20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

CM Storm Quick Fire Rapid, Ready to Rumble!

Posted: 15 Oct 2012 11:08:08
 

Ada beberapa hal menarik yang dapat kita lihat dari dunia video game, yang pertama adalah game dan konsolnya sendiri, yang kedua adalah gaming peripheral nya. Berbicara mengenai gaming peripheral, uniknya adalah ketika Anda melihat sebuah mouse dan keyboard, dan terdapat embel-embel gaming, mendadak mouse dan keyboard tadi serta merta akan menjadi banjir fitur.

Dikala beberapa pabrikan lain berusaha menawarkan berbagai macam fitur yang bisa membuat orang koprol sambil teriak wow! Tapi ada satu pabrikan yang justru menawarkan sebuah gaming keyboard dengan fitur yang sangat basic sekali, yaitu CM Storm Quick Fire Rapid. Se-basic apa gaming keyboard ini dan apa menariknya? Simak review berikut!

Desain dan Build Quality

CM Storm Quick Fire Rapid dibanderol dengan harga 900 ribuan, yang mungkin terlihat mahal untuk gaming keyboard dengan fitur basic. Tapi tunggu dulu, CM Storm Quick Fire Rapid adalah sebuah mechanical gaming keyboard dengan Cherry MX Black Switch dengan karakter linear dan sangat cocok untuk bermain game.

Hal yang menjadikannya semakin basic adalah tampilan tenkeyless nya yang menjadikan ukuran keyboard ini menjadi sangat compact. Istilah tenkeyless ini adalah istilah yang digunakan ketika sebuah keyboard tidak memiliki numeric pad pada sisi kanan nya.

Desain dari CM Storm ini pun juga sangat basic, classic namun elegan, berbentuk kotak dengan sudut-sudut yang menyiku. Permukaan dari gaming keyboard ini dibalut dengan bahan yang kesat seperti karet dengan warna dark grey dan tombol keycaps berwarna hitam yang semakin menegaskan karakter dari keyboard ini.

Dan sedikit menambah kesan basic dari keyboard ini, lampu LED penanda CAPS LOCK dan beberapa fungsi langsung terintegrasi pada keycaps nya. Tapi sayang kesan minimalis tadi seakan menjadi sedikit pudar, karena CM Storm menaruh cukup banyak logo perusahaannya di keyboard ini.

Paketan dari gaming keyboard ini juga sederhana, Anda hanya akan mendapatkan 1 unit gaming keyboard, keycaps ASDW berwarna merah, keycaps Windows dengan logo Cooler Master, dan adapter dari USB ke PS/2. Untuk perkabelannya sendiri, CM Storm Quick Fire Rapid sudah menggunakan braided cable yang dapat dilepas.

Untuk build quality nya sendiri sangat memuaskan! Didalam keyboard ini tertanam plat besi yang akan meredam hentakan jemari Anda, dan semakin memperkokoh konstruksinya. Jadi jangan ragu-ragu untuk menyiksa keyboard ini dengan jemari Anda.

Fitur

Lupakan fungsi makro, lupakan software driver dan lupakan terangnya lampu disko yang biasanya terdapat pada beberapa gaming keyboard lain, karena CM Storm Quick Fire Rapid benar-benar hadir dengan tampilan basic.

Tetapi basic bukan berarti tanpa fitur, masih terdapat beberapa fitur yang cukup membantu Anda dalam bermain game, seperti:

-      Game Mode yang akan mematikan fungsi tombol windows

-      Keycaps dengan laser marked, sehingga mark hurufnya tidak cepat terkikis.

-      Anti ghosting dan NKRO apabila menggunakan mode PS/2

-      Shortcut tombol multimedia

-      Kabel yang dapat dilepas

-      Desain tenkeyless

Ujicoba

Karena tidak memiliki driver apapun, penginstalan CM Storm Quick Fire Rapid ke sistem Anda pun sangat mudah. Begitu tersambung ke sistem PC, secara teknis gaming keyboard ini sudah dapat menjadi senjata pemusnah di game yang sedang Anda mainkan.

Untuk dapat memaksimalkan fungsi keyboard ini, disarankan menggunakan adapter USB to PS/2 yang sudah terpaket langsung dalam paket penjualannya. Karena dengan menggunakan PS/2, fitur NKRO di keyboard ini akan aktif, yang mana fitur ini memungkinkan Anda menekan keseluruhan tombol yang ada didalam keyboard ini tanpa ada satu tombol pun yang tidak ter-eksekusi.

Desain tenkeyless nya sendiri memberikan beberapa manfaat. Berikut beberapa keuntungan memiliki keyboard tenkeyless:

-      Karena tidak memiliki numpad maka ukurannya akan dipangkas dan menjadi pendek, otomatis semakin mudah untuk dibawa-bawa bagi para gamers yang mobile.

-      Bagi para pengetik cepat, jarak antara area mouse dan area ketik akan menjadi singkat, jadi perpindahan tangan dari memegang mouse dan mengetik tidak membutuhkan jarak yang jauh.

-      Untuk para penggemar game dengan genre FPS, posisi tangan kiri yang mengontrol keyboard dan posisi tangan kanan yang mengontrol mouse tidak terlalu jauh, jadi gamer akan mendapatkan posisi ergonomis yang tidak cepat membuat tangan dan bahu pegal.

Tentunya dengan hilangnya numeric pad, ada juga kelemahannya. Seperti bagi Anda yang sering menggunakan numeric pad untuk menghitung, tapi untuk di dunia gaming hal ini tidak terlalu berpengaruh, kecuali bagi para pengguna trainer yang ingin mengaktifkan cheat :p

Karena menggunakan switch Cherry MX Black Switch dengan karakter linear, yang mana ketika tombolnya ditekan Anda tidak akan merasakan adanya tactile dan bumpy feel. Untuk dapat mengaktifkan tombolnya yang sempurna, dibutuhkan tenaga seberat 60gr, sehingga switch Cherry MX Black ini disebut sebagai “Manly Switch" atau switch untuk pria karena bobotnya tadi.

Kesimpulan

Walaupun hadir tanpa driver, tanpa fungsi canggih bak cockpit pesawat luar angkasa, dan tanpa lampu disko, CM Storm Quick Fire Rapid tetap menampilkan performa yang sangat baik.

Bagi Anda yang menyukai desain yang minimalis dan penggemar game yang tidak membutuhkan banyak kombinasi makro seperti FPS, CM Storm Quick Fire Rapid dapat menjadi sobat Anda, atau bagi yang tidak memiliki banyak spasi di meja kerja di rumah atau dikantor. CM Storm Quick Fire Rapid memberikan fungsi lebih dari sekedar gaming keyboard. (Fajrie)

 

 


Link to Product(s):
CM STORM Quick Fire Rapid [SGK-4000-GKCC1]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us