Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Posted By sliwedarisolo Friday, April 5, 2013 9:36:26 AM
Add to Favorites0
Author Message
sliwedarisolo
 Posted Friday, April 5, 2013 9:36:26 AM
Warga Baru

Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)Warga Baru - (315 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Monday, April 29, 2013 9:34:24 PM
Posts: 3, Visits: 37
315
"Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen" , hal inilah yang sekarang merupakan fokus utama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Kementerian Perdagangan RI berusaha untuk meningkatkan kesadaran konsumen dengan mengadakan sosialisasi melalui tulisan bertema "Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen". Kementerian Perdagangan RI juga selalu berusaha memperbaiki dan meningkatkan pengawasan barang beredar baik itu berupa produk non-pangan maupun pangan. Selain bertujuan melindungi konsumen, pengawasan secara tepat akan menbuat sektor usaha mandiri yang bersih dan sehat .

Konsumen Cerdas paham Perlindungan Konsumen sadar pentingnya memahami peraturan hukum termasuk Undang-undang yang berlaku untuk pelindungan konsumen. Diharapkan terlaksananya program terencana, terukur akan mampu menekan pelanggaran serta menghindari jatuhnya korban, memastikan semua aturan berlaku sesuai koridor.

Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Sebagai contoh, para penjual diwajibkan menunjukkan tanda harga sebagai tanda pemberitahuan kepada konsumen.



UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa; hak untuk memilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang dan atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan; hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif; hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan atau penggantian, apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya; dan sebagainya.

Setiap orang juga harus mengetahui hak dan kewajibannya sebagai konsumen yang baik. Untuk info lebih lanjut, silahkan akses situs http://www.suppliercraft.com/


Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top