Magical MaemoOS

Posted By fajarrukmo Thursday, October 16, 2014 10:17:41 AM
Add to Favorites2
Author Message
fajarrukmo
 Posted Thursday, October 16, 2014 10:17:41 AM
Warga Baru

Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)Warga Baru - (274 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Tuesday, June 21, 2016 2:11:21 PM
Posts: 1, Visits: 60
274

“Tugas perancangan desain dc-dc converter dikumpulkan 2 minggu lagi” begitu kata Pak Effendi, salah satu dosen dengan kedisiplinan dan integritas tinggi di kampusku


selesai kelas terakhir yang melelahkan ini membuatku merasa lapar, apalagi jadwal 3 mata kuliah tanpa henti ditambah lupa sarapan membuat rasa lapar naik melejit seperti kurva exponensial.


Bergegas aku menuju warung ijo. Warung langgananku yang walaupun lumayan jauh dari kampus tapi harganya cukup merakyat, porsi yang membuat kenyang pun harganya tidak sampai seharga bensin yang disubsidi

http://2.bp.blogspot.com/-kFMeVAOlQ7k/Tmroxg1DW0I/AAAAAAAAAA4/EphmRvuaGNE/s760/IMG00144-20110601-1918.jpg


“Mbak.. sego sambel lauk tempe 2 plus telor dadar” begitu kata yang sudah sering kuucapkan saat beli makan di warung ini. Tanpa dikomando mbak penjaga warungpun langsung membungkuskan pesananku

http://wisatakuliner.com/kuliner/images/stories/tempat_mkn/surabaya/segosambel/sego%20sambel2.jpg

Karena warung yang memang terkenal di kalangan mahasiswa teknik jadi gak heran kalau tempatnya sangat ramai, sampai-sampai ngeluari duit buat bayar tanpa menyenggol orang itu sudah merupakan prestasi tersendiri.

Setelah kenyang menyantap makanan sambil bersantai dirumah, sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab tentulah tidak lupa akan tugas kampusnya.


“tugas yang banyak enaknya yang pakai computer ngerjainnya biar bisa online sekalian” begitu gumamku. Otomatis modem andalan harus dikeluarkan dari kandangnya sambil meraba-raba celana jeans yang tergantung di gagang pintu yang menurut bundaku sudah layak dimusiumkan. Berganti ku raba bagian saku depan baju hem kado dari mantan… benar dugaanku modemku hilang. Langsung kuambil handphoneku dan mengirim sms kepada mbak Tinah penjaga warung ijo langgananku. “mbak ono barang keri gak nang kono??” langsung dibalas “kunci kosmu tah? Gak onok barang keri nang kene”. Sudah dua kali kunci kosku ketinggalan di warung itu jadi tempat dengan probabilitas tertinggi aku kehilangan modem ada disitu. “Ah sudahlah mungkin sudah diambil sama orang” begitu pikirku.


kebetulan momen ini bisa jadi alasan bagiku untuk beli gadget baru. Sudah lama aku pengen nembak wifi gratisan yang ada di lingkungan sekitar. Langsung aku online untuk belanja di Bhinneka menggunakan “lumia sejuta umat” kesayanganku. Kucari dan kucari akhirnya ketemu wireless adapter yang aku cari TL-WN8200, wireless dengan transmit power 500mW dan dual 5dB antenna yang pastinya nyampe sampai hot-spot gratisan sasaranku.

http://www.tp-link.com/resources/images/products/gallery/TL-WN8200ND_1.0-01.jpg


Proses pemesanan dan pembayaran yang mudah karena aku sudah pernah belanja di Bhinneka tinggal touch sana sini, transfer, beres.


http://1.bp.blogspot.com/-kkqIg0qBQ_c/UEsYYraW89I/AAAAAAAABRY/-52uqnsCCzg/s1600/bhinneka.PNG

esok harinya pintu kamarku diketuk oleh temanku katanya ada paket kiriman buatku, “tumben cepet semalem langsung nyampe” begitu kata hatiku. Aku iya-kan temanku sambil langsung aku bergegas turun dari lantai dua kamar kosku. Sesampainya dibawah aku tidak menemukan petugas kurir yang biasanya menunggu untuk request tanda tanganku. Aku cuma menemukan sebuah kotak dengan nama panggilan masa kecilku. Di kos ini kebanyakan namanya nama jaman sekarang jadi gak mungkin banget punya nama katrok bin ndeso. Aku cek no resi pengiriman pada kotak dengan yang di infokan oleh bhinneka ternyata sama “Aneh banget, kok bisa kebetulan”


Kubuka kotak kiriman yang menurutku terlalu besar untuk wadah dari produk TP-Link. Viola.. ternyata isinya adalah hape nokia pertama dan terakhir yang menggunakan OS maemo.

http://www.mobiletechworld.com/wordpress/wp-content/uploads/2009/11/N900-unboxing.jpg

Anehnya ketika kubuka hape ini sudah dalam keadaan terpasang dan menyala bahkan kulihat paket data sudah aktif. Geser sana geser sini aku coba untuk mencoba membiasakan dengan tampilan OS ini.


Logo rubah api yang tertampang di depan sebagai shortcut membuatku pengen mencoba kemampuan browsing perangkat yang katanya lebih linux daripada android. Ternyata facebook menjadi halaman default dan anehnya sudah dalam keadaan login menggunakan id ku. Langsung ku lempar ke kasur hape mistis itu.

http://www.metronews.fr/_internal/gxml!0/r0dc21o2f3vste5s7ezej9x3a10rp3w$awjtezc0g6ue124z0p67tjdj0tunj25/facebook.jpeg

Kubongkar bongkar isi dari wadah hape itu barang kali aku menemukan suatu petunjuk, sayang hasilnya nihil. Kutengok kembali layar hape tersebut ternyata ada notifikasi di facebookku. Kulihat ternyata Mas anwar menyebutku dalam statusnya, “Bro @Mark kapan ke kampus. Need help buck-boostku berasap” langsung kutulis “yaelah om aku aja belum bikin sampean udah tahap testing” seketika kupencet tombol balas…. Tiba tiba suara pesawat melintas seperti terbang rendah terdengar dikamarku diringi cahaya putih seperti ledakan.


Aku membuka mata perlahan akibat cahaya putih itu, ternyata aku di kampus dan di depan lab konversi energy, di depan Lab pak Effendi yang terkenal disiplin. Aku terbengong sambil mencoba menyadari apa yang terjadi.

“Wei”.. suara yang tiba-tiba ini mengagetkanku dari kebengongan atas kejadian ganjil ini. Ternyata itu suara mas Anwar sedang berjalan ingin masuk ke lab.


“kebetulan kamu disini Mark, ayo bantuin aku nguji buck-boost buat tugas pak effendi..” semakin aku seperti ditusuk.. bukannya buck-boost punya mas anwar ngebul berasap??


Pikiranku berusaha keras menyadari apa yang terjadi… suara perut ini tiba tiba yang menjawab semua obrolan mas Anwar.


“Kamu lapar ya Mark, kebetulan tadi si Permana pesen nasi sambil mau kesini bantuin aku tapi gak jadi. Ayo masuk ke lab”


Sambil masuk lab aku tersadar bahwa rasa lapar ini pakaian yang kupakai dan mas Anwar pakai adalah hal yang terjadi kemarin.


Sambil kubantu mas Anwar dengan buck-boostnya aku merogoh saku celanaku untuk melihat tanggal sambil memastikan ini bukan mimpi. Bukan Lumia520 yang kudapat melainkan N900 “maemo kampret” yang membawaku ke masa lalu sedang dalam keadaaan mati. Kucoba menyalakan sampai kucoba cas dengan menggunakan charger milik anak lab yang tertinggal disini. Nihil…. Kusimpan lagi kedalam kantong celana jeansku


Kucoba mengalihkan kerisauanku atas semua ini dengan mencoba membantu mas Anwar. Dua puluh menit berselang, makan sambil mengomando mas Anwar mengenai alatnya membuatku terlupa dengan kejadian yang baru kualami.


“Tak coba yo. Awas mbledos” kata mas Anwar berusaha menakutiku…


Ngngngngngng……. Suara trafo yang bergetar menandakan buck-boost tersebut jalan walaupun belum optimal.


Brbr..brbrbr… suara getaran yang berasal dari saku celanaku. Kuambil hape nokia N900 itu, terlihat dia menyala dengan background hitam dan tulisan nokia ditengah khas perusahaan asal finlandia tersebut.


Layar berubah menjadi putih terang yang menyilaukan pandanganku…

Seketika aku menjadi girang setelah membuka mata dan melihat tumpukan baju kotor dipojokan yang mengindikasikan aku sudah kembali ke kamarku.

Kucari kesana-kesini hape nokia N900 ajaib yang sangat langka ini, yang ternyata masih di dalam saku celana jeansku yang tergantung di gagang pintu.

http://cdn.slashgear.com/wp-content/uploads/2009/09/nokia_n900_hands-on_slashgear_15.jpg

Kulihat ada pesan facebook dari mas Anwar yang masuk. Ternyata pesannya adalah “suwun yo udah dibantuin semalem. Tapi kamu kemana pas alatku udah jalan, kamu langsung menghilang gak bilang bilang pula”


Kutekan back tanpa membalas pesan mas Anwar karena kutakut bakal kembali ke masa yang tidak masuk diakal itu.

Dalam diam ini aku berpikir kalau dengan hanya membalas postingan di facebook aku bisa ke masa lalu. Kenapa gak aku coba buat kembali ke jaman dimana aku masih pacaran sama Tya. Kebetulan tuh cewek yang mutusin gue mutusin lewat facebook konyol gak tuh.

kulihat pesan terakhirnya di facebook “Kita Putus.. aku gak mau ketemu kamu lagi”


Konyol rasanya kalau smartphone ajaib ini Cuma dibuat untuk hal yang sepele ini. Lebih baik aku gunakan untuk mencegah kejahatan dengan membalas posting di halaman surat kabar yang ada di facebook.

ruben33
 Posted Tuesday, January 13, 2015 9:40:22 PM
Pendatang

Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)Pendatang - (61 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, January 15, 2015 7:24:32 PM
Posts: 5, Visits: 11
61
Nice infromasinya, hebat alat Magical MaemoOs ini

Cincin Pasangan | Toko Kusen di Bandung

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top