Pengaruh Industri Manufaktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Modern

Posted By horehore Monday, August 22, 2016 10:02:22 PM
Add to Favorites0

Pengaruh Industri Manufaktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Modern

Author Message
horehore
 Posted Monday, August 22, 2016 10:02:22 PM
Warga Baru

Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)Warga Baru - (384 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, September 28, 2016 10:50:50 PM
Posts: 21, Visits: 55
384
Manufaktur merupakan komponen besar dari ekonomi modern, serta industri manufaktur juga sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi modern karena konsep manufaktur sendiri terletak pada gagasan mengubah bahan baku baik organik maupun anorganik menjadi suatu produk yang digunakan oleh masyarakat. Industri manufaktur di Indonesia sendiri memiliki peranan penting dalam pembangunan Negara, karena sangat menopang terhadap pendapatan Negara yaitu melalui pajak, penyerapan tenaga kerja dan sumber daya alam. Seperti halnya jenis perusahaan manufaktur di bidang diindustri dasar yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yaitu semen tentu lah membutuhkan sumber tenaga manusia dan sumber daya alam untuk mengolah bahan yang ada menjadi semen yang dapat digunakan untuk setiap proses pembangunan.

http://www.bhinneka.com/forum/Uploads/Images/4399a1df-dc59-4026-9ab9-d8a9.png


Tidak hanya itu saja, industri manufaktur seperti baja, logam dan industri manufaktur kimia sebagai contohnya adalah manufaktur plastik dan kemasan dan lain sebagainya sangat erat kaitannya dengan kehidupan dalam pembangunan ekonomi modern di masyarakat. Sehingga tak heran jika industri manufaktur di Indonesia dapat menjadi penyumbang yang sangat besar bagi pendapatan Negara melalui pembayaran pajak. Perkembangan dan pertumbuhan industri manufaktur sendiri akan semakin maju dan berkembang apabila didukung dengan kemampuan permodalan untuk mengembangkan suatu usaha tersebut. Kemampuan permodalan dari industri manufaktur umumnya didapat dari banyaknya investasi yang turut menanamkan modalnya untuk kemajuan dan perkembangan salah satu industri yang dapat menopang pendapatan Negara ini. Indonesia sendiri sebagai Negara perekonomian modern, mendukung dan memberikan kebebasan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi di industri manufaktur dan industri lainnya. Hal tersebut dilakukan semata-mata demi kemajuan Negara dan pertumbuhan perekonomian serta pembangunan Negara.

Badan yang memiliki peranan penting sebagai badan yang melakukan pemasaran, penghubung antara pemerintah, perusahaan dan para investor adalah BKPM ( Badan Koordinasi Penanaman Modal ). BKPM dapat membantu para investor yang ingin melakukan investasi di bidang industri manufaktur Indonesia untuk melakukan koordinasi dengan perusahaan manufaktur tertentu dan dengan pihak pemerintah. BKPM turut membawa dalam perkembangan industri manufaktur dan industri textile di Indonesia melalui sejumlah gebrakan pemasaran investasi dan berbagai koordinasi dengan para investor dalam ataupun luar negeri.

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top