20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Elephant Astra, Bagus itu Tidak Mahal

Posted: 10 Feb 2012 09:12:19
 

Dominasi peripheral gaming sejauh ini didominasi oleh pabrikan asal Amerika, Eropa dan Taiwan. Tetapi bagaimana dengan Jepang yang sempat menjadi kiblat gaming dunia beberapa waktu lalu? Sedikit bercerita, Jepang memang sepertinya jarang sekali menciptakan peripheral komputer, entah karena dominasi Taiwan atau memang tidak tertarik untuk bergerak di bidang itu.

Tetapi yang perlu diketahui, sekalinya Jepang menciptakan sebuah produk peripheral komputer, hasilnya akan menjadi sebuah produk yang luar biasa, sebut saja produk besutan Diatec dan Topre yang menjadi salah satu pabrikan kelas premium. Tetapi kualitas yang luar biasa tadi tidak hanya untuk produk kelas premium saja, tetapi untuk kelas middle-end sekalipun.

Kali ini sebuah pabrikan peripheral komputer kelas middle-end bernama Elephant seakan berusaha menunjukan kualitasnya melalui trio gaming mouse andalannya, yaitu Leviathan, Astra dan Dragunov. Dan kali ini Bhinneka Post mendapatkan kesempatan untuk mencoba salah satu gaming mouse tersebut, yaitu Elephant Astra.

Elephant Astra dibanderol dengan harga yang sangat ramah untuk kelas gaming mouse laser, yaitu sekitar 140ribuan. Memiliki bentuk yang sangat ergonomis, dari ukurannya yang cukup mungil. Desain yang ditawarkan cukup menarik, berbentuk sekilas seperti sebuah mouse dengan harga di atas 300 ribu. Terdapat dua buah tombol tambahan pada masing-masing sisinya, pada sisi kiri terdapat tombol yang dapat Anda atur fungsinya menggunakan software tambahan dan pada sisi kanan untuk merubah dpi. Pada bagian bawah mouse ini terdapat sensor laser dengan lampu LED berwarna biru.

Salah satu hal yang cukup menarik perhatian adalah warna kabelnya yang cukup unik, yaitu ungu dengan bentuk kepala USB yang tidak kalah uniknya. Tetapi sayangnya berbeda dengan beberapa mouse gaming lain, Elephant Astra belum menggunakan braided cable dan gold plated USB.

Untuk harga dibawah 150 ribu, Elephant Astra memiliki build-quality yang sangat baik. Hanya terdapat sedikit bekas cetakan pada bagian belakang bawah mouse ini, tetapi tidak mengganggu kinerja dari gaming mouse ini.

Elephant sepertinya tahu benar bagaimana menarik para gamers untuk melirik produk besutannya. Siapa yang tidak menyukai bonus? Semua orang suka bonus, termasuk gamers tentunya. Dan Elephant memberikan bonus mousepad tekstil yang cukup menarik dalam setiap paket pembeliannya.

Ketika mencengkeram gaming mouse ini, Anda akan merasakan kesan keset, karena mouse ini berbalut semacam karet tipis pada keseluruhan body-nya. Jadi bagi si tangan becek, jangan khawatir akan kehilangan grip, dan permukaan mouse ini tidak akan menjadi galeri sidik jari Anda.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari Elephant Astra adalah desain dan dimensinya yang mungil, seakan menganjurkan pemakainya untuk menggunakan claw grip ketika menggenggamnya. Tetapi bukan berarti tidak cocok bagi yang menggunakan palm grip, hanya saja akurasi akan sedikit dikorbankan ketika menggunakannya dengan metode palm grip.

Pengujian performa menggunakan dua buah aktifitas yang paling sering dilakukan ketika di depan PC, yaitu browsing dan gaming. Untuk browsing, sebenarnya tidak ada masalah dalam pemakaiannya. Hanya saja anehnya, pada dua tombol ibu jari pada sisi kiri mouse ini, tombol belakang untuk forward dan tombol depan untuk back, berkebalikan dengan mouse pada umumnya.

Pada habitatnya, yaitu untuk bermain video game, Elephant Astra di ujicoba menggunakan game dengan genre FPS. Lagi-lagi bagi si claw gripper, mouse ini dapat menjadi sarana paling tepat untuk menghukum lawan Anda. 4 buah pengatur dpinya juga sangat membantu dan pengaturan dpi dapat dilakukan dengan menekan tombol pada sisi kanan. Perubahan dpi menggunakan konfigurasi rotasi, artinya tombol dpi manapun yang ditekan, hanya dapat menaikan dpi dan apabila sudah mencapai puncak dan menekannya kembali, maka akan kembali pada dpi paling kecil (800dpi -> 1600dpi -> 2400dpi -> 3200dpi -> 800dpi).

Sayangnya, tombol untuk merubah dpi pada Elephant Astra terletak pada sisi kanan dan posisinya yang sulit dijangkau dengan jari. Anda tidak akan menemukan indikator apapun untuk mengetahui dpi yang sedang digunakan, dan hanya dapat mengira-ngira dengan melihat kecepatan pergerakan kursor mouse pada layar.

Bagi yang senang melakukan kustomisasi fungsi pada tombol mouse, Anda tidak akan mendapatkan software driver dalam kemasannya, tetapi sebagai gantinya Elephant menganjurkan untuk mengunduh software gratis dari pihak ketiga bernama X-Mouse, yang memiliki tampilan yang cukup user friendly.

Mousepad bawaan dari mouse ini memang bukan fitur utama, tetapi tidak ada salahnya untuk ikut direview. Mousepad tekstil dari elephant ini menggunakan bahan dari kain licin yang mengkilap seperti semacam nilon tapi memiliki serat yang cukup jelas terlihat, dan memiliki dimensi yang tidak biasa, yaitu 19.5 x 24 cm termasuk dalam ukuran sedang. Bahannya yang licin sangat memudahkan Anda untuk bernavigasi, karena minim friksi maka akan dengan sangat mudah menggerakan mouse dan yang pasti akan menghemat mousefeet.

Ternyata seperti biasanya, memang pabrikan asal Jepang cukup memperhatikan detail dan build quality dari produk besutannya, walaupun produk tersebut ditujukan untuk kelas middle-end. Selain build quality dan harga, ternyata performa dari mouse ini juga cukup memuaskan terlepas dari fungsi tombol back/forward yang terbalik dan tombol pengganti dpi nya yang sulit dijangkau. Mousepad nya pun sangat menyenangkan dan nyaman untuk digunakan walaupun barang bonus.

Jadi, bagi Anda para softcore gamers yang menginginkan pengalaman bermain game yang nyaman dan menyenangkan. Elephant Astra dapat menjadi teman baik Anda menjelajahi setiap level dari game yang Anda mainkan, apalagi bagi yang terbiasa menggunakan claw-grip, gaming mouse ini akan menjadi senjata yang mematikan. (fajrie)


Link to Product(s):
ELEPHANT Gaming Mouse Astra
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us