Pantun Lucu Terbaru Kumpulan Pantun Jenaka Gokil

Posted By ramdan Sunday, March 31, 2013 5:51:47 PM
Add to Favorites1
Author Message
ramdan
 Posted Sunday, March 31, 2013 5:51:47 PM
Pamong

Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)Pamong - (3,807 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, April 1, 2013 7:25:54 AM
Posts: 481, Visits: 105
Agan-agan suka pantun gak? Sebelum kita meluncur ke pantun-pantun lucu bin gokil, alangkah baiknya kit apelajari dulu yuukk. apa sih sebenarnya pantun itu (kok jadi serius ya gan..., gak kok...). Buat pengetahuan aja gan...


Apa sih pantun itu?
Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara.


Asalnya pantun dari mana?
Pantun berasal dari kata patuntun dalam bahasa Minangkabau yang berarti "petuntun". Dalam bahasa Jawa, misalnya, dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca: uppasa). Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun pada mulanya merupakan sastra lisan namun sekarang dijumpai juga pantun yang tertulis.


Bentuk pantun itu seperti apa yah gan?
Semua bentuk pantun terdiri atas dua bagian: sampiran dan isi.
Sampiran adalah dua baris pertama, kerap kali berkaitan dengan alam (mencirikan budaya agraris masyarakat pendukungnya), dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima/sajak.
Dua baris terakhir merupakan isi, yang merupakan tujuan dari pantun tersebut.


Contoh kembangan pantun apa ya gan?
Karmina dan talibun merupakan bentuk kembangan pantun, dalam artian memiliki bagian sampiran dan isi. Karmina merupakan pantun "versi pendek" (hanya dua baris), sedangkan talibun adalah "versi panjang" (enam baris atau lebih).

Apa sih peran Pantun?
Sebagai alat pemelihara bahasa, pantun berperan sebagai penjaga fungsi kata dan kemampuan menjaga alur berfikir. Pantun melatih seseorang berfikir tentang makna kata sebelum berujar. Ia juga melatih orang berfikir asosiatif, bahwa suatu kata bisa memiliki kaitan dengan kata yang lain.


Apakah Pantun punya fungsi sosial?
Secara sosial pantun memiliki fungsi pergaulan yang kuat, bahkan hingga sekarang. Di kalangan pemuda sekarang, kemampuan berpantun biasanya dihargai. Pantun menunjukkan kecepatan seseorang dalam berfikir dan bermain-main dengan kata. Namun demikian, secara umum peran sosial pantun adalah sebagai alat penguat penyampaian pesan.


Biar gak terlalu serius langsung aja deh cekibrot pantun lucu jenaka gokil yang bikin ketawa alias ngakak

Read more: http://www.uniknih.com/2012/06/pantun-lucu-terbaru-kumpulan-pantun.html#ixzz2P5OkWkzd


follow donk
ulfa44
 Posted Friday, October 2, 2015 7:31:57 PM
Pentolan

Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)Pentolan - (1,209 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, December 1, 2016 10:24:47 PM
Posts: 421, Visits: 424
pantunnya lucu banget gan, keren dech dan selamat berkarya ya gan







Harga Aksesoris Mobil di Jakarta | Harga Roller Blind di Jakarta

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top