20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Epson Perfection V350 Photo

Posted: 05 Jun 2007 16:57:28
 

 

Epson Perfection V350 Photo merupakan scanner yang bisa menjadi pilihan Anda untuk penggunaan di rumah. Anda bisa melakukan scanning semua dokumen yang Anda miliki dengan scanner ini, bahkan untuk scanning foto/film sudah dapat dilakukan. Untuk kepraktisan dalam penggunannya Anda tidak akan direpotkan dengan banyaknya tombol-tombol, karena hanya terdapat One-touch button untuk copy dan print, juga untuk keperluan meng-attach hasil scanning Anda kedalam e-mail. Jika memperhatikan namanya, tentu kita semua tahu, V350 memang lebih diperuntukkan bagi mereka yang gemar scanning foto, baik dari hasil cetak maupun dari slides 35mm.

 

Dari segi fisik, letak penutup scanner, konektor power dan kabel untuk USB di desain sedemikian rupa untuk penggunaan dalam posisi landscape, tetapi tombol-tombol yang ada diletakkan pada posisi untuk penggunaan portrait. Penutup scanner menyatu pada sepanjang badannya dengan tombol-tombol terdapat pada posisi depan sebelah kanan, dimana info label pada tombol dan nama scanner akan dapat terlihat dan terbaca dengan baik. Begitu pula dengan tombol power dan konektor USB-nya terdepan di sebelah kanan. Sayangnya hal ini akan membuat letak kabel power pada scanner ini akan sedikit mengganggu Anda. Sedangkan bila Anda meletakkan scanner ini pada posisi sebaliknya, maka letak tombol power dan konektor USB-nya akan berada di belakang. Dengan posisi ini Anda tidak akan di repotkan dengan kabel power yang ada. Tapi, Ada akan sedikit kesulitan dalam pembacaan dari tombol-tombol yang ada juga agak jauh untuk di jangkau, terlebih bila Anda yang kidal. Peletakan dokomen akan memanjang  kesamping dan terbaca dari bawah ke atas. Sebagai tambahan, pada saat Anda meng-scan, peletakan dokumen & foto berada pada sisi atas menghadap kekanan, bukan ke atas.

 

Melakukan setting pada V350 sangat mudah. Anda tinggal meng-install software yang ada dan menghubungkan V350 dengan PC. Epson telah menyertakan berbagai driver yang dapat memudahkan Anda untuk pemakaian scanner ini, seperti ‘Arcsoft PhotoImpression 5’ yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto, ‘FineReader’ untuk mengenali karakter teks pada dokumen Anda, dan juga ‘TWAIN & WIA’ yang berguna bagi Anda untuk menggunakan fitur program scan yang ada. Sebagai alternatif, Anda dapat menekan salah satu tombol pada scanner untuk memulai proses scanning dengan meggunakan fitur pada TWAIN secara langsung.

 

Driver untuk V350 menawarkan 3 mode yang berbeda. Mode ‘Default’ adalah “Fully Automatic” seperi point & shoot pada kamera, dimana semua pengaturan dilakukan secara virtual. Anda juga bisa mengatur secara manual dengan memilih ‘Home Mode’, dimana beberapa pengaturan seperti brightness pada hasil scan yang telah Anda preview dapat Anda atur. Tetapi jika Anda ingin men-setting secara penuh semua pengaturan yang ada, Anda dapat memakai “Profesional mode”. Semua pengaturan seperti color balance, saturation dan lain sebagainya, dapat dilakukan.  Semua mode yang ada sudah didukung untuk pilihan software dust removal dan untuk memperbaiki warna pada foto yang agak pudar. Dimana kedua software tersebut sangat bermanfaat untuk hasil yang lebih baik.

 

Hasil test yang telah dilakukan, V350 memang lebih ditujukan untuk scanning foto/gambar. Semua hasil scan dari V350 cukup memuaskan dan dapat langsung dicetak atau digunakan sebagai snapshot. Skin tones yang di hasilkan terlihat lebih halus dibanding merk lain seperti HP Scanjet G3010 Photo Scanner.

 

Seperti pada scanner pada umumnya, dengan resolusi optis 4800ppi (pixel per inch), transparency adaptor dan sebuah 35mm film autoloader, V350 memang sangat baik untuk scanning slides 35mm dan lembaran film. Namun demikian, ada beberapa kekurangan minor pada V350. Untuk scanning slides dibatasi hanya sampai 2 slides saja pada saat yang bersamaan. Hal ini bisa jadi akan memperlambat kerja Anda pada saat melakukan scanning slides yang berjumlah banyak. Begitu pula dengan pemakaian autoloader untuk lembaran film yang tidak begitu banyak membantu karena terkadang menimbulkan pause yang cukup lama pada prosesnya. Tapi itu semua tergantikan dengan kualitas hasil scanning yang setara kualitas foto dan memenuhi syarat untuk dicetak.

 

Kecepatan scanning yang dimiliki V350 bisa dikatakan bukan yang tercepat. Dibutuhkan waktu sekitar 35 hingga 46 detik untuk proses scanning 4-6 foto dengan resolusi 300ppi dan 400ppi. Untuk slides scan dengan resolusi 2400 ppi, membutuhkan 50 detik - 1 menit untuk prescans dan butuh 1:21 menit - 1:26 menit hanya untuk satu slides. Sedangkan untuk scanning film dengan autoloader, membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama lagi.

 

Untuk fitur ADF (Automatic Document Feeder) pada V350 belum tersedia yang membuat kemampuan OCR (Optical Character Recognition) tidak bisa di gunakan pada scanner ini. Walaupun demikian, tingkat akurasi dari pengenalan karakter (character recognition) mempunyai tingkat akurasi yang cukup tinggi yang sanggup membaca teks sampai huruf dengan font Arial seukuran 6 poin.

 

Jadi, bagi Anda yang lebih sering menggunakan sebuah scanner untuk scanning foto, gambar dan slide ketimbang dokumen, Epson Perfection V350 Photo adalah scanner yang tepat bagi Anda. (doni)

 


Link to Product(s):
EPSON Perfection V350 Photo
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post PC Magazine http://www.pcmag.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us