputer juga berada di antara pekerjaan yang memberikan upah terbaik bagi perempuan.

Perempuan di bidang ilmu komputer dan manajer sistem informasi (No. 5) mendapatkan rata-rata US$ 1.527 per minggu, pengembang perangkat lunak (No. 8) memperoleh US$ 1.362 per minggu, komputer sistem analis (No. 10) mendapatkan US$ 1.254 per minggu dan pemrogram komputer (No. 18) mendapatkan US$ 1.148 per minggu.

Karena jumlah permintaan yang tinggi untuk keterampilan teknis namun ketersediaannya yang terbatas, pengusaha bersedia membayar premi untuk para pekerja. Namun, tergantung pada penduduk, hanya sekitar seperlima sampai sepertiga dari pekerjaan ini saat ini dipegang oleh perempuan.

Pekerjaan terkenal lainnya dalam daftar top-20 termasuk pengacara (No. 3), manajer sumber daya manusia (No. 11) dan psikolog (No. 17).

Sementara itu, pekerjaan yang memberikan upah terburuk bagi perempuan adalah pekerja persiapan makanan, pekerja binatu dan dry-cleaning, kasir, perawatan anak pekerja, dan pelayan dan pembantu rumah tangga, yang berpenghasilan kurang dari US$ 400 per minggu. (Yas/Igw)
Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/525972/pekerjaan-yang-berikan-upah-terbaik-bagi-perempuan-di-tahun-2013

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top