Mitos & Fakta Soal Masalah Infertilitas Pria

Posted By Rikaro.Ramadi Saturday, March 30, 2013 6:24:48 AM
Add to Favorites1
Author Message
Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 30, 2013 6:24:48 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436


VIVAlife- Memiliki keturunan adalah harapan setiap pasangan suami istri. Namun, jika pernikahan sudah terjalin begitu lama tetapi suara tangisan bayi tak kunjung tiba, hal ini sering menjadi masalah besar dalam rumah tangga.

Seorang istri sering menjadi sasaran kesalahan atas masalah ini. Namun ternyata, tak jarang pula, pria lah yang sesungguhnya menjadi penyebab sulitnya mendapat keturunan. Mereka, para pria, dengan kata lain, mengalami masalah kesuburan alias mandul atau dalam istilah kedokteran, mereka mengalami infertilitas.

Tapi sesungguhnya masalah ketidaksuburan bisa disembuhkan. Dr Rashmi Sharma, Konsultan di Moolchand Fertilitas & IVF,di India mengungkapkan penyebab sebenarnya di balik infertilitas pria.

"Pria infertilitas bisa diobati, tapi pertama-tama Anda perlu mematahkan tabu dan mitos tertentu dan mencari bantuan medis," katanya seperti dikutip laman Times of India.

Banyak yang bilang, pria yang sering bersepeda memiliki jumlah produksi sperma yang sedikit. Adapula yang mengatakan, merokok membuat pria mengalami impoten. Mitos atau fakta kah kepercayaan tersebut? Simak informasi pentingnya berikut ini:

Infertilitas adalah masalah wanita

Mitos ini sudah menjadi kepercayaan masyarakat umum. Banyak yang menganggap infertilitas merupakan masalah wanita. Tapi faktanya, ini tidak benar. Berdasarkan fakta sesungguhnya, sekitar 40% kasus infertilitas, justru  terletak pada laki-laki. "Kami melihat begitu banyak kasus di mana ribuan tes untuk wanita dilakukan, tapi analisis sperma pada pria justru jarang dilakukan," ujar Rashmi.

Stres penyebab utama ketidaksuburan

Banyak mitos menyatakan, stres adalah salah satu penyebab utama ketidaksuburan. Namun fakta sesungguhnya, stres hanya mempengaruhi gairah seks seseorang. Dengan demikian stres samasekali tidak mempengaruhi kualitas atau kuantitas sperma laki-laki. Dengan demikian, stres tidak akan menyebabkan kemandulan. "Jadi, jika hubungan seksual tak mengalami masalah, dan seorang wanita masih tidak hamil, maka bantuan medis harus dicari.

Mendinginakn testis bisa meningkatkan kualitas sperma

Menjaga testis tetap dingin akan meningkatkan kualitas sperma, benarkah? "Salah, mendinginkan testis dengan es justru berbahaya bahkan tidak efektif meningkatlkan kualitas sperma". Tak hanya itu, khusus untuk pria juga tidak dianjurkan terlalu sering mengenakan pakaian ketat, dan mengemudi berkepanjangan. Hal ini juga harus dihindari karena meningkatkan suhu skrotum dan mempengaruhi kualitas sperma. "Terlalu sering terpapar panas, kualitas sperma juga tidak akan baik," kata Rashmi.

Panas dan radiasi, termasuk sering memangku laptop jangka panjang, sering berendam di kolam air panas atau sauna tidak baik untuk sperma dan ini sudah dibuktikan dengan banyak studi, paparan panas bisa  mengurangi jumlah sperma.

Hanya pria yang lebih tua memiliki masalah infertilitas

Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Sebab,  pria muda pun bisa memiliki masalah infertilitas parah. Tidak adanya sperma atau jumlah sperma yang sangat rendah dapat ditemui pada usia pria semuda 20 tahun.

Merokok bisa bikin impotensi

Apakah merokok dan minum-minuman keras menyebabkan infertilitas pada pria? "Setuju, sebab  berhenti merokok dan minum-minuman alkohol dalam jumlah sedang bisa sangat menguntungkan, karena keduanya bisa  membuat sperma beracun".

Ponsel bisa merusak kualitas sperma

Banyak mitos menyatakan bahwa ponsel yang disimpan dalam saku memancarkan gelombang elektromagnetik, yang merusak kualitas sperma. Namun, faktanya, banyak ahli yang menyatkan hal itu tidak selalu benar,  karena hingga saat ini, kekhawatiran tersebut belum dapat dibuktikan dengan penelitian yang lebih besar.

Berat badan tidak mempengaruhi kesuburan pria

Akumulasi kelebihan lemak dalam tubuh disebut sebagai obesitas. Selain penampilan fisik, obesitas juga menganggu keseimbangan hormon yang memicu ketidaksuburan bagi pria. Tak hanya itu, Obesitas juga akan memicu ketidakseimbangan  hormon. Menurut Dr Abhay Agrawal dari pusat pengendali penyakit, "disfungsi ovulasi merupakan faktor utama yang menyebabkan infertilitas pada wanita gemuk. Kadar hormon seperti androgen, estrogen dan progesteron benar-benar dapat mengubah siklus menstruasi wanita yang sangat penting untuk kehamilan dan konsepsi. Lapisan lemak dalam ovarium juga dapat mengganggu perkembangan embrio dan mengakibatkan keguguran."

Kasus-kasus infertilitas pada wanita obesitas telah banyak diketahui, namun ternyata hal yang sama juga berlaku pada pria. Berbagai studi menemukan adanya kaitan antara berat badan dengan produksi sperma rendah dan disfungsi ereksi.

Menurut Dr Motwani, "Kemampuan untuk mempertahankan ereksi dari saraf sensorik dan pembuluh darah yang rusak sering terjadi berurutan pada pria yang mengalami kelebihan lemak pada sel-sel tubuh."

Bersepeda berlebihan mempengaruhi kesuburan laki-laki

Hal ini tidak benar. Bersepeda, kata para ahli tidak mempengaruhi jumlah sperma. Namun, masalah yang harus diperhatikan pengendara sepeda sebenarnya terkait dengan ereksi.

Sebab, bukti terbaik tentang kursi sepeda berhubungan dengan ereksi, bukan kesuburan. Setiap kursi yang menyebabkan mati rasa dapat berpotensi merusak ereksi seorang pria.  Namun, belum ada  bukti yang menunjukkan,  kesuburan ikut  terpengaruh.

Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Saturday, March 30, 2013 9:01:59 AM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436
setelah membaca tidak ada salahnya mamberi komentar agar lebih hidup :)

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top