Dianggap Melanggar, KPI Minta SCTV Hentikan Tayangan Inbox

Posted By EarthSky Thursday, March 14, 2013 7:06:49 AM
Rated 5 stars based on 1 vote.
Add to Favorites6
Author Message
EarthSky
 Posted Thursday, March 14, 2013 7:06:49 AM
Tetua

Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)Tetua - (38,470 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, October 27, 2014 11:37:34 PM
Posts: 2,411, Visits: 3,079


JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melayangkan surat kepada SCTV agar stasiun televisi itu menghentikan untuk sementara program acara Inbox selama 15 hari terhitung mulai tanggal 6-20 Maret 2013.

KPI menilai salah satu adegan pada tayangan program acara tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Surat tertanggal 5 Maret 2013 itu dipajang melalui situs resmi KPI Pusat: http://www.kpi.go.id/index.php/lihat-sanksi/31182-penghentian-sementara-inbox-sctv

Berikut isi lengkap surat KPI No.139/K/KPI/03/13 dengan status Penghentian Sementara tentang tayangan SCTV:

Telah terjadi pelanggaran pada program Siaran Inbox yang ditayangkan oleh stasiun SCTV pada tanggal 7 Januari 2013 pukul 07.07 WIB.

Pelanggaran yang dilakukan program adalah ditampilkannya adegan dari para host yang melecehkan seorang perempuan lanjut usia sehingga ibu tersebut menjadi bahan olok-olok. Pada saat perempuan tersebut dipanggil para host untuk naik ke atas panggung, Andhika mengatakan, Ini cewe Brazil? Yang begini di lampu merah Gaplek banyak! Selanjutnya Narji berkata kepada ibu tersebut, Maaf ini Ibu, yang terbalik topinya apa mukanya? Gading berkata, Ini sih bukan Brazil… Brantakan! Selain adegan tersebut, ditampilkan adegan Andhika yang memperlihatkan gambar pada sebuah buku sambil mengatakan kepada host lainnya bahwa ibu yang menjadi bahan olok-olok tersebut masuk ke dalam buku sejarah. Kemudian sambil melihat gambar pada buku tersebut, host wanita berkata, Ini Pithecanthropus ya pak? dan Gading berkata, Pak, ini sih peninggalan budaya Majapahit Pak! Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu, perlindungan anak dan remaja, serta norma kesopanan.

KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan penayangan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 15 ayat (1) huruf c serta Standar Program Siaran Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), dan Pasal 17 ayat (1) dan ayat (2) huruf c.

Program ini telah mendapatkan surat teguran tertulis pertama No. 443/K/KPI/07/12 tertanggal 20 Juli 2012 dan surat teguran tertulis kedua No. 486/K/KPI/08/12 tertanggal 3 Agustus 2012. KPI Pusat juga telah melaksanakan tahap klarifikasi pada tanggal 23 Januari 2013.

Berdasarkan pelanggaran yang telah dilakukan program ini, sesuai dengan ketentuan Pasal 79 ayat (3) Standar Program Siaran dan hasil Rapat Pleno Komisioner KPI Pusat tentang pemutusan sanksi administratif program pada tanggal 27 Februari 2013, KPI Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif penghentian sementara program selama 1 (satu) hari penayangan.

Sanksi administratif penghentian sementara ini wajib Saudara laksanakan di antara tanggal 6-20 Maret 2013. Saudara wajib melaporkan kepada kami kapan pelaksanaan sanksi akan dilaksanakan di antara tanggal tersebut.

Selain sanksi tersebut, KPI meminta kepada SCTV untuk tidak membuat program penganti sejenis yang ditayangkan pada waktu yang sama atau waktu berbeda pada saat pelaksanaan pelaksanaan sanksi administratif penghentian sementara. KPI akan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan sanksi administratif pada SCTV. (wid/rmol)

Sumber : http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=162203
Banyak Ngoceh Marked As Answer
 Posted Thursday, March 14, 2013 5:51:16 PM
Penduduk

Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)Penduduk - (729 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, May 6, 2013 4:32:32 PM
Posts: 8, Visits: 418
729
sebenernya acaranya sih menghibur , cuma memang terkadang banyolan para oknum host yang terkenal itu terlalu kelewat batas, jadi gak bisa nge-rem omongannya. semoga menjadi bahan pembelajaran untuk kita semua
ervio Marked As Answer
 Posted Thursday, March 14, 2013 5:58:58 PM
Penduduk

Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, August 3, 2016 6:02:10 PM
Posts: 17, Visits: 649
739
setau ane inbox itu acara musik, tapi sekarang musiknya jarang, malah jd acara para host yg ngelawak tapi gk lucu...
sepbowo Marked As Answer
 Posted Thursday, March 14, 2013 6:13:25 PM
Tokoh Desa

Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)Tokoh Desa - (7,030 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Tuesday, February 11, 2014 4:35:13 PM
Posts: 375, Visits: 3,726
sekarang itu acara sampah aja kok, hanya buat naikin rating tv nya
lawakan dimana lucunya? ngomong trus ketawa sendiri ga jelas
jijik liatnya, sumpah gan


Hidup ini memang begini adanya, maka bersyukur saja
ervio Marked As Answer
 Posted Thursday, March 14, 2013 6:31:49 PM
Penduduk

Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)Penduduk - (739 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, August 3, 2016 6:02:10 PM
Posts: 17, Visits: 649
739
dulu waktu pembawa caranya masih andara early sih ane sering ntn gan, cz ada wawancara bintang tamunya gitu..tapi sekarang beda..makin gk seruuu...
rizaldiwn Marked As Answer
 Posted Friday, March 15, 2013 5:29:57 PM
Tokoh Desa

Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, April 29, 2013 10:15:46 PM
Posts: 584, Visits: 212
acara kayak gitu, leluconnya pasti menyangkut fisik atau perilaku org lain. nggak ada materi lain buat ngelucu ya?
rizaldiwn Marked As Answer
 Posted Friday, March 15, 2013 5:31:51 PM
Tokoh Desa

Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)Tokoh Desa - (7,911 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, April 29, 2013 10:15:46 PM
Posts: 584, Visits: 212
acara kyk gitu ada setiap hari pula, yg jarang ngeliat aja bosen artis yg diundnag apa nggak itu2 doang ya

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top