Hati-Hati, Obesitas Bisa Menyerang Si Kecil!

Posted By Rikaro.Ramadi Saturday, March 23, 2013 10:38:23 AM
Add to Favorites1
Author Message
Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 23, 2013 10:38:23 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436


Menurut penelitian yang dilakukan Mott Children’s Hospital National Poll on Children’s Health, University of Michigan, AS , obesitas menjadi masalah kesehatan yang paling utama bagi anak-anak pada 2008.

Dari penelitian tersebut, ditemukan faktor terbesar yang membuat anak mengalami kelebihan berat badan adalah gaya hidup tidak sehat. Seperti, tidak memperhatikan asupan makanan, dan tidak membiasakan anak-anak aktif bergerak.


Karena itu, ubah gaya hidup anak di rumah. Agar penyakit-penyakit yang disebabkan obesitas tidak mampir di tubuh buah hati Anda.

Ajak bergerak
Buatlah si kecil melakukan banyak kegiatan fisik. Setidaknya dalam sehari ia harus bergerak selama 60 menit. Ikut dalam kegiatan olahraga seperti basket, karate atau berenang bisa menjadi alternatif. Selain si kecil bisa berolahraga, ia akan mendapatkan teman baru dan menumbuhkan jiwa sportif.

Rancangalah permainan di luar rumah. Seperti bersepeda atau bermain bola. Dengan demikian si kecil lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

Stok buah dan sayur
Perbanyak simpanan buah dan sayuran dalam kulkas. Jadi, saat si kecil ingin ngemil, ia akan mengonsumsi buah. Jangan lupa untuk selalu selipkan sayuran dalam menu si kecil. Sayur dan buah akan memberikan banyak asupan vitamin alami pada tubuh buah hati Anda.


Jangan sediakan banyak camilan manis seperti permen dan coklat di rumah. Makanan manis akan membuat ketagihan. Ganti persediaan  minuman bersoda dengan air mineral, susu segar dan jus buah.

Batasi waktu di depan TV dan komputer.
Jangan biarkan si kecil terlalu banyak menonton televisi atau bermain komputer. Batasi saja maksimal 2 jam per hari. Terlalu banyak menonton atau bermaian komputer membuat anak malas untuk beraktifitas fisik dan bisa menyebabkan kegemukan.

Jangan letakkan televisi di kamar. Dengan adanya televisi di kamar membuat anak lebih banyak menonton sambil berbaring. Tentu saja hal itu bisa memicu kegemukan.

Sarapan setiap hari.
Dengan sarapan membuat si kecil merasa kenyang dan rasa ingin ngemil akan berkurang. Untuk itu, jangan pernah lewatkan sarapan. Buatlah menu sarapan yang mengandung komposisi lengkap, baik protein, karbohidrat, dan vitamin.

Biasakan makan di rumah.
Buatlah Anak Anda kenyang sebelum ke luar rumah. Misalnya sebelum jalan-jalan ke mal. Dengan demikian ia tidak tertarik untuk jajan. Makanan di rumah selain lebih sehat juga lebih bersih. Anda juga bisa mengontrol makanan si kecil.

Berikan pujian
Jika si kecil berhasil menurunkan berat badan berilah penghargaan berupa pelukan dan ciuman. Anda harus menjadi pendukung terbesar baginya. Tanamkan padanya kesehatan tubuh merupakan harta berharga.

Rikaro.Ramadi
 Posted Saturday, March 23, 2013 3:34:59 PM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436
setelah membaca tidak ada salahnya mamberi komentar agar lebih hidup :)

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top