Ini yang Diperlukan Bayi Baru Lahir

Posted By EarthSky Monday, March 4, 2013 6:39:50 AM
Add to Favorites1
Author Message
EarthSky
 Posted Monday, March 4, 2013 6:39:50 AM
Tetua

Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, October 27, 2014 11:37:34 PM
Posts: 2,411, Visits: 3,079
Liputan6.com, Jakarta : Memiliki bayi berarti Anda juga harus siap dengan risiko kesehatan bayi. Dokter anak, Dr. Keya Lahiri yang merupakan Chief Pediatrician at Dr. D.Y. Patil Hospital menjelaskan pada Anda orangtua baru mengenai bagaimana cara manjakan bayi Anda yang baru lahir.

Bayi yang baru lahir terkadang juga membuat Anda kelelahan dan kesulitan. Memiliki bayi bukan seperti memiliki gadget baru yang mahal karena tidak ada aturan untuk menjadi orangtua baru.

Berikut ini beberapa tips yang diungkapkan Lahiri perihal apa yang semestinya Anda lakukan maupun tidak dilakukan ketika memiliki bayi yang baru lahir, seperti dilansir Healthmeup, Jumat(8/2/2013)

1. Penanganan

kebanyakan orangtua mungkin riskan dakam menangani bayi. Bayi yang baru lahir lebih tangguh tidak seperti kelihatannya, semua yang perlu Anda lakukan adalah membuat mereka nyaman.

Jika bayi Anda berbaring, pegang dengan kedua tangan, satu tangan di belakang bagian bawah dan yang lainnya di bawah bahu dan di bawah kepala. Pastikan kepala bayi aman, karena sampai usia enam bulan, bayi tidak cukup kuat untuk menahan otot leher secara mandiri.

2. Bayi harus bersendawa

Meskipun baik-baik saja jika bayi Anda tidak bersendawa setelah minum ASI (Air Susu Ibu), tapi pilihan yang cerdas untuk mencoba membuat bayi Anda bersendawa untuk mencegah masalah usus.

3. Cuci tangan Anda sebelum memegang bayi Anda

Sistem kekebalan tubuh bayi Anda bisa sangat lemah sebagai sistem mereka masih belum sepenuhnya berkembang. Untuk menjaga infeksi pada bayi Anda harus sehat, pastikan bahwa Anda membersihkan tangan Anda secara menyeluruh.

4. Imunisasi penting

Jika Anda ingin bayi Anda tumbuh menjadi anak yang sehat dan bugar, Anda harus melakukan semua suntikan imunisasi untuk bayi Anda. Jadwalkan imunisasi untuk bayi Anda dengan bantuan dokter agar bisa melindungi bayi Anda dari penyakit serius di masa depan.

5. Tidurkan bayi Anda dengan benar

Tempatkan bayi Anda dengan benar karena ini merupakan tindakan pencegahan terbaik terhadap menderita Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

6. Jangan bermain lempar bayi di udara

Penanganan yang kasar dapat menyebabkan kematian. Menurut Dr Shilpa, pastikan untuk tidak bermain kasar dengan bayi Anda kecuali bayi Anda sudah cukup kuat untuk bermain. Jangan terlalu mengguncang bayi yang baru lahir karena dapat menyebabkan pendarahan internal di kepala dan akhirnya menyebabkan kematian.

7. Hindari bayi Anda dari asap rokok

Merokok sangat berbahaya bagi semua manusia, terutama bagi bayi Anda karena sistem kekebalan tubuh mereka sangat lemah. Hindari merokok di dekat bayi Anda atau hindari bayi Anda dari tempat yang terpapar asap rokok karena paparan merokok dapat menciptakan masalah pernapasan.

8. Jangan gunakan tisu wangi

Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif. Jadi Anda harus menghindari menggunakan jenis tisu wangi atau produk lainnya, seperti bahan kimia hadir di dalamnya dapat menyebabkan ruam alergi atau kulit. (Fit/Igw)

Sumber : http://health.liputan6.com/read/506570/ini-yang-diperlukan-bayi-baru-lahir

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top