` All About RAM `

Posted By rda2184 Tuesday, January 22, 2013 5:57:03 PM
Rated 4.2 stars based on 3 votes.
Add to Favorites10
Author Message
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 5:57:03 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
TOPIK INI DIBUAT UNTUK MEMBAHAS SEPUTAR RAM

- Penjelasan definisi, fungsi dan cara kerja RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yg isinya dpt diakses dlm waktu yg tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dlm memori. Ini berlawanan dgn alat memori urut, seperti tape magnetik, disk & drum, di mana gerakan mekanikal dr media penyimpanan memaksa komputer utk mengakses data secara berurutan.

biar gak bingung dgn penjelasan diatas :hammers
maka akan saya jelasken lbh rinci :)

Berbeda dengan storage device contohnya : Harddisk, yang berfungsi untuk menyimpan file termasuk program untuk jangka panjang sedangkan RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data2 yang diproses oleh komputer.
Cara kerjanya gini loh, jika pengguna bermaksud menjalankan sebuah program / software, file-file yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang bersangkutan akan diambil dari harddisk. Setelah itu, file-file program dipindahkan ke memory RAM untuk selanjutnya di proses oleh CPU. Jadi, RAM berfungsi sebagai perantara. Kenapa harus melalui RAM? :eek karena eh karena :D Storage Device ( Harddisk Drive ) memiliki keterbatasan kecepatan transfer data. Jika CPU harus langsung membaca file, mengeksekusi program, dan menyimpan data pada storage device, proses nya akan berlangsung sangat lambat. Karena itulah RAM berkecepatan jauh lebih tinggi daripada storage device diperlukan sebagai "jembatan" atau media perantara. :)

Kapasitas Memory

Besar data yang dapat dapat ditampung RAM adalah bervariasi, tergantung kapasitas RAM tersebut, RAM dengan total kapasitas 4 GB dapat menampung data lebih banyak daripada RAM yang berkapasitas total 2 GB. Kondisi ini membuat kinerja komputer lebih mulus. Semakin banyak program yang dijalankan, semakin banyak pula data yang harus disimpan di Memory RAM. Inilah sebabnya komputer yang digunakan untuk multitasking intensif atau menjalankan program2 yang haus memory harus memiliki kapasitas RAM yang memadai.

Pada suatu titik, jika jumlah data yang harus ditampung sudah melebihi kapasitas RAM, sistem operasi akan menjalankan prosedur "pemindahan sementara". Data - data pada program yang aktif di memori RAM , tetapi termasuk urutan low priority misalnya aplikasi yang berjalan di background, akan dipindah untuk sementara ke suatu area di harddisk yang disebut swap file atau virtual memory. Proses ini berakibat buruk pada kinerja komputer karena seperti yang sudah disinggung diatas, storage device seperti harddisk jauh lebih lambat daripada RAM. Akibatnya, komputer yang kehabisan memori akan berjalan tersendat-sendan dan lambat. Untuk menghindari masalah ini, pastikan kapasitas RAM sesuai dengan kebiasaan anda menggunakan komputer. Tambahkan RAM jika anda sering menjalankan program / software yang "rakus" memori.

JENIS MEMORY RAM

Saat ini RAM yang banyak beredar adalah RAM dengan tipe DDR3, sedangkan peredaran tipe pendahulunya seperti RAM tipe DDR2 sudah mulai berkurang peredarannya apalagi bila kita melihat RAM yg lbh jadul lagi seperti pada tipe DDR dan SDRAM :D

di Indonesia, semakin jadul tipe RAM tersebut maka semakin sedikit stok RAM yang beredar dan harganya pun akan menjadi semakin mahal dan barangnya menjadi langka :)

di Post berikutnya adalah beberapa jenis Memory yang di rangkum sesuai dengan sejarah pembuatannya :beer:
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 5:58:37 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
Sejarah perkembangan RAM
1. RAM
RAM ditemukan oleh Robert Dennard dan diproduksi secara besar – besaran oleh Intel pada tahun 1968, jauh sebelum PC ditemukan oleh IBM pd thn 1981. Dari sinilah perkembangan RAM bermula. Pada awal diciptakannya, RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik).
2. DRAM

Pd tahun 1970, IBM menciptakan sebuah memori yg dinamakan DRAM. DRAM mempunyai frekuensi kerja yg bervariasi antara 4,77MHz hingga 40MHz.
3. FP RAM

Fast Page Mode DRAM atau disingkat dengan FPM DRAM ditemukan sekitar tahun 1987. Memori jenis ini langsung mendominasi pemasaran memori, dan orang sering kali menyebut memori jenis ini “DRAM” saja, tanpa menyebut nama FPM. Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yg terdapat pada sebuah row address.
4. EDO RAM

Pada tahun 1995, diciptakanlah memori jenis (EDO DRAM) yg merupakan penyempurnaan dari FPM. Memori EDO dpt mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan.
5. SDRAM PC66

Pertama kali chip SDRAM dibuat oleh samsung di tahun 1993, seri chipnya KM48SL2000
Pada peralihan tahun 1996 – 1997, Kingston menciptakan sebuah modul memori dimana dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor. Itulah sebabnya mengapa Kingston menamakan memori jenis ini sebagai Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.
6. SDRAM PC100

Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Standar baru ini diciptakan oleh Intel untuk mengimbangi sistem chipset i440BX dengan sistem Slot 1 yang juga diciptakan Intel. Chipset ini didesain untuk dapat bekerja pada frekuensi bus sebesar 100MHz. Chipset ini sekaligus dikembangkan oleh Intel untuk dipasangkan dengan prosessor terbaru Intel Pentium II yang bekerja pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz sementara Intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memori SDRAM, maka dikembangkanlah memori SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz. Seperti pendahulunya PC66, memori SDRAM ini kemudian dikenal dengan sebutan PC100.
7. DDR DRAM

Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory. Dengan hanya menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt, RDRAM yang bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB/detiknya! (1GB = 1000MB).
8. RDRAM PC800

Rambus juga mengembangkan sebuah jenis memori lainnya dgn kemampuan yang sama dengan DRDRAM. Perbedaannya hanya terletak pada tegangan kerja yang dibutuhkan. Jika DRDRAM membutuhkan tegangan sebesar 2,5 volt, maka RDRAM PC800 bekerja pada tegangan 3,3 volt. Nasib memori RDRAM ini hampir sama dengan DRDRAM, kurang diminati, jika tidak dimanfaatkan oleh Intel.
Intel yang telah berhasil menciptakan sebuah prosessor berkecepatan sangat tinggi membutuhkan sebuah sistem memori yang mampu mengimbanginya & bekerja sama dengan baik. Memori jenis SDRAM sudah tidak sepadan lagi. Intel membutuhkan yang lebih dari itu.
9. SDRAM PC133

Selain dikembangkannya memori RDRAM PC800 pada tahun 1999, memori SDRAM belumlah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin ditingkatkan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, memori SDRAM PC133 ini bekerja pada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 7,5ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,06GB per detiknya. Walaupun PC133 dikembangkan untuk bekerja pada frekuensi bus 133MHz, namun memori ini juga mampu berjalan pada frekuensi bus 100MHz walaupun tdk sebaik kemampuan yang dimiliki oleh PC100 pada frekuensi tersebut.
10. SDRAM PC150

Perkembangan memori SDRAM semakin menjadi – jadi setelah Mushkin, pada tahun 2000 berhasil mengembangkan chip memori yang mampu bekerja pada frekuensi bus 150MHz, walaupun sebenarnya belum ada standar resmi mengenai frekunsi bus sistem atau chipset sebesar ini. Masih dengan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC150 mempunyai access time sebesar 7ns dan mampu mengalirkan data sebesar 1,28GB per detiknya.
Memori ini sengaja diciptakan untuk keperluan overclocker, namun pengguna aplikasi game dan grafis 3 dimensi, desktop publishing, serta komputer server dapat mengambil keuntungan dengan adanya memori PC150.
11. DDR SDRAM

Masih di tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memori SDRAM menjadi dua kali lipat. Jika pd SDRAM biasa hanya mampu menjalankan instruksi sekali setiap satu clock cycle frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan dua instruksi dalam waktu yang sama. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory.
12. DDR RAM

Pada 1999 dua perusahaan besar microprocessor INTEL dan AMD bersaing ketat dalam meningkatkan kecepatan clock pada CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133 Mhz kebutuhan Memory (RAM) akan lebih besar. Dan untuk menyelesaikan masalah ini maka dibuatlah DDR RAM(double data rate transfer) yang awalnya dipakai pada kartu grafis, karena sekarang anda bisa menggunakan hanya 32 MB untuk mendapatkan kemampuan 64 MB. AMD adalah perusahaan pertama yang menggunakan DDR RAM pada motherboardnya.
13. DDR2 RAM

Ketika memori jenis DDR (Double Data Rate) dirasakan mulai melambat dengan semakin cepatnya kinerja prosesor dan prosesor grafik, kehadiran memori DDR2 merupakan kemajuan logis dalam teknologi memori mengacu pada penambahan kecepatan serta antisipasi semakin lebarnya jalur akses segitiga prosesor, memori, dan antarmuka grafik yg hadir dgn kecepatan komputasi yang berlipat ganda.
Perbedaan pokok antara DDR dan DDR2 adalah pada kecepatan data serta peningkatan latency mencapai dua kali lipat. Perubahan ini memang dimaksudkan untuk menghasilkan kecepatan secara maksimum dalam sebuah lingkungan komputasi yang semakin cepat, baik di sisi prosesor maupun grafik.
Selain itu, kebutuhan voltase DDR2 juga menurun. Kalau pada DDR kebutuhan voltase tercatat 2,5 Volt, pada DDR2 kebutuhan ini hanya mencapai 1,8 Volt.
14. DDR3 RAM

RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsumsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v. Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. Pada clock 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 sebesar 400-1066 MHz (200- 533 MHz) dan DDR sebesar 200-600 MHz (100-300 MHz). Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin.
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:00:14 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
Bagian Komponen2 RAM beserta penjelasan



Bagian komponen :

1. Chip kecil yang terletak di pojok kanan atas berfungsi untuk menyimpan informasi serial presence detect, yaitu keterangan konfigurasi standar dari modul memory yang bisa dideteksi secara otomatis oleh Motherboard (setting konfigurasi bisa dilakukan di BIOS).

2. Di bagian ujung kiri dan kanan ada bagian berlubang lagi diatasnya.
Lubang ini berfungsi sebagai tempat kait pengunci modul memory pada SLOT RAM di Motherboard.

3. Yang ditandai ini adalah salah satu CHIP dari beberapa deretan CHIP memory dari sebuah modul RAM. Penempatannya bisa berjejer di satu sisi (single side) atau kedua sisi modul (double side), biasanya yang beredar umumnya di Indonesia pada beberapa modul RAM, CHIP yang berderet ini berjumlah sebanyak 8 IC & 16 IC.

4. Pada suatu tempat di bagian konektor, ada lubang kecil yang disebut sebagai notch. Lubang ini berfungsi untuk mencegah modul memory ditempatkan di slot yang tidak pas/pada tempatnya (misalnya jenis DDR2yang coba dipasang di slot memory untuk jenis DDR3). Letak Notch berbeda-beda, bergantung pada jenis RAM nya. Jenis memory yang bisa dipasangkan di Motherboard anda adalah yang memiliki notch yang cocok dengan slot memory di Motherboard.

5. Bagian paling bawah dari modul RAM ini adalah konektor yang ditancapkan ke slot memory di Motherboard, kaki2 seperti pin berwarna seperti tembaga ini cukup sensitif terhadap kotoran dan bila terlalu kotor maka modul RAM terkadang tidak terbaca di BIOS atau suka ada BSOD di sistem OS nya, bila konektor ini kotor kita bisa membersihkannya dengan menggosokkan karet penghapus dan bersihkan sisa serpihan penghapus dengan kain berserat halus yg terbuat dari katun.
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:02:33 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
DDR3 ngga berarti selalu lebih kenceng dari DDR2,harus diliat frekuensi dan CAS Latencynya (CL),makin kecil Latencynya makin bagus..

rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:06:45 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
Terkadang, komputer kita bakal menjadi lambat setelah beberapa lama dipakai. Apalagi kalo kita banyak menggunakan software yang berat2 seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Sony Soundforge dsb.

Biasanya setelah kita pakai aplikasi tersebut, komputer kita terasa lambat. Kemungkinan itu terjadi karena masih ada bekas data yang tersimpan dalam RAM, sehingga komputer kita pun jadi lambat. Salah satu cara untuk membersihkan RAM adalah dengan merestart komputer terlebih dahulu. Tapi kayanya ribet banget ya?

ane punya cara yang lebih simpel yang bisa dilakuin oleh semua kalangan, awam maupun mahir. Perhatikan caranya di bawah ini:
1. Klik kanan mouse di desktop, pilih New - Shortcut.

2. Ketik pada kolom isian yang muncul.

3. Klik Next.

4. Beri nama shortcut tadi, nama yang dapat diberikan bebas sesuai keinginan kamu, atau kamu lewat aja, namanya otomatis jadi rundll32.exe.

5. Klik Finish.
Kapan aja komputer kamu terasa lambat, klik shortcut yang udah kamu buat tadi untuk membersihkan RAM. Sebetulnya prinsip kerjanya mungkin sama aja kaya RAM Booster atau aplikasi sejenisnya, tapi ga kalah ko seperti software2 lainnya.

kalo agan mau coba software nya, download dsni gan :
http://www.softpedia.com/get/Tweak/Memory-Tweak/CleanMem.shtml
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:10:13 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
ini mengenai BSOD pada sistem ram

Bersahabat Dengan BSOD

BSODJangan panik apabila menghadapi BSOD atau Blue Screen of Death dilanjutkan dengan PC restart dan reflek mencoba-coba memperbaiki kesalahan setting pada BIOS. Hal ini acap dijumpai di kalangan pengguna PC Desktop yang gemar melakukan coba-coba overclocking. Namun banyak juga menimpa pada pengguna yang ternyata memiliki system tidak stabil acap kali crash saat gaming. Ataupun juga dijumpai pada kalangan pengguna PC untuk pekerjaan render. Walhasil, fenomena BSOD ini perlu kita sikapi dengan cara bersahabat.

Apa yang bijak dilakukan adalah mengenali kode BSOD tersebut, untuk kemudian dimengerti dan dicari solusi. Apabila lupa dengan code BSOD terakhir, maka kita bisa coba menggunakan tambahan software untuk melihat kode BSOD setelah berhasil masuk Windows pada Normal mode atau Safe mode dengan aplikasi kecil Blue Screen View berukuran 59KB untuk diunduh. Program itu amat simpel untuk mereview BSOD seperti aslinya dengan setting favorit viewer tekan F8. Kita juga bisa menggunakan viewer mendetil dengan F6, atau sorting hanya .dll yang menyebabkan masalah saja dengan menekan button F7 keyboard.

Untuk general user yang mendadak mengalami BSOD, lalu berikutnya bisa berkenalan dan mencoba mengerti apa kesalahan yang telah terjadi berdasarkan kode BSOD tersebut. Situs www.auhma.org ini amat sangat bermanfaat dan begitu mendetil mengulas penyebab BSOD berdasarkan kode-kode error tersebut.

Untuk yang suka bermain dengan BIOS dan overclocking, penyebab error yang biasa dijumpai disertai solusi telah terangkum di bawah ini:

0×101 = Tambah VCore CPU
0×124 = Tambah atau kurangi VTT/QPI/Vccio, problem ada pada chip memory controller, kadang kekurangan V namun kadang juga kelebihan V
0x0A = RAM atau IMC (memory controller) yang tidak stabil, naikkan voltage VTT/QPI/Vccio terlebih dahulu, kalau masih kurang puas maka naikkan VCore CPU
0x1A = Memory management error, naikkan voltage RAM
0x1E = Tambah VCore CPU
0x3B = Tambah VCore CPU
0x3D = Tambah VCore CPU
0xD1 = Antara IMC (memory controller) atau RAM, naikkan atau kurangi VTT/QPI/Vccio terlebih dahulu, kalau tetap tidak berhasil maka naikkan voltage RAM
0x9C = IMC (memory controller) maka tambah atau kurang VTT/QPI/Vccio; namun terkadang menambahkan VCore CPU juga membantu
0×50 = RAM speed atau timing yang kurang setrum, naikkan voltage RAM
0×109 = Setrum RAM terlalu ketinggian, turunkan voltage RAM
0×116 = Tambah IOH atau SA voltage, ini adalah VGA issue yang biasanya overclocking VGA pada CrossFire/SLI mode yang mengganggu kestabilan
0x7E = OS File korup, lakukan scandisk atau chkdsk

Demikian jargon kali ini, dan semoga menjadi lebih bersahabat dengan BSOD. Salam xtreme .. //..

Hot Blue
Link : http://xtreme-hardware.com/bsod.html#comment-97
simpliCITY
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:16:47 PM
Tokoh Desa

Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)Tokoh Desa - (6,572 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Friday, November 21, 2014 12:13:27 AM
Posts: 131, Visits: 5,380
Kalo laptop saya mengalami crash blue screen ketika ingin start up windows, dan ketika ingin menginstall windows proses stuck di "setup is installing" (looping trus menerus), apakah disebabkan oleh RAM?


________________________________
BE SIMPLE MORE AWESOME
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:20:13 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687


high profile RAM

high profile maksudnya RAM yang tinggi tinggi gan heatsink nya :D

gunanya heatsink apaan? ya buat menghantarkan panas yang dihasilkan sama chip RAM :D

pros
(+) RAM jadi ga cepet panas, karena disebarkan melalui heatsink yang tinggi

cons
(-) Heatsink tinggi terkadang kehalangin heatsink prosesor. solusinya bisa pake watercooling atau mindahin slot RAM.

contoh RAM RAM yang HS nya tinggi

Kingston Hyper-X H2O.
ya betul, bisa dipasangin watercool :genit:


G-Skill Trident



corsair Dominator





variasi Heatsink RAM
selain lebih keren tampilannya, heatsink RAM juga bikin RAM tambah dingin gan :travel



contoh cooler buat RAM
thermalright HR-07 : tinggi gan :matabelo:


zaward ram cooler.. tinggi.. yakin HSF procie jumbo ga akan bisa berduet sama cooler ini



Thermaltake RAM Orb


Koolance RAM-30-VO6 Dual Memory Liquid Cooler :genit:



dan masih banyak lagi :o :o :o



rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:22:22 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
ERROR CODE BSOD / Bluescreen:
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Kenapa? Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.

Daftar Penyebab:
[+] Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
[+] Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
[+] Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
[+] Overclock Hardware yang berlebihan
[+] Komponen komputer yang kepanasan
[+] BIOS yang korup
[+] Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.
rda2184
 Posted Tuesday, January 22, 2013 6:26:44 PM
Penduduk

Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)Penduduk - (687 reputation)
Group: Forum Members
Last Active: Thursday, October 16, 2014 10:09:41 PM
Posts: 13, Visits: 36
687
simplicity (1/22/2013)
Kalo laptop saya mengalami crash blue screen ketika ingin start up windows, dan ketika ingin menginstall windows proses stuck di "setup is installing" (looping trus menerus), apakah disebabkan oleh RAM?


tergantung error code nya, setiap BSOD punya error code sendiri mas, dan penjelasan tentang error code tersebut udah saya beri penjelasan di post berikutnya, coba agan baca penjelasannya :)

jadi belum tentu jg disebabkan oleh RAM :)

Similar Topics

Expand / Collapse

Reading This Topic

Expand / Collapse

Back To Top