USB FLASH DISK / DRIVE

Home > PERIPHERAL AND ACCESSORY > STORAGE EXTERNAL > USB FLASH DISK / DRIVE
Sort by:

1 of 22
  • Membuat Flashdisk jadi RAM Eksternal
  • Random Access Memory atau RAM adalah media penyimpanan komputer yang bersifat menyimpan dalam jangka waktu pendek. Bisa dikatakan RAM ini memiliki fungsi untuk mengingat beberapa history singkat untuk mempercepat proses pengolahan perintah pada komputer ketika Anda memberikan perintah yang sama dengan sebelumnya.

    RAM adalah perangkat yang sangat penting di komputer/laptop karena mempengaruhi kecepatan kinerja komputer/laptop anda. Semakin besar size atau kemampuaan meyimpan RAM maka akan semakin bagus kinerja komputer/laptop anda. Jika untuk meningkatkan kinerja komputer/laptop kita harus memperbesar ukuran peyimpanan RAM itu artinya kita harus membeli/mengupgrade RAM laptop/komputer kita. Tapi harga dari sekeping RAM tidaklah murah. Jadi Anda harus berpikir lebih dari dua kali untuk membelinya.

    Ada sebuah cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk memperbesar kapasitas RAM pada komputer dengan menggunakan RAM eksternal. Untuk membuat RAM eksternal yang Anda butuhkan hanyalah sebuah flashdisk. Untuk cara membuat flashdisk menjadi RAM di windows 7 yang harus anda siapkan adalah Flashdisk (FD) untuk lebih detail syaratnya apa saja silakan baca dibawah ini:

    Untuk cara membuat flashdisk menjadi RAM di windows 7 yang harus anda siapkan adalah Flashdisk (FD) untuk lebih detail syaratnya apa saja silakan baca dibawah ini:

    • Flashdisk (FD) dengan ukuran/ size penyimapan minimal 256MB tapi lebih disarankan menggunakan 2GB atau 4GB
    • Flashdisk (FD) yang akan Anda gunakan untuk dijadikan RAM eksternal harus berformat NTFS, FAT16, atau FAT32.
    • Khusus untuk fitur ReadyBoost memory flashdisk yang harus Anda gunakan berkapasitas 4GB

    Ada dua cara untuk membuat flashdisk menjadi RAM eksternal yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Eboostr dan yang kedua menggunakan fitur yang ada di Windows 7 sendiri yaitu ReadyBoost. Untuk cara pertama yaitu mengugnakan aplikasi Eboostr ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan :

    • Pertama download softwarenya secara legal di http://www.eboostr.com.
    • Apabila sudah selesai proses download, ekstrak dan instal aplikasi tersebut pada komputer.
    • Selanjutnya colokkan flashdisk ke komputer/laptop Anda.
    • Setelah itu buka aplikasi Eboostr dan dengan mudah Anda dapat membuat flashdisk sebagai RAM eksternal.

    Untuk cara kedua mengubah flashdisk menjadi ram di Windows 7 tidak jauh berbeda dengan cara pertama. Jika cara pertama kita menggunakan software tambahan dan harus mendownloadnya, pada cara kedua kita menggunakan fitur yang memang sudah tersedia di windows 7 tanpa repot-repot download dan menginstalnya. Berikut ini adalah bagian detail langkah-langkah menjadikan flashdisk ram di laptop/komputer:

    • Pertama Anda siapkan Flashdisk (FD) sesuai persayaratan di atas.
    • Lalu colokkan Flashdisk (FD) ke komputer/ laptop Anda.
    • Selanjunya kita buka My Computer, selanjutnya klik kanan pada pilihan Flashdisk atau Removable disk dan klik Properties.
    • Jika sudah liat bagian atas ada menu General, Tool, Hardware, ReadyBoost, dan costumize. Pilih dan klik saja pada tab ReadyBoost.
    • Lalu pilih “Use this device” dan tentukkan berapa banyak memory flashdisk yang akan Anda gunakan menjadi RAM eksternal.
    • Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas KLIK OK maka secara otomatis flashdisk Anda menjadi RAM eksternal di windows 7.
  • Trik Memformat Flashdisk “Write-protected”
  • Pernahkan Anda mengalami kondisi seperti ini; ketika Anda akan menghapus atau memformat isi flashdisk karena terinfeksi virus, hal tersebut tidak dapat Anda lakukan karena komputer memunculkan pesan eror bertuliskan “The disk is write-protected”? Sebuah kondisi yang cukup banyak dialami oleh pemilik USB flashdisk dan sebagian besar orang menganggap bahwa USB flashdisk tersebut telah rusak sepenuhnya dan tidak dapat diperbaiki lagi. Tentu saja anggapan itu salah. Flashdisk yang telah diproteksi oleh pemiliknya masih bisa kita format ulang untuk menghilangkan berbagai virus di dalamnya melalui “safe mode”. Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang tidaklah sulit untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa langkah tersebut :

    • Pertama-tama restart Komputer atau Laptop yang akan Anda gunakan untuk memformat USB Flashdisk
    • Setelah BIOS selesai melakukan POST atau sebelum logo Windows muncul cepat-cepat tekan tombol F8, atau tekan saja tombol F8 sejak komputer mulai booting. Setelah itu akan muncul tampilannya seperti gambar dibawah:

    • Pilih Safe Mode dan tekan Enter.
    • Setelah itu login ke Windows, lalu format USB Flashdisk dengan cara klik kanan pada USB Drive lalu klik Format. Pilih mode format yang sesuai keinginan Anda. Jika ingin praktis dan cepat Anda dapat memilih pilihan “quick format”
    • Tunggu beberapa saat. Jika berhasil akan muncul message "Format is Complete" dan jika kembali gagal Anda bisa mengulangnya dari tahap awal.

USB Flash Disk / Drive

Flash disk merupakan perangkat untuk menyimpan data seperti disket, CD/ DVD, atau hard disk. Bila dibandingkan dengan disket ataupun CD / DVD, menggunakan flash disk untuk menyimpan data lebih mudah, cepat, dan aman. Data pada disket mudah hilang, karena disket mudah rusak. Sedangkan CD / DVD membutuhkan anda untuk mem-burn data / file sehingga memakan waktu lebih lama. Selain itu CD / DVD juga mudah tidak terbaca apabila terdapat goresan. Dengan flash disk, anda cukup menghubungkannya dengan port usb pada PC / notebook dan anda dapat langsung memindahkan data secara drag and drop tanpa perlu pengaturan. Seperti halnya hard disk external 2.5”, flash disk tidak membutuhkan power supply tambahan, sehingga ukurannya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa.

Di Bhinneka, anda dapat memilih flash disks dengan ukuran 4B hingga 64GB atau lebih dari berbagai merk ternama seperti ADATA, Corsair, Kingston, Sandisk, Sony, Toshiba, Transcend, atau V-Gen. bentuk flash disk pun bervariasi, seperti desain konvensional maupun desain unik seperti zodiac / shio Chinese, superhero, karakter kartun, ataupun kaleng minuman.

Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.

  BACK TO TOP  
(021) 2929-2828
© 2015 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
SMS: 0812-123-8000