Perbedaan Jalur PMDK Dan SNMPTN, Apa Sih?

Posted By Napitoe Wednesday, June 8, 2016 7:58:04 PM
Add to Favorites0
Author Message
Napitoe
 Posted Wednesday, June 8, 2016 7:58:04 PM
Warga Baru

Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)Warga Baru - (403 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Saturday, December 3, 2016 9:38:14 PM
Posts: 29, Visits: 50
403
Ya, kali kita mencoba memberikan jawaban apa saja sih dari perbedaan jalur PMDK dan SNMPTN? Nah, bila teman-teman masih mencari dan menginginkan jawabannya atas pertanyaan seperti diatas? Inilah yang bisa membantu teman-teman.

http://3.bp.blogspot.com/-yuvqBcoc_dg/TxinWQuwF9I/AAAAAAAAAaw/5hC-ibdPfpU/s1600/snmptn-2010.jpg



Bagi anak SMA yang sudah kelas 3 memilih pendidikan selanjutnya harus dipikir dengan matang dan cermat, karena pendidikan selanjutnya yaitu kuliah adalah salah satu jalan menuju cita cita yang diimpikan sejak kecil. Maka harus dipikir dengan sempurna. Salah satu cara yang pertama dilakukan adalah mencari tahu tentang info pendaftaran universitas yang menjadi pilihan. Biasanya banyak pilihan pendaftaran yang disediakan, ada jalur PMDK, ada jalur mandiri ada juga jalur SNMPTN. Banyak orang yang tidak tahu dan bertanya Tanya tentang perbedaan jalur PMDK dan SNMPTN.

Jalur PMDK mempunyai arti penulusuran minat dan kemampuan. Didalam jalur ini ada 2 jenis yang bisa anda pilih. Pertama jalur minat dan prestasi akademik. Untuk jalur ini anda harus memiliki nilai rapor selama anda di SMA atau 6 semester dari semester awal hingga akhir nilai rata rata yang dimiliki harus mencapai tujuh. Kedua, jalur minat dan bakat. Untuk jalur ini diperuntukkan bagi orang orang yang memiliki prestasi dibidang olahraga, seni, karya ilmiah, keagamaan dan lain sebagainya. Biasanya syarat prestasi wilayah juga ditentukan, seperti tingkat provinsi, nasional atau daerah. Sedangkan SNMPTN adalah singkatan dari seleksinasional masuk perguruan tinggi negeri, ada dua jenis juga yaitu SNMPTN undangan dan biasa. Untuk undangan seleksi ini tanpa test, hanya mengandalkan segala kegiatan selama SMA, jadi bagi anda yang ingin mengikuti ujian ini maka segera perbaiki segala nilai, prestasi dan kegiatan sejak kelas 1 hingga kelas 3. Biaya yang dikeluarkanpun tidak ada, alias gratis. Sedangkan SNMPTN biasa harus melalui test. Perbedaan jalur PMDK dan SNMPTN bisa dilihat dari kuota yang tersedia. Biasanya jalur SNMPTN ini menyediakan kuota yang paling besar, hampir 50% dari kuota yang disediakan oleh universitas sedangkan untuk PMDK lebih kecil kuota yang ditawarkannya.

Sebenarnya perlu diperjelas bahwa sebelum tahun 2013 ada jalur SNMPTN undangan dan SNMPTN biasa. Untuk undangan yang dinilai adalah rapor dan prestasi yang ada di SMA, sedangkan untuk SNMPTN biasa melalui ujian tes yang dilakukan seperti biasa. Setelah tahun 2013 jalur tersebut mulai terjadi perubahan.

Perubahan yang paling mencolok adalah munculnya jalur SBMPTN. SBMPTN memiliki kepanjangan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri, dengan melalui tahapan test yang soalnya sangat sulit dibanding dengan soal ujian nasional, sedangkan SNMPTN untuk tahun 2013 keatas hanya mengandalkan rapor dan prestasi yang diraih selama SMA. Maka bagi anda yang menginginkan masuk perguruan tinggi yang diinginkan gratis tanpa tes, harus lolos SNMPTN dengan rapor da prestasi yang dimiliki. Perbedaan jalur PMDK dan SNMPTN bisa saja akan berubah lagi sesuai kemajuan teknologi dan zaman.

Nah, selain informasi diatas yang bisa teman-teman ketahui, hal ini pun seperti informasi dari pengumuman hasil SBMPTN terbaru.


Rumah dijual - www.infoginekologi.web.id

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top