20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Clicker F21-7D, Mechanical, Murah, Mantab!

Posted: 18 Jan 2012 10:05:24
 

Mechanical keyboard, bagi Anda para hardcore gamers atau para keyboard enthusiast tentunya sudah tidak asing lagi dengan hierarki tertinggi dari dunia keyboard ini. Mechanical keyboard sendiri sebenarnya bukanlah sebuah teknologi yang baru, tetapi sudah ada bahkan sebelum teknologi keyboard rubber dome (baca: mayoritas keyboard jaman sekarang) diciptakan.

Di setiap tuts mechanical keyboard, di bawahnya terdapat sebuah switch yang pada umumnya dibuat oleh sebuah perusahaan asal negeri Panzer bernama Cherry. Tetapi beberapa saat lalu Bhinneka Post mendapati sebuah mechanical keyboard besutan sebuah perusahaan asal Taiwan bernama Clicker, dan uniknya switch yang digunakan ialah switch ALPS, dan mechanical keyboard tersebut adalah Clicker F21-7D.

ALPS sendiri adalah sebuah perusahaan asal negeri Sakura yang bergelut di bidang pembuatan switch untuk beraneka ragam industri, tetapi untuk keyboard switch ini sendiri sudah lama tenggelam, dan kini dihidupkan kembali melalui Clicker F21-7D.

Mengenai Clicker F21-7D sendiri, di antara seluruh jajaran mechanical keyboard yang ada saat ini, keyboard ini berhasil mematahkan reputasi bahwa mechanical keyboard adalah barang yang mahal. Di saat kebanyakan mechanical keyboard dibanderol dengan harga di atas 700ribuan, sedangkan Clicker F21-7D dibanderol dengan harga jauh lebih ekonomis di atas para pesaingnya, yaitu sekitar 500ribuan.

Keyboard ini memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan beberapa keyboard ukuran normal lainnya, dengan layout US ANSI, yang tentunya Anda sudah cukup akrab dengan layout dari keyboard ini. Hanya saja yang cukup berbeda adalah tombol 'enter' pada keyboard ini berbentuk menyerupai huruf L terbalik dengan 'backspace' yang seukuran dengan tuts lainnya. Jadi bagi Anda yang sudah terbiasa dengan keyboard yang memiliki bentuk tombol 'enter' dan 'backspace' yang pipih dan panjang, Anda perlu sedikit penyesuaian sampai akhirnya benar-benar terbiasa.

Clicker F21-7D ini berbalut bahan ABS yang cukup tebal, dan kokoh, cocok untuk menjalani berbagai macam siksaan para gamers. Sayangnya tulisan huruf pada keycaps nya masih menggunakan metode pad printing, sehingga ada kemungkinan hurufnya akan memudar seiring dengan lama pemakaian. Tetapi ada satu hal yang cukup menarik perhatian, yaitu terletak pada keycaps WASD dan arah panah. Dimana keycaps nya memiliki warna oranye yang kontras dan terbuat dari karet. Ya, benar-benar sebuah karet.

Dengan mengandalkan konektivitas USB, Clicker F21-7D memiliki feel yang unik ketika digunakan untuk bermain video game ataupun untuk mengetik. Ketika Anda menekan keycaps nya, Anda akan merasakan sedikit perlawanan yang cukup halus seperti Anda menekan ballpoint dengan pegas, itulah yang dinamakan tactile. Clicker F21-7D memberikan tactile yang cukup halus, dengan suara 'click' yang cukup nyaring. Suara 'click' ini yang akan menunjukan pada Anda bahwa huruf yang Anda tekan benar-benar sudah terpencet, dan suara 'click' inilah yang akan menemani jemari Anda ketika mengetik atau bermain video games.

Feel yang cukup unik tadi masih akan ditambah ketika jemari Anda beradu dengan keycaps karet pada huruf WASD tadi, karena Anda dapat merasakan dua buah feel yang berbeda pada jari Anda. Yaitu ketika menekan keycaps berbahan ABS dan berbahan karet yang cukup empuk.

Untuk harga yang ekonomis ternyata Clicker F21-7D memiliki fitur yang tidak tanggung-tanggung. Clicker membekali mechanical keyboard ini dengan fungsi 6 NKRO, yang berarti Anda dapat menekan 6 buah tombol secara bersamaan tanpa ada satu karakter yang tidak ter-register oleh sistem Anda. Kemudian dengan software paketannya, Anda dapat meng-kustomisasi seluruh tombol yang Ada di keyboard ini dengan fungsi yang Anda mau, dan Anda diberikan 10 buah profil untuk menyimpan konfigurasi yang telah Anda simpan.

Kesimpulannya, Clicker F21-7D ini berhasil mematahkan teori bahwa mechanical keyboard itu pasti mahal. Berbekal switch yang cukup unik yaitu Blue ALPS, dan keycaps WASD yang terbuat dari karet, Clicker F21-7D ini menawarkan feel yang benar-benar baru. Ditambah kemampuan makro dan 10 buah profil nya semakin menunjukan bahwa mechanical keyboard ini dapat bersaing dengan para pendahulunya.

Jadi, apakah Anda ingin mencoba sensasi mechanical keyboard? Karena begitu Anda mencobanya, Anda tidak akan pernah ingin untuk berpaling lagi. (fajrie)


Link to Product(s):
CLICKER Mechanical Professional Gaming Keyboard [F21-7D]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us