A Sampai Z Ibu Hamil

Posted By Rikaro.Ramadi Saturday, March 23, 2013 11:02:16 AM
Add to Favorites1
Author Message
Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 23, 2013 11:02:16 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436


Kehamilan dan penyesuaian bakal menjadi orangtua merupakan periode penuh tekanan emosional bagi seorang wanita. Namun tingkat stres yang ditimbulkan sangat beragam.

Beberapa wanita mersakan kehamilan sebagai periode yang menyenangkan dalam kehidupan mereka, sementara yang lain mengalami tekanan emosional yang tinggi.

Derek Llwellyn-Jones dalam bukunya Setiap Wanita menuturkan seiring meningkatnya usia kehamilan, akan muncul sedikit perasaan tidak nyaman, banyak wanita yang mengkhawatirkan kegemukan yang bertambah, perut yang membuncit dan payudara yang membengkak akan mempengaruhi cinta suami.  Jones mengulas beberapa masalah yang biasanya terjadi pada ibu hamil.

Anemia
Anemia disebabkan karena selama kehamilan terjadi peningkatan volume darah total, sehingga seakan-akan darah calon ibu tampak kekurangan. Anemia yang sesungguhnya dapat menimbulkan masalah pada ibu hamil. Karena itu dokter secara rutin mengukur kadar hemoglobin dalam darah ibu hamil. Biasanya ini dilakukan pada kunjungan pertama, dan uji berikutnya pada kehamilan kira-kira 28 minggu. Selama kehamilan banyak dokter menyarankan agar semua wanita minum tablet yang mengandung zat besi.

Depresi Antenatal

Antara 5-10 persen wanita hamil mengalami depresi. Kebanyakan di antaranya ketika mengandung bayi yang pertama, tidak mempunyai pasangan atau mempunyai pasangan pengangguran, kurang dukungan sosial dan kekhawatiran keadaan bayinya. Mereka lebih mungkin mengembangkan depresi setelah melahirkan.

Sakit Punggung

Dalam kehamilan lanjut, sendi pinggul dan ligamen menjadi relaks. Di saat yang sama peningkatan berat rahim mengubah pusat keseimbangan, sehingga calon ibu harus berdiri dengan pundak agak tertarik ke belakang. Pada kebanyakan ibu hamil, sikap ini dan ligamen yang rileks menyebabkan sakit punggung, terutama wanita yang pernah melahirkan sebelumnya. Rasa sakit biasanya meningkat sepanjang hari dan semakin berat menjelang malam.

Mandi

Mandi yang disarankan adalah berendam cukup lama, seperti gaya Amerika. Palings edikit dalam empat minggu terakhir kehamilan, ketika air dapat memasuki vagina dengan baik. Sebelum usia kehamilan tersebut, mandi berendam juga aman dan dapat membuat tubuh relaks.

Citra Tubuh

Banyak wanita menikmati kehamilannya, menerima perubahan bentuk tubuh sebagai bukti dari kemampuan mereka menjaga bayi tumbuh dalam rahim. Wanita lain merasakan sebagai hal yang tidak menyenangkan dan tidak bahagia dengan tubuh yanggemuk dan membengkak. Hilangnya kesenangan terhadap bentuk tubuh dapat mendatangkan kecemasan dan perasaan tidak lagi menaruj bagi pasangannya. Hal ini bisa dikurangi jika suami atau pasangan menunjukkan bahwa perasaannya tidak berubah melalui perilaku.

Payudara

Perawatan payudara selama kehamilan akan membantu memprsiapkkan pemberian ASI. Puting seharusnya digoyang dan ditarik keluar dengan lembut selama kira-kira dua menit sehari sejak awal kehamilan.

Kesulitan Bernafas
Hampir 75 persen wanita hamil mengalami peningkatan kesulitan pernafasam. Pada awal kehamilan kira-kira seperempat wanita hamil terserang, pada minggu ke-20 kira-kira separuh wanita mengalami kesulitan pernafasan dan pada minggu ke-30 jumlah ini meningkat menjadi 75 persen.

Pakaian

Apa yang seharusnya dikenakan calon ibu? Pakaian yang nyaman. Wanita hamil memerlukan ukuran bra yang lebih besar dan enak dipakai karena pembesaran payudara yang disebabkan kehamilan. Hindari pakaian yang ketat atau stoking yang berujung elastis karena bsia menganggu peredaran darah dari kaki sehingga menimbulkan risiko varises. Sebaiknya menggunakan sepatu hak rendah.

Sembelit

Pada masa kehamilan, tekanan otot perut akan berkurang sehingga menimbulkan kehamilan. Pada kehamilan lanjut, kecenderungan itu bertambah karena tekanan pada perut bawah oleh rahim yang membesar. Jika calon ibu khawatir sembelit, sebaiknya sia menambah asupan cairan dan membentuk kembali kebiasaan BAB secara teratur.

Bekerja

Calon ibu yang bekerja bisa melanjutkan pekerjaaannya selama kehamilan. Di banyak negara telah diberlakukan peraturan yang memberikan pembayaran terhadap ibu yang mengambil cuti di minggu keenam sampai kedelapan kehamilannya. setelah kehamilan, biasanya diberi cuti antara 4-6 minggu, bahkan tiga bulan.

Olahraga
Olahraga disarankan jika memang sudah menjadi kebiasaan, tapi jika calon ibu biasanya tidak pernah olahraga kecuali mengerjakan tugas rumah, maka tidak perlu mengubah kebiasaan ini. Olahraga dalam kehamilan mempunyai keuntungan. Beberapa wanita merasakan kemajuan daya tanggap tubuh, yang lain merasakan peningkatan fleksibilitas otot dan sendi. Namun kegiatan ini harus dilakukan secara benar.

Muntah-muntah
Mundah dan akit kepala kadang-kadang terjadi dalam kehamilan dan disebabkan perubahan sistem peredaran pada calon ibu karena kehamilan. Meski mengganggu tapi tidak membahayakan.

Keletihan
Banyak wanita menjadi mudah letih atau tertidur lebih lama dalam separuh masa kehamilannya. Rasa letih akan meningkat ketika mendekati akhir kehamilan.

Frekueansi Kencing
Kandung kencing yang iritas sangat lazim terjadio pada awal kehamilan dan berulang pada minggu-minggu terakhir ketika kepala bayi menekan panggul. Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, kecuali dengan kecing lebih sering.

Gangguan Jantung
Gangguan jantung merupakan keluhan yang menganggu dan cukup sering, khususnya di akhir kehamilan. Ini karena sejumlah kecil isi perut masuk ke kerongkongan (oesophagus), antara mulut dan lambung. dalam kehamilan hal ini terjadi karena katup yang melindungi jalan masuk ke perut dan pembesaran rahim mendorongnya ke perut.

Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 23, 2013 3:59:52 PM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436
setelah membaca tidak ada salahnya mamberi komentar agar lebih hidup :)

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top