Keluhan Hamil 7 Bulan Yang Paling Sering Dirasakan Ibu Hamil

Posted By dwiadityaherfia Thursday, October 20, 2016 6:32:38 PM
Add to Favorites0
Author Message
dwiadityaherfia
 Posted Thursday, October 20, 2016 6:32:38 PM
Pendatang

Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)Pendatang - (191 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Tuesday, November 29, 2016 9:43:49 PM
Posts: 5, Visits: 34
191
Hamil 7 bulan atau saat mulai memasuki trimester ketiga kehamilan merupakan kondisi dimana terjadi banyak perubahan fisik ibu hamil. Kehamilan 7 bulan juga dianggap sakral oleh masyarakat tradisional yang melakukan ritual adat saat seorang wanita hamil 7 bulan.

Selain perubahan fisik, ibu hamil 7 bulan juga mengalami perubahan psikis karena merasa khawatir mengingat waktu persalinan sudah semakin dekat. Dukungan dari keluarga khususnya suami sangat diperlukan di periode ini, misalnya suami bisa mengajak istri melakukan relaksasi supaya kondisi mental menjelang persalinan tetap stabil.

Rasa cemas yang berlebihan berdampak buruk karena bisa mempengaruhi proses persalinan. Bahkan pada beberapa kasus karena terlalu takut dan gugup, otot vagina kaku dan tidak elastis sehingga kelahiran bayi semakin sulit dilakukan.

Kenali Keluhan Hamil 7 Bulan Pada Ibu Hamil
Keluhan hamil 7 bulan terbagi menjadi 2 yakni keluhan yang berasal dari fisik dan keluhan yang berasal dari psikis. Keluhan fisik seperti kesulitan buang air besar dikarenakan ukuran rahim yang terus membesar menghimpit usus besar. Intensistas buang air kecil pada ibu hamil 7 bulan juga meningkat dikarenakan pembesaran ukuran rahim menekan kandung kemih.

Keluhan fisik lainnya seperti payudara membesar dan warna puting menjadi gelap. Ukuran payudara yang membesar dikarenakan sekresi hormon oksitosin dan estrogen pada trimester ketiga sedang meningkat, hal terjadi karena tubuh mulai mempersiapkan diri memproduksi ASI kelak setelah bayi dilahirkan.
Ibu hamil juga sering merasa tidak nyaman karena bayi mulai berotasi dalam kandungan, kepala bayi sudah berada didekat mulut rahim. Pada kondisi seperti ini, disarankan tetap melanjutkan meminum susu Lactamil secara teratur sebagai persiapan agar supaya proses persalinan berlangsung lancar.

Sementara itu keluhan psikis yang dialami ibu hamil 7 bulan seperti emosi yang cepat berubah dan perasaan cemas berlebihan. Untuk mengurangi keluhan baik fisik maupun psikis maka ibu hamil bisa melakukan hal misalnya cukup minum air putih, banyak konsumsi buah dan sayuran supaya susah BAB cepat teratasi, olahraga ringan untuk meningkatkan stamina menjelang persalinan dan istirahat yang cukup.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai fakta ibu hamil 7 bulan berserta tips mengatasinya. Dengan melakukan berbagai persiapan secara maksimal selama trimester ketiga, maka semakin mudah proses persalinan kelak. Semoga informasi diatas bermanfaat, terima kasih.

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top