Siap Menikah? Pelajari Dulu Anggarannya

Posted By Rikaro.Ramadi Saturday, March 30, 2013 5:16:12 AM
Add to Favorites1
Author Message
Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 30, 2013 5:16:12 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436


Merencanakan sebuah pernikahan yang diimpikan bukan perkara mudah. Selain memantapkan hati, meyakinkan orang tua, ada satu permasalahan yang kerap kali membuat kepala pusing. Karenanya
perencanaan keuangan untuk budget pernikahan sangat penting sebelum Anda bertemu dengan wedding planner.

Berikut yang wajib Anda ketahui tentang bagaimana menyusun anggaran pernikahan agar tidak membengkak.

1. Bijak dalam keuangan
Anda pasti tidak ingin memulai kehidupan rumah tangga dalam keadaan bangkrut karena semua uang Anda sudah dihabiskan untuk sebuah pesta pernikahan yang mewah. Parahnya lagi, kalau Anda memutuskan untuk melakukan transaksi secara kredit untuk terpenuhinya pesta pernikahan impian.

Jangan gegabah! Cobalah untuk selalu mencari barang-barang pelengkap pernikahan dengan alternatif yang lebih murah tetapi tetap memberikan Anda kepuasan pada hari pernikahan Anda.

2. Identifikasi prioritas Anda

Menentukan prioritas pada pesta pernikahan Anda memberikan Anda fokus perhatian dimana anggaran akan berpusat. Jika Anda ingin pernikahan Anda dihiasi dengan bunga-bunga yang indah dengan konsep pesta kebun,buat aggaran lebih besar untuk membeli bunga-bunga hias. Atau, jika Anda ingin pesta pernikahan Anda dihibur dengan alunan musik yang indah, buat anggaran yang lebih besar untuk menyewa grup musik favorit Anda. Tapi konsekuensinya, Anda harus mengurangi budget pada salah satu atau beberapa kotak anggaran.

3. Anggaran khusus untuk makanan

Kenapa? Karena makanan dan minuman selalu menghabiskan setidaknya setengah dari keseluruhan budget yang Anda miliki. Jadi, selalu jadikan anggaran makanan sebagai yang pertama yang Anda buat. Lalu, buat anggaran lainnya.

4. Prasmanan vs round table

Biaya yang dihabiskan untuk prasmanan dan round table mungkin tidak
akan jauh berbeda meski Anda mungkin akan berpikir prasmanan akan
lebih murah dibandingkan round table. Jika Anda memilih penyajian
prasmanan, Anda harus memesan makanan lebih banyak karena Anda tidak mengetahui pasti jumlah tamu yang akan hadir dan kemungkinan mereka akan mengonsumsi lebih banyak porsi dan menu. Sedangkan, penyajian round table membuat Anda mengetahui secara pasti jumlah  tamu yang hadir dan berapa budget pasti yang akan Anda keluarkan untuk makanan.

Pemilihan penyajian prasmanan dan round table tidak hanya dilihat dari
budget yang Anda miliki, tetapi juga konsep acara yang Anda inginkan.
Karena penyajian makanan ini akan memengaruhi keseluruhan pesta
pernikahan Anda.


5. Jadikan anggaran pernikahan Anda seperti Anda membuat anggaran pada pekerjaan.


Merencanankan anggaran seperti merencanakan sebuah bisnis adalah cara terbaik agar uang Anda tidak tersebar untuk keperluan yang tidak
penting.

6. Andalkan vendor terpercaya untuk berbagai saran.
Selalu ada cara yang minim budget untuk membuat pesta pernikahan Anda seperti yang Anda inginkan. Cari vendor-vendor terpercaya dan jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan saran penataan. Misalnya, pada bunga hias, Anda bisa menanyakan beragam saran penataan sehingga Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari harga yang lebih murah.

7. Cari fotografer dan videografer yang mengerti keinginan Anda

Tentu Anda ingin momen kebahagiaan Anda diabadikan. Pastikan Anda
mengenal fotografer dan mengetahui visual style mereka untuk
memastikan apakah hal tersebut sesuai dengan selera Anda.

8. Rumah vs gedung

Mungkin Anda akan berpikir mengadakan pesta pernikahan di rumah akan lebih murah dibandingkan menyewa gedung. Padahal, menggelar pesta pernikahan di rumah bisa jadi memerlukan biaya yang lebih besar karena kebanyakan rumah tidak diatur untuk menghibur tamu-tamu undangan Anda. Sehingga, akan ada banyak biaya tambahan seperti tenda, kursi dan meja tamu, meja katering, sound system. Jangan lupa energi ekstra yang harus disimpan untuk membersihkan rumah paska pesta.

9. Sewa wedding planner
Seorang wedding planner yang baik akan memberikan pilihan yang lebih
murah kepada Anda. Tak hanya itu, memiliki wedding planner, membuat
Anda dan keluarga tak terbebani dengan beragam jadwal acara, vendor,
kebutuhan pernikahan, kedatangan tamu, parkir, dan banyak lagi. Anda
pun akan dapat menikmati waktu kebersamaan Anda bersama keluarga dan tamu. Kalau biasanya keluarga menjadi panitia pernikahan dadakan, belum tentu pesta yang terlaksana akan sesuai dengan yang anda dan pasangan inginkan.

Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 30, 2013 8:41:39 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436
setelah membaca tidak ada salahnya mamberi komentar agar lebih hidup :)

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top