Diet Sederhana untuk Obati Flu di Musim Hujan

Posted By EarthSky Monday, March 4, 2013 6:38:29 AM
Add to Favorites1
Author Message
EarthSky
 Posted Monday, March 4, 2013 6:38:29 AM
Tetua

Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, October 27, 2014 11:37:34 PM
Posts: 2,411, Visits: 3,079
Liputan6.com, Jakarta : Musim hujan biasanya kerap ditakuti orang. Bukan karena basah kuyup, tetapi efek setelah hujan. Salah satunya serangan flu. Sebagian besar dari kita bisa cepat terkena flu setelah hujan tiba bahkan selama perubahan cuaca tertentu.

Berurusan dengan flu bisa membuat frustasi karena kerja an di kantor atau rumah terpengaruh. Jika flu melanda, yang terpenting tetap menjaga apa yang dimakan dan diminum, bahkan yang mungkin memicu flu. Memperhatikan apa yang kita minm dan makan bisa membantu mencegah atau mengobati penyakit umum yang kerap menyerang.

Tak ada obat instan untuk flu dan batuk, namun pengobatan rumahan tertentu bisa membantu Anda menyingkirkan flu. Yang harus dilakukan adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Menariknya, diet sederhana dan obat-obatan di rumah sangat bermanfaat dibila dikonsumsi selama waktu flu.

Berikut beberapa diet sederhana yang efektif menangkal flu seperti dikutip Boldsky, Senin (11/2/2013):

1. Teh Herbal


Minuman ini cara yang baik untuk mengobati flu. Dengan menambahkan sedikit jahe hancur bersama dengan lada hitam bisa memberikan bantuan untuk pilek.

2. Buah jeruk

Jeruk merupakan sumber utama Vitamin C. Mengonsumsi jeruk juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Perbanyak asupan Vitamin C sangat penting jika Anda merokok, karena merokok meningkatkan risiko terkena flu. Buah jeruk bukan satu-satunya makanan yang kaya Vitamin C. Kentang, paprika hijau, stroberi, dan nanas juga bisa membantu penyembuhan pilek dan flu.

3. Bawang putih


Bawang putih merupakan sumber antioksidan dan dipercaya bisa mencegah penyakit jantung. Tapi bawang putih harus digunakan secara bebas untuk makanan favorit Anda.

4. Sup ayam


Sup banyak dipercaya dengan sifatnya yang disebut sebagai penisilin alami dan selalu masuk dalam daftar untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sup ayam yang hangat bisa membantu melegakan saluran udara yang tersumbat dan memberikan lebih banyak energi. Untuk membuat lebih menarik, potong beberapa sayuran favorit Anda, termasuk bawang putih untuk kekuatan ekstra penyembuhan flu dan menambah selera Anda.

5. Makanan panas dan pedas


Siapa yang tak suka dengan makanan pedas ketika mengalami flu karena bisa mengaktifkan tastebuds (ujung organ untuk indera pengecap).

6. Jahe


Jahe bisa membantu mengobati batuk dan demam yang sering menyertai pilek dan flu. Cara terbaik gunakan jahe ke secangkir teh.

7. Cairan


Cairan sangat penting agar kita tetap memiliki banyak cairan. Namun, tak ada salahnya Anda mencoba segelas jus segar. Meskipun teh herbal dan lemon tea bukan ide yang buruk.

8. Vitamin B6 dan B12


Dua jenis vitamin ini dikenal sebagai nutrisi penyembuhan. dan mengandung protein yang tinggi. Cobalah mengonsumsi ikan, susu, susu kedelai, sereal, bayam, dan kalkun.

9. Tidur

Ya, tidur membuat kita segar, tapi juga menyembuhkan dari pilek. Cobalah tidur yang cukup sekitar 8 jam agar bisa menyingkirkan flu Anda.

10. Cukupi asupan Zinc


Cobalah menambahkan makanan yang kaya akan seng untuk diat Anda sebagai salah satu cara mencegah flu. Ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tiram, daging merah, dan unggas merupakan sumber terbaik. Bahkan kacang-kacangan dan biji-bijian.(Mel/Igw)
Sumber : http://health.liputan6.com/read/508978/diet-sederhana-untuk-obati-flu-di-musim-hujan

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top