Fakta Menarik tentang Dunia Komputer

Posted By atankz Saturday, March 30, 2013 2:52:18 PM
Rated 5 stars based on 1 vote.
Add to Favorites1
Author Message
atankz
 Posted Saturday, March 30, 2013 2:52:18 PM
Leluhur

Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)Leluhur - (224,493 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, April 1, 2013 7:23:41 PM
Posts: 6,330, Visits: 3,988
1. PEMBUAT KOMPUTER PERTAMA DIDUNIA.
Sir Harold Thomas Flower. Dia adalah pembuat komputer elektronik pertama di dunia pada tahun 1941 yang bernama Colossus dan digunakan oleh Unit Pemecah Sandi Militer Rahasia Inggris untuk memecahkan kode transmisi radio NAZI.

2. NAMA KOMPUTER KOMERSIL PERTAMA DIDUNIA.


ENIAC (Electronic Numerator Intregrator Analyzer and Komputer) adalah komputer komersil pertama didunia. Komputer ini beratnya 60,000 pon dan besarnya satu ruangan besar (bisa bayangin kan ???). ENIAC selesai dibuat tahun 1945. ENIAC awalnya dibuat untuk keperluan militer. Komputer ini tidak bisa menyimpan data.

3. ORANG TERKAYA DIDUNIA KARENA SOFTWARE KOMPUTER.


William Henry Gates atau lebih sering disebut dengan Bill Gates adalah orang terkaya didunia selama 12 tahun terakhir ini (menurut majalah Forbel). Gates adalah pendiri dan ketua perusahaan Microsoft yang bergerak dibidang software. Dia juga pendiri perusahaan Corbis yang bergerak dibidang arsip citra digital.

Saat SD Gates sangat pandai dalam pelajaran Matematika dan IPA. Saat SMU, ia dan temannya yang bernama Paul Allen mendirikan perusahaan Traf-O-Data yang menjual system data aliran lalu lintas pada pemerintah. Dia juga membantu system pembayaran gaji untuk perusahaan Portland.
Tahun 1975, Gates menelpon MITS bahwa ia telah membuat program BASIC untuk Altair 8800 padahal sebenarnya tidak. MITS sangat tertarik dengan program yang ditawarkan olehnya sehingga Gates dan Allen membuat program tersebut dalam waktu 2 bulan dan menjualnya ke MITS. Ia kemudian mendirikan perusahaan Micro-Soft dan memutuskan untuk keluar dari Harvard University. Tahun 1977 Gates pernah dipenjara karena ngebut dijalan. Tahun 1980 IBM memutuskan untuk membuat hardware untuk PC, dan membutuhkan system operasi. Gates membuatkan MS-DOS atau system operasi disk Micro-Soft. MS-DOS laku keras dan membuat perusahaan Micro-Soft yang berakhirnya menjadi Microsoft dan menjadi perusahaan raksasa. Microsoft mengembangkan MS-DOS menjadi Windows. Windows laku keras dan Gates menjadi sangat kaya dengan menjual system operasi Windows. Microsoft punya ribuan paten dan Gates punya 9 paten atas namanya.

4. ADA SERANGGA DALAM KOMPUTER.
Serangga, atau dalam bahasa Inggris bug, memang bisa saja masuk dalam casing. Tapi yang dimaksud seranggga atau bug bagi komputer bukanlah serangga hidup.
Bug adalah kesalahan atau kegagalan dalam program komputer sehingga tidak berjalan sebagaimana mestinya. Contohnya, saat kita asik main game, tiba-tiba komputer hang atau macet. Bug biasanya terjadi karena kekurang hati-hatian programmer dalam menulis program, bisa juga karena suatu program membutuhkan memori 128 MB dan komputer dengan memori 64 MB dipaksa untuk menyimpan program dengan memori sebanyak itu sehingga terjadi kegagalan karena kekurangan memori.

5. KOMPUTER BUG PERTAMA.
Bug pertama adalah ngengat. Tahun 1945, Grace Murray Hopper dan timnya sedang bekerja pada komputer kalkulator Relay Aiken Mark II University Hardvard. Lalu komputernya bermasalah. Setelah dicari penyebabnya, ternyata ada lebah pada Relay #70 di panel F. Lebah tersebut kemudian disingkirkan. Sejak saat itu istilah bug digunakan sebagai kerusakan dalam kerja komputer. Istilah menyingkirkan bug tersebut dinamakan debug.

6. MODEM PERTAMA.
Sekitar tahun 1950an, bagian pertahanan udara Amerika meminta dibuatkan alat untuk mengirim data lewat telepon. Modem komersial pertama dibuat AT&T dan diluncurkan Bell 103 pada tahum 1962 dengan kecepatan 300 bit/ detik. Pada tahun 1996 sudah ada modem dengan kecepatan 56.000 bit/ detik.

7. GAME KOMPUTER.
1947 dianggap sebagai tahun ketika game pertama kali dimainkan pada tabung CRT. Gamenya masih sederhana, tentang pesawat yang harus menembak suatu sasaran. Saat itu grafis belum bisa digambarkan secara elektronik pada layer CRT. Tahun 1950an, game dengan grafis pertama dibuat yaitu Tic-Tac-Toe. Kebanyakan game komputer awal dibuat oleh Universitas. Tahun 1960an dibuat game Spacewar yang dimainkan oleh dua orang. Ini adalah game pertama yang dijual secara luas dan langsung menjadi game yang paling digemari saat itu.
Kemudian dibuat game yang bisa dimainkan dilayar televisi. Game ini namanya Chase. Oleh pembuatnya kemudian dikembangkan menjadi game yang memuat beberapa permainan. Tahun 1970an dirilis game Odyssey yang merupakan video game pertama. Perusahaan game Atari membuat game pingpong yang laku keras. Kemudian game mulai dibuat portable. Taito membuat game Space Invaders atau game menembak pesawat alien. Ini adalah game pertama yang disebut era keemasan game.


salam kenal

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top