Menjajal Nexus 7, Tablet Android Rp 3 Jutaan

Posted By weedee Tuesday, February 26, 2013 3:24:20 PM
Add to Favorites5
Author Message
weedee
 Posted Tuesday, February 26, 2013 3:24:20 PM
Pentolan

Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)Pentolan - (1,938 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Wednesday, August 31, 2016 10:38:46 PM
Posts: 35, Visits: 152
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan raksasa internet Google menunjukkan keseriusannya bermain di pasaran hardware dengan meluncurkan perangkat tablet pertama mereka, Nexus 7. Produk yang satu ini mendapatkan perhatian besar dari para pecinta gadget karena dibekali spesifikasi hardware yang mumpuni, tetapi dibanderol dengan harga terjangkau.

Untuk mengembangkan produk ini, Google bekerjasama dengan produsen perangkat elektronik asal Taiwan, Asus. Asus sendiri dikenal sudah beberapa kali meluncurkan perangkat tablet yang diberi nama seri Transformer.

Nexus 7 saat ini sudah mulai hadir di Indonesia. Beberapa toko online menjual Nexus 7 versi WiFi only dengan kapasitas 16GB seharga Rp 3,1 juta. Sayangnya, keberadaan perangkat ini sedikit langka di pasaran Indonesia.

Kali ini, KompasTekno akan membawa Anda mengulas kemampuan dari tablet Nexus 7.

Desain

Oik Yusuf/KOMPAS.com Nexus 7 memiliki body yang cukup tipis.
Walaupun sebagian besar bahan dasar dari Nexus 7 adalah plastik, perangkat ini tidak terlihat murahan. Malahan, perangkat ini lebih terlihat sebagai produk premium.

Nexus 7 memiliki ukuran body yang cukup mungil, yaitu 198,5 x 120 x 10,45 mm. Bobotnya pun tidak terlalu berat, hanya 340 gram. Kombinasi antara ukuran dan bobot tersebut membuat perangkat ini terasa sangat nyaman digunakan, walaupun hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Konektivitas

Hanya ada tiga tombol fisik di perangkat ini. (Foto: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Tidak ada terlalu banyak tombol fisik di perangkat Nexus 7 ini. Google dan Asus hanya melengkapi perangkat ini dengan tiga buah tombol saja.

Di sisi sebelah kanan, pengguna akan menemukan tombol power atau sleep. Di bawah tombol ini, terdapat tombol untuk membesarkan dah mengecilkan volume.
Di bagian bawah, terdapat port microUSB dan jack 3,5mm. (Foto: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Di bagian bawah, terdapat port microUSB yang dapat digunakan untuk charging daya atau menghubungkan tablet ini ke sistem PC. Di bagian sebelahnya, terdapat port 3,5mm untuk koneksi ke headphone atau earphone.

Di bagian atas perangkat, nyaris tidak terlihat adanya port apa pun. Namun, terdapat sebuah lubang dengan ukuran sangat kecil yang memiliki fungsi sebagai microphone.

Layar

Seperti namanya, tablet ini dilengkapi dengan layar berukuran 7 inci. Layar yang digunakan berjenis IPS dan memiliki resolusi 1,200 x 800 piksel. Kerapatan layarnya adalah 216 ppi. Layar ini terlihat mampu menampilkan gambar dengan kualitas yang baik, tajam, dan dengan tingkat kecerahan yang baik.

Layar tersebut memiliki aspek rasio 16:10 widescreen. Dengan resolusi ini, tablet tersebut sangat nyaman digunakan untuk menonton video.

Namun, aspek rasio ini tidak terlalu nyaman digunakan untuk membuka situs. Karena bentuknya yang memanjang, huruf yang ada di layar tampak kecil. Ukuran huruf tersebut sebenarnya bisa saja diperbesar sampai batas nyaman, tetapi biasanya hanya ada satu bagian kecil saja yang mampu dimuat oleh layar.

Kamera

Nexus 7 tidak dilengkapi dengan kamera belakang. Hanya ada kamera depan dengan sensor gambar 1,2 megapiksel. Kemungkinan besar, selain untuk menjaga agar harga perangkat ini tidak terlalu tinggi, Google mendesain penggunaan kamera ini untuk keperluan video call saja, bukan untuk kepentingan pengambilan gambar.

Kinerja

Dibekali spesifikasi perangkat keras yang lumayan tinggi, Nexus 7 memiliki performa yang baik.

Nexus 7 dibekali prosesor Tegra 3 quad-core dari Nvidia, RAM 1GB, dan unit pemroses grafis 12 core yang juga berasal dari NVIDIA. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android Jelly Bean versi 4.1.

Sebenarnya, tersedia dua pilihan untuk memori internal Nexus 7, yaitu 8GB dan 16GB. Namun, hanya tersedia versi 16GB di Indonesia. Sayangnya, kapasitas ini tidak dapat diperbesar karena Google dan Asus tidak menyediakan slot microSD di perangkat ini.

Selain itu, kapasitas baterai dari perangkat ini adalah 4325mAh.

Dukungan spesifikasi tersebut sangat mempengaruhi kecepatan kinerja, yang terasa cepat untuk membuka tutup aplikasi. Tidak terasa adanya lag saat navigasi di sistem operasi. Animasi juga berjalan mulus.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Nexus 7 kurang nyaman digunakan untuk berselancar di dunia maya.


Game kelas ringan dan kelas menengah masih bisa diakomodir. Saat digunakan untuk bermain game tanpa akhir Temple Run 2 di kualitas "better", tidak terasa adanya lag yang terlalu mengganggu. Namun, apabila kualitas tersebut ditingkatkan ke "best", barulah terasa sedikit lag. Namun, lag ini tidak terasa terlalu mengganggu.

Oik Yusuf/KOMPAS.com Game kecil dan menengah dapat berjalan sangat baik di Nexus 7.


Perangkat ini juga stabil jika digunakan berselancar internet menggunakan aplikasi peramban Chrome dengan dicoba dengan membuka banyak tab.

Kesimpulan

Perangkat Nexus 7 ini disarankan bagi Anda yang menginginkan perangkat tablet dengan layar yang tidak terlalu besar, sambil diiringi dengan performa yang mumpuni dan harga yang relatif terjangkau.

Dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 3 juta, Anda sudah mendapatkan tablet yang bisa digunakan untuk semua kebutuhan, baik bekerja maupun kegiatan entertainment.

Spesifikasi Nexus 7

- Prosesor Nvidia Tegra 3 1,2GHz Quad-core
- RAM 1GB
- Unit pemroses grafis Nvidia 12 core
- Memori internal 8GB dan 16GB
- Layar 7 inci jenis IPS
- Resolusi layar 1200 x 800
- Sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean)
- Baterai 4325mAh
- Jaringan seluler -
- Kamera belakang -
- Kamera depan 1,2 megapiksel
- Konektivitas jack audio 3,5mm, microUSB, NFC, Bluetooth, WiFi

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top