Selingkuh Emosi, Adakah Batasnya?

Posted By Rikaro.Ramadi Monday, March 25, 2013 7:23:18 AM
Add to Favorites1
Author Message
Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Monday, March 25, 2013 7:23:18 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436


Selama ini, salah satu hal yang ditakuti dari perselingkuhan adalah seberapa jauh hubungan fisik antara pasangan tersebut. Lantas, apa artinya, jika seorang wanita memiliki hubungan yang sangat dekat secara emosi dengan pria yang bukan pasangannya?

Biasanya, jika pria atau wanita mengalami masalah di percintaan atau perkawinannya, namun tak juga menemukan solusi, salah satu jalan keluarnya adalah curhat dengan orang lain. Yang jadi masalah, orang yang menjadi wadah 'curhat' adalah lawan jenis.

Masalah bisa makin runyam, jika Anda merasa senang menghabiskan waktu dengan pria lain dibandingkan pasangan Anda. Anda suka berbicara masalah intim dengannya, senang bergurau bersama dan sesekali melakukan aksi 'nakal' untuk menggodanya.

Namun, meski sering bertemu, belum terjadi hubungan fisik antara kalian berdua. Apakah ini yang dinamakan selingkuh emosi? Jika benar, apakah ini bisa menjadi awal yang indah untuk Anda dengan PIL (pria idaman lain) tersebut, ataukah awal dari kehancuran pernikahan Anda?

Apa definisi perselingkuhan emosional? Peggy Vaughan, penulis buku 'The Monogamy Myth' mencoba menjawabnya. Perselingkuhan emosional adalah hubungan 'gelap' yang kerap dijalani sambil saling berbagi perasaan dengan seseorang dari lawan jenis. Hubungan ini bisa dibilang perselingkuhan emosi, jika Anda merahasiakannya dari pasangan Anda.

Pada dasarnya, urusan emosi terjadi ketika salah satu pasangan awalnya tertarik dengan fisik yang bisa menimbulkan penyaluran tenaga secara emosional. Adanya hubungan gelap ini bisa menyebabkan komitmen yang telah Anda bangun dengan suami makin pudar.

Apa yang membuat masalah besar, jika tidak ada seks? Seks bukanlah faktor yang bisa menyebabkan hubungan rumah tangga berantakan. Tetapi, karena adanya kebohongan justru jauh lebih berpengaruh bisa merusak keharmonisan Anda.


"Kebanyakan orang, dapat pulih dari perselingkuhan seksual lebih mudah daripada dari kenyataan bahwa mereka dibohongi," kata Vaughan. Mengetahui pasangan berselingkuh dengan orang lain membuat Anda berpikir, "Apa yang bisa saya percayai tentang kehidupan bersama ini?" Pemikiran ini bisa jadi rambu-rambu merah bahwa hubungan Anda dengan si dia berada di ujung tanduk.

Bagaimana  dapat memberitahu jika "persahabatan" yang dijalin ternyata mengarah pada hubungan emosi? Tanyakan kepada diri sendiri: Apa lebih baik jujur dengan suami bahwa Anda sedang dekat dengan pria lain, atau pikirkan apakah Anda akan tetap merahasiakannya, tapi memutuskan hubungan dengan pria tersebut.

Perselingkuhan secara emosi ini kerpa ditemukan di tempat kerja. Pasalnya, waktu yang dihabiskan di tempat kerja memang cukup lama, dan cukup untuk mendekatkan hubungan antar rekan kerja. Namun, menurut Jessica LeRoy, pendiri dan direktur klinis Pusat Psikologi Perempuan, mantan pacar juga bisa jadi wadah curhat yang wanita yang sedang hadapi masalah. Entah itu, masalah karier, rumah, atau hubungan dengan suami

Mengapa orang-orang dalam urusan emosional menyangkal mereka melakukan sesuatu yang salah? Jawabannya sederhana, yakni karena tidak ada seks. Banyak orang mengalami kesulitan melihat apa yang begitu salah tentang jenis persahabatan ini. Budaya cenderung untuk percaya bahwa sesuatu dianggap kecurangan jika berhubungan seks dengan orang lain selain pasangan Anda.

Tapi, Vaughan berkata, "Urusan emosional cenderung meningkat secara bertahap. Dari email untuk ajakan makan siang, hingga sembunyi-sembunyi bertemu di luar jam kerja. Meski banyak wanita yang menganggap hubungan ini tidak berbahaya, tapi tetap saja rahasia yang Anda simpan ini bisa menghancurkan perasaan suami. .

Apakah ini berarti akhir dari perkawinan Anda? Belum tentu. Tapi, saat pasangan Anda mengetahuinya pasti dapat menghancurkan hati pasangan. Yang perlu Anda tahu, jika  melakukan hubungan emosional yang kuat dengan pria lain, meski tanpa seks, pasangan tetap akan patah hati.

Yang perlu Anda lakukan, menjauhlah dari orang yang membuat pernikahan Anda di ambang kehancuran," kata LeRoy. "Jangan menjawab telepon dan email yang dia kirimkan. Ini bisa jadi cara efektif untuk menjauh darinya. Mungkinkah Anda mengakui kesalahan ini pada suami? Lebih baik tidak, jika Anda belum siap menerima risikonya.

Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Monday, March 25, 2013 12:56:15 PM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436
setelah membaca tidak ada salahnya mamberi komentar agar lebih hidup :)

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top