20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

AutoDesk AutoCAD 2008

Posted: 27 Jul 2007 15:33:45
 

 

 

AutoCAD 2008 adalah rilis terbaru sebuah aplikasi CAD (Computer Aided Design) yang menyajikan fitur dan kemampuan 2D-drafting juga peningkatan produktifitas yang dikembangkan sebagai respon dari harapan pengguna AutoCAD yang pernah disampaikan selama ini. Aplikasi yang diluncurkan hanya selisih setahun dari rilis sebelumnya ini sangat dinanti pengguna AutoCAD karena kabar akan adanya peningkatan besar-besaran pada AutoCAD 2008 dibanding versi 2007. Banyak prediksi maupun ulasan dari berbagai pihak yang telah meluncur bahkan jauh sebelum aplikasi ini diluncurkan. Hingga AutoCAD 2008 ini selesai diluncurkan dan mulai luas digunakan, ulasan dan pujian masih terus mengalir.

 

Kelebihan

§   daftar lengkap kemampuan visualisasi untuk pembuatan draft 2D dan pemodelan 3D

§   fitur-fitur baru andalan seperti: annotation scaling, multileaders, dan peningkatan fitur untuk teks dan ukuran yang menjadikan pekerjaan drafting menjadi lebih mudah dan efisien

§   link dua arah dengan Excel yang memungkinkan untuk membuat dan mengelola tabel dengan lebih akurat

§   penambahan beberapa format baru untuk membuat tampilan desain yang lebih baik dengan cara lebih mudah

§   dokumentasi yang sangat baik dan membantu pengguna untuk mempelajari fitur-fitur baru

 

Kekurangan

§   harga sedikit lebih mahal dibanding aplikasi drafting dan modeling lain

§   implementasi beberapa fitur canggih cukup kompleks dan membutuhkan keahlian khusus

 

Skala Anotasi dan Obyek Multireader

Pada AutoCAD versi sebelumnya, jika anotasi yang sama harus ditampilkan pada ukuran yang tetap dengan skala yang berbeda, pengguna harus membuat ulang dalam ukuran yang berbeda dan layer terpisah hingga berkali-kali. Untuk mengatasi keterbatasan ini, AutoCAD 2008 memperkenalkan konsep skala anotasi dimana obyek yang biasanya digunakan untuk menganotasi gambar seperti teks, ukuran, blok dan sebagainya kini mempunyai properti anotasi yang berasosiasi langsung dengannya.

 

Fitur kunci lain yang berhubungan dengan skala anotasi adalah kemampuan memodifikasi skala individual yang disajikan dari sebuah obyek anotasi. Kemampuan ini membuat peletakan dan konfigurasi sebuah obyek semakin baik dan presisi.

 

Obyek anotasi menjadi tipe obyek baru pada AutoCAD 2008 yang disebut multireader yang didesain untuk memudahkan pengguna bekerja dengan banyak leader. Pengguna dapat membuat style sebuah multireader mirip dengan multireader lain dalam ukuran, tabel dan teks dengan menggunakan Multireader Style Manager.

 

Pengembangan Teks dan Ukuran

Kemampuan format teks pada AutoCAD 2008 telah diperbaiki sehingga kini pengguna dapat membuat teks dalam beberapa kolom dengan lebih mudah. Anda dapat memilih antara mode kolom statis yang jumlahnya telah Anda tentukan, maupun kolom dinamik yang dapat dengan fleksibel ditambah atau dikurangi jumlah kolomnya. Tanpa dipengaruhi tipe format kolom, teks dapat mengalir di dalam kolom pada saat teks tersebut ditambah maupun dikurangi. Ini berarti tinggi kolom tidak perlu lagi diatur-atur setiap kali terjadi perubahan teks didalamnya seperti yang sebelumnya harus dilakukan.

 

Peningkatan Fitur Pada Tabel

Pada AutoCAD 2008, tabel sudah begitu penuh dengan fitur yang lengkap dan canggih. Fitur tambahan pada penanganan tabel AutoCAD 2008 memberikan opsi tambahan untuk format. Kemampuan data ekstraksi dan link eksternal juga makin bertenaga. Style untuk tabel telah ditingkatkan untuk menyertakan lebih banyak opsi untuk border, margin dalam tabel dan format sel dalam tabel itu sendiri. Anda dapat dengan cepat membuat style baru pada tabel yang sudah ada dalam gambar.

 

Mengimpor data dari Excel kedalam tabel AutoCAD kini tidak lagi bergantung pada Microsoft OLE tetapi telah difasilitasi oleh AutoCAD 2008 dengan link dua arah yang bekerja secara langsung. Kotak dialog Insert Table akan memungkinkan Anda membuat link data baru dari Excel. Sedangkan data yang dapat disertakan sangat luas, mulai dari seluruh isi spreadsheet sampai area tertentu dari sel yang Anda pilih.

 

Pengembangan Signifikan Lainnya

Pada AutoCAD 2008, obyek tampil berbeda pada viewport individual dengan tetap menampilkan properti asli layer pada ruang model. Hal ini telah dimungkinkan dengan tambahan 4 opsi baru pada dialog Layer Properties Manager yang berasosiasi dengan viewport dan memungkinkan pengguna untuk menentukan warna, tebal garis, tipe garis termasuk juga menentukan style tersebut sebagai style yang dapat ditumpuki kembali untuk viewport tersebut. Daftar Viewport Override dapat dilihat melalui filter Viewport Override yang terdapat pada dialog Layer Properties Manager.

 

Selain fokus pada fitur yang meningkatkan kinerja dan memperkaya kemampuan, AutoCAD 2008 menyuguhkan beberapa fitur pencahayaan baru yang diperlukan bagi pengguna 3D. Kemampuan ini meliputi berbagai pilihan sumber pencahayaan seperti lampu fotografi dan sinar matahari. Pengguna dapat juga menambahkan efek pencahayaan lebih lanjut seperti bayangan dan pancaran. Tentu saja fitur ini jauh lebih baik dibanding hanya mengandalkan pencahayaan alami pada suatu scene.

 

Peningkatan lainnya pada AutoCAD 2008 adalah disertakannya kemampuan memanipulasi layer pada file DWF yang sedang digunakan sebagai underlays, mengimpor file DGN sekaligus menggunakannya sebagai underlays, dan mengekspor file AutoCAD ke dalam format X8 DGN. Toolbar Autodesk Impression menyediakan akses ke perintah dalam Impression bagi pengguna yang mempunyai aplikasi Impression pada PC-nya. Tidak hanya itu, fitur ini juga memfasilitasi aliran kerja yang mulus antar 2 aplikasi ini.

 

Beberapa peningkatan fitur telah dibuat sedemikian untuk memungkinkan pengguna AutoCAD 2008 melakukan kustomisasi antarmuka, termasuk diantaranya menambah, mengatur posisi dan membuang tombol perintah. Lebih jauh lagi pengguna dapat juga membuat toolbar baru dan menambahkan atau memodifikasi panel pada Dashboard. AutoCAD 2008 dapat dijalankan pada Microsoft Vista, dan juga tersedia dalam versi 64-bit yang melegakan bagi mereka yang bekerja dengan file-file berukuran besar dan banyak.

 

Analisa dan Kesimpulan

AutoCAD 2008 menghadirkan fitur dan kemampuan yang akan meningkatkan produktifitas secara signifikan. Segala perbaikan dan peningkatan yang disuguhkan terasa sangat drastis termasuk kemampuan bekerja dengan 3D. Rilis AutoCAD terbaru ini tetap terkesan ‘sederhana’ meskipun sangat merefleksikan ambisi besar untuk menghadirkan sebuah aplikasi yang sanggup menjawab semua yang selama ini hanya menjadi impian penggunanya.

 

Salah satu aspek yang berulang-ulang kami puji adalah kemampuan pendokumentasian yang sangat baik. Hal lain yang layak mendapat pujian adalah disertakannya New Features Workshop yang menyajikan demo fitur-fitur baru dalam bentuk animasi. Tentu saja Manual Book yang disertakan dalam paket masih merupakan nilai tambah yang sangat berharga bagi pengguna.

 

Segala peningkatan pada AutoCAD 2008 yang secara mencolok akan memberikan penghematan waktu bagi penggunanya ini tentu akan sangat dihargai. Memang, ada beberapa aplikasi sejenis dengan harga yang lebih murah, tetapi melihat segala kelebihan yang mampu diberikan AutoCAD 2008 tentu akan menjadi pertimbangan yang rasional. (ella)

 


Link to Product(s):
LENOVO IdeaPad B460 233
Beli
AUTODESK 00128-541462-9000SUB
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post AEC Bytes http://www.aecbytes.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us