4G LTE & Jaringan Ooredoo

Posted By horehore Friday, March 18, 2016 1:43:30 AM
Add to Favorites1
Author Message
horehore
 Posted Friday, March 18, 2016 1:43:30 AM
Warga Baru

Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, September 28, 2016 10:50:50 PM
Posts: 21, Visits: 55
384
https://web.sure.com/assets/Uploads/News/Images/21-11-13.jpg


Kehidupan manusia semakin mudah saja di jaman modern ini karena semuanya bisa dilakukan melalui jaringan Internet. Contoh simpelnya, dulu beberapa dekade lalu diperlukan waktu berminggu minggu untuk mengirim surat dari Indonesia ke Amerika. Namun semenjak hadirnya fitur email maka hanya memerlukan waktu sepersekian detik saja, bahkan dua orang yang terpisah jarak ribuan kilometer dapat bertatapan muka real time melalui skype.

Aplikasi seperti Skype sudah dikenal sejak dulu, namun sejak hadirnya jaringan 4G LTE maka aktivitas pengguna Skype semakin nyaman karena tampilan semakin lancar tanpa tersendat sendat lagi. Kita pastinya merasa kagum dan bertanya tanya kepada 4G begitu hebat? Nah untuk mengetahui alasannya silakan simak ulasannya dibawah ini.

Kenapa Jaringan 4G LTE Begitu Unggul?

Kata 4G sebenarnya berasal dari bahasa inggris yang berarti fourth generation merupakan standar generasi keempat dai teknologi komunikasi telepon seluler, dimana jaringan LTE ini hanya dapat diakses oleh perangkat smartphone yang sudah mendukung frekuensi tertentu. 4G ini begitu unggul karena memiliki banyak kelebihan.

Kecepatan maksimal yang ditawarkan jaringan 4G ini hingga mencapai 300 Mbps untuk download sedangkan kecepatan maksimal upload hingga 75 Mbps, kecepatan begitu kencang ini tentu saja bersifat teoritis karena kecepatan disetiap daerah berbeda beda tergantung dari banyak faktor juga.

Teknologi LTE menggunakan OFDM atau Orthogonal Frequency Division Multiplexing dimana akan melakukan transmisi data dengan cara terbagi kedalam banyak aliran sehingga dapat di transmisikan secara serentak. Itulah kenapa akses internet menggunakan jaringan LTE generasi ke empat begitu cepat jika dibandingkan dengan teknologi 3G ataupun 3.5 G.

Lantas bagaimana kualitas jaringan 4G di Indonesia? Meskipun terlambat menerima akses 4G dibandingkan dengan negara maju namun perkembangan jaringan 4G termasuk cepat. Hingga tahun 2016 ini saja jaringan yang sudah menjangkau kota kota besar di pulau jawa dan sumatera dan segera menyebar hingga seluruh nusantara dalam kurun 1 hingga 2 tahun mendatang.

Banyak pengguna ponsel yang sebelumnya tidak menggunakan jaringan 3G langsung ingin mencoba kecepatan 4G LTE, karena perangkat smartphone yang sudah mendukung 4G semakin murah saja saat ini. Begitu juga dengan biaya paket internet 4G yang ditawarkan Indosat Ooredoo termasuk murah dan banyak bonus.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi sampai dengan jaringan pun terus mengalami pembaruan. Yang 4G LTE hadir dengan kecepatan akses yang tinggi meskipun memang jaringan 4G LTE di Indonesia sendiri belum dapat dicakup di seluruh wilayah, hanya beberapa daerah besar di Indonesia saja.

Jaringan 4G mempunyai beberapa perbedaan band frekuensi, seperti di frekuensi 2.6 GHz yang dipakai di perangkat ponsel pintar dan lebih tepat untuk akses di daerah perkotaan. Namun di frekuensi 1.800 MHz yang mempunyai keseimbangan antara kapasitas dengan cakupan yang berada di sekitar 2.6 GHz serta 800 Mhz yang menjadikannya sebagai frekuensi yang begitu ideal guna diimplementasikan di Tanah Air.

Kemudian bagaimana jaringan generasi ke empat dengan standar LTE di Indonesia sendiri ? Jaringan ini di Indonesia sendiri dipakai di jaringan 1800 MHz. Dengan kata lain jaringan yang satu ini memberikan kemungkinan pada perangkat, baik ponsel, tablet, atau bahkan laptop yang didukung 4G LTE guna mengakses video secara streaming atau bahkan bermain game online lebih baik dari jaringan sebelumnya. Di Indonesia sendiri, salah satu provider yang sudah menyediakan layanan akses 4G LTE adalah Indosat Ooredoo.

Jaringan 4G Indosat Ooredoo memiliki berbagai kelebihan, apa saja itu ? Berikut ini kelebihan dari jaringan super cepat 4G LTE :

  1. Memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan HSPA/H+, dimana jaringan LTE memiliki kecepatan akses internet sampai dengan 150 Mbps
  2. Jika memakai untuk download ataupun streaming video bahkan bermain game online aksesnya cepat dan anti lemot.
  3. Di daerah akses di perkotaan, frekuensi band jauh lebih besar dan lebih baik
  4. Akses internet cepat semakin memudahkan mendapatkan informasi
  5. LTE memakai Othogonal Frequency Division Multiplexing atau OFDM yang mentransmisikan data lewat beberapa spektrum
  6. Memberikan dukungan untuk gelombang frekuensi yang sekarang ini dipakai oleh sistem IMT serta ITU-R
  7. Mendukung Multicast Broadcast Single Frequency Network
  8. Peningkatan dukungan mobilitas besar

bonbon
 Posted Thursday, November 24, 2016 11:18:19 PM
Pendatang

Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)Pendatang - (111 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, December 1, 2016 9:49:38 PM
Posts: 10, Visits: 21
111
kalau di Jepang saat ini sudah menggunakan koneksi 5G lho, pasti bentar lagi di Indonesia juga beralih ke 5G






____________________________________
PT SRA Cargo adalah Cargo Bandara Juanda yang melayani pengiriman barang secara port to port dengan cepat, aman dan efisien

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top