berternak ikan lele

Posted By naturelle Friday, February 22, 2013 4:15:54 AM
Rated 5 stars based on 1 vote.
Add to Favorites4
Author Message
naturelle
 Posted Friday, February 22, 2013 4:15:54 AM
Tokoh Desa

Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, March 16, 2016 4:08:18 AM
Posts: 222, Visits: 631
Nah, tentunya hal ini sudah ane persiapkan serta pikirkan matang2, ingat sekitar dua bulanan lagi sudah masuk bulan Ramadhan tuh, nah ane pengin disaat idul fitri bukan makanan olahan dari ayam seperti biasanya yang dihidangkan, namun olahan dari makanan spesial favorit ane.. Lele Oyeng (lele goreng maksudnya) hehe...

Persiapan pertama adalah menentukan lahan secukupnya
Kebetulan di belakang rumah ane ada lahan kosong namun sempit, setelah tanyaa sana - sini ma temen ane yang biasa berenang ma ikan..., ketemu solusinya.. ternyata ikan lele bisa dikembangkan dilahan yang sempit, ane gunakan ukuran 2x1 meter... karena kolam yang akan ane buat ukurannya 2x1 meter dengan tinggi 1 meter..

Persiapan kolam
Setelah lahan sudah ditentukan, ane mulai mencari bambu untuk kerangka kolamnya,, lho kug bambu?? ya, gak usah bingung sobat, kolam yang ane gunakan menggunakan kolam terpal, jadi gak perlu mengeduk tanah dalem2... cukup praktis dan tak menyita waktu serta tenaga... dan bahan yang dibeli adalah bambu 1 lonjor, terpal ukuran 4x3 meter, benang senar untuk mengikatkan terpal ke bambu.... jangan lupa isi kolam dengan air hingga penuh lalu kemudian diamkan selama 2-3 hari, dan kuras deh...

Persiapan terakhir adalah membeli ikan dan pakan
Nah, kolam sudah selesai dibuat, sekarang tinggal membeli anakan ikan lele yang banyak dijual di pasar - pasar ikan. Ane membelinya seharga 15ribu rupiah untuk 150 ekor anakan dengan ukuran 2-3 cm (kira2 segitu, males ngukurnya sob) hehe...
Spoilerfor anakan lele:

setelah tuh anakan ikan disebar di kolam yang telah diisi air dengan ketinggian sekitar 50cm, beri tuh ikan dengan pakan ikan yang telah dibeli... gak mungkin kan kalau pake pakan yang menjijikan, kan mau dimakan sendiri tuh ikan... pling juga kadang ane beri pakan jeroan ikan laut atau ayam...

kegiatan ini udah ane lakuin sekitar 3 mingguan yang lalu, dan ikannya pun ukurannya udah lumayan, kalau dilihat hampir sepanjang telapak tangan, ane kasih makan terus tuh ikan di pagi, siang n sore hari.. Ane nyerahin tuh kerjaan ke adik ane yang tinggal di rumah, maklum ane kan kuliah di luar kota n sudah tidak libur lagi... jadi kagen tuh ma lele...

Kalau dihitung - hitung, pas hari idul fitri tuh ikan dapat dipastikan siap panen, dan siap diolah menjadi lele oyeng yang sedaaapppp... mungkin sobat kaskuser ada yang mau minta...

Spoilerfor lele oyeng bikin ngiler:


Seperti itulah kegiatan yang ane lakuin ketika liburan...



sumber kaskus

Lifes likes a wheel, thats why it's called wheel of life *Cheers
ivaan Marked As Answer
 Posted Saturday, February 23, 2013 12:58:41 AM
Penduduk

Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)Penduduk - (818 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Saturday, February 23, 2013 4:33:24 AM
Posts: 19, Visits: 2
818
tertarik nih
naturelle Marked As Answer
 Posted Saturday, February 23, 2013 1:12:53 AM
Tokoh Desa

Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)Tokoh Desa - (9,292 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, March 16, 2016 4:08:18 AM
Posts: 222, Visits: 631
ivaan (2/22/2013)
tertarik nih



ternak di rumah bro,,,


Lifes likes a wheel, thats why it's called wheel of life *Cheers
Rikaro.Ramadi Marked As Answer
 Posted Wednesday, March 6, 2013 6:42:45 PM
Leluhur

Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)Leluhur - (170,105 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, October 14, 2016 9:16:19 PM
Posts: 5,166, Visits: 30,436
gak ada lahan buat bikin kolamnya,

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top