Makanan Penguras Energi yang Perlu Dihindari

Posted By EarthSky Monday, March 4, 2013 5:31:16 AM
Add to Favorites1
Author Message
EarthSky
 Posted Monday, March 4, 2013 5:31:16 AM
Tetua

Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, October 27, 2014 11:37:34 PM
Posts: 2,411, Visits: 3,079
Liputan6.com, Jakarta : Sejumlah makanan ada yang mengandung kalori dalam jumlah tinggi. Dan orang memilih makanan berkalori tinggi untuk mendapatkan ledakan energi. Tapi, apakah Anda tahu beberapa makanan yang berkalori tinggi bisa menguras energi Anda?

Yang lebih buruk lagi, Anda bisa mengonsumsi mengonsumsi makanan yang mengurangi energi, padahal Anda pikir itu membangkitkan energi. Berikut sejumlah makanan dan minuman yang katanya bisa meningkatkan energi makah mengurangi energi seperti dikutip DailyHealthPost, Rabu (27/2/2013):

1. Minuman energi

Minuman energi bisa memberikan dorongan energi sementara, tapi begitu kafein habis, Anda merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Sebuah artikel di BBC mengungkan, hasil penelitian yang sangat menarik. Orang dewasa yang kurang tidur diberi minuman energi yang mengandung gula diminta melakukan beberapa tes yang monoton.

Kelompok lain diberi minuman yang memiliki rasa serupa hanya dengan kafein. Setelah setengah jam, hasilnya sama. Tapi, setelah 50 menit, minuman energi dengan membuat Anda semakin lelah.

2. Sarapan makanan bergula seperti donat, roll manis


Gula dan tepung putih merupakan penguras energi yang mengerikan. Orang Amerika begitu banyak yang memulai harinya dengan sarapan yang manis-manis.Pada dasarnya, ketika Anda mengonsumsi banyak gula, karbohidrat digunakan dengan cepat, meningkatkan gula darah, dan kemudian otak berhenti memproduksi orexin, yang membuat Anda merasa tetap waspada.

3. Makanan berminyak dan gorengan


Makanan yang tinggi lemak, seperti makanan gorengan, tak membuat otak Anda berfungsi dengan baik. Penelitian menunjukkan, makanan tinggi lemak bisa menyebabkan kelelahan dalam jangka pendek dan penurunan kinerja kognitif dalam jangka panjang. Ini berlaku untuk makanan yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

4. Anggur merah dan alkohol


Ada alasan mengapa segelas anggur sebelum tidur sering direkomendasikan untuk orang dewasa yang memiliki masalah tidur. Alkohol merupakan depres yang bisa menyebabkan kantuk. Namun, efek alkohol pada kelelahan melampaui aksi depresan. Huffington Post mengungkapkan penelitian tentang alkohol dan tidur. Alkohol bisa menyebabkan pola tidur Anda rusak dan lelah.

5. Makanan rendah zat besi


Anemia atau rendahnya tingkat zat besi dalam darah menjadi penyebab utama kelelahan, terutama bagi perempuan. Walaupun ada sejumlah penyebab anemia, mulai dari menstruasi hingga penyakit sumsum tulang, makanan rendah zat besi dalam diet menjadi alasan umum yang membuat orang lelah.

Jadi bukannya mengonsumsi sayuran yang rendah zat besi seperti wortel, seledri dan kembang kol, cobalah sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kale yang semuanya tinggi zat besi. Alih-alih hidangkan dengan nasi. Dan pertimbangkan sesekali beralih ke protein rendah zat besi seperti ikan dan ayam menjadi daging merah.(Mel/Igw)

Sumber : http://health.liputan6.com/read/522078/makanan-penguras-energi-yang-perlu-dihindari

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top