Sederhana Tapi Juga Kompleks, Inilah Trend Model Kebaya Wanita Modern

Posted By aanbae Wednesday, November 30, 2016 11:45:47 PM
Add to Favorites0

Sederhana Tapi Juga Kompleks, Inilah Trend Model Kebaya Wanita Modern

Author Message
aanbae
 Posted Wednesday, November 30, 2016 11:45:47 PM
Warga Baru

Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)Warga Baru - (326 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Yesterday @ 8:43:13 PM
Posts: 20, Visits: 34
326
Kebaya merupakan pakaian tradisional Jawa yang juga merupakan pakaian nasional Indonesia. Banyak wanita yang mengenakannya dalam acara-acara formal, lantaran desain kebaya yang formal, dengan detail yang rinci, dan memberikan kesan yang anggun. Namun model kebaya wanita yang biasa alias masih tradisional memang harus diakui tak selalu nyaman dipakai. Bagaimana dengan yang modern?

Karena kebaya cenderung tak nyaman dipakai dan membuat gerakan jadi terbatas, tak heran jika banyak anak muda yang kemudian memilih untuk tak memakainya kalau tak benar-benar terpaksa. Seperti ketika acara wisuda misalnya. Sangat disayangkan, karena kebaya adalah warisan budaya yang sangat berharga dan harus tetap dilestarikan. Akan sulit melakukannya jika generasi berikutnya acuh tak acuh dengan hal seperti ini.

Beruntung, akhir-akhir ini gerakan untuk mempopulerkan kembali model kebaya wanita mulai bangkit. Banyak desainer ternama Indonesia, seperti misalnya Anne Avanti, yang mendesain kebaya dengan bentuk yang lebih modern, namun tetap mempertahankan keeleganan dari kebaya tersebut. Dengan desain kebayanya tersebut, bahkan karyanya sampai bisa dikenal di Eropa dan Amerika. Nah, sekarang, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengenakan kebaya, bukan?

Lagipula, sekarang ini kebaya-kebaya modern sudah banyak dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan yang memakainya, sehingga jadi lebih fleksibel, modis, dan juga tetap anggun. Beberapa ciri dari kebaya modern di Indonesia sekarang ini adalah:

1. Memadukan antara kebaya tradisional Indonesia dengan model baju dari negara lain. Misalnya saja baju cheongsam dari Tiongkok, sehingga terdapat kerah yang bermodel V.
2. Tidak harus lengan panjang, karena banyak kebaya atau pakaian yang di inspirasi kebaya bisa menggunakan lengan pendek sehingga tampak lebih kasual.
3. Berbicara tentang kasual, kebaya yang modern atau baju yang terinspirasi kebaya juga tidak selalu ketat memperlihatkan lekuk tubuh. Untuk baju santai dan busana kebaya Muslim terutama, bentuk tubuh cenderung tak terlalu terlihat.
4. Aksesoris yang dibuat sangat minimal, atau justru sebaliknya, sangat extravagant sekalian.
5. Penempatan detail seperti renda di tempat-tempat yang tidak biasa, sehingga memberikan kesan unik.
6. Semakin praktis pula untuk dipakai, dan bisa dikombinasikan dengan rok panjang atau pendek tergantung keperluan.

Nah, berdasarkan ciri dari kebaya modern di atas, ini beberapa model kebaya yang memiliki beberapa ciri di atas:

1. Kebaya dress pendek
Kebaya yang lengannya pendek, dengan bahan yang lebih tidak menerawang, dan terlihat lebih modern. Bawahannya adalah rok atau lilitan dari kain yang ukurannya hanya sedikit di bawah lutut atau pas dengan lutut.

2. Gaun panjang
Kebaya seperti ini lebih berbentuk seperti gaun modern dengan bagian bawah yang panjang dan melebar, meski tetap mempertahankan bentuk dasar kebaya. Ketika berjalan, gaun panjang akan menyapu lantai.

3. Kebaya dengan rok batik
Kain batik selalu menjadi pasangan sejati dari kebaya. Tapi kalau pada kebaya tradisional, kain batik dililitkan, maka di kebaya modern, bawahan sudah berbentuk rok dengan motif batik.

4. Kebaya Muslim
Kebaya jenis ini adalah khusus baju gamis yang tidak menerawang, tidak memperlihatkan bentuk tubuh dengan jelas, namun tetap mempertahankan ciri khas kebaya.

Jadi, itulah beberapa model kebaya wanita modern yang sekarang ini lebih banyak digunakan. Anda sendiri mungkin juga pernah menggunakannya ketika ada acara tertentu, mungkin acara wisuda, atau acara kantor. Namun yang jelas, kebaya sekarang sudah lebih mudah dalam perihal penggunaannya, dan lebih fleksibel dalam soal motif dan detail. Pilihlah yang paling pas dengan Anda!


wisatajakarta.co.id | carasehat.co.id | model rumah minimalis | ane.web.id

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top