20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Lenovo ThinkPad Edge, Simpel-Tipis-Modis

Posted: 31 Aug 2010 11:40:48
 

Mungkin yang ada di benak kita saat mendengar kata ThinkPad sebelumnya adalah laptop hitam, kuat dan menjadi sahabat setia orang-orang kantoran. Namun beberapa kalangan menganggap harga laptop Lenovo yang sudah dicap kokoh dan sedikit kaku tersebut masih dirasa mahal. Seolah hendak menepis hal itu, Lenovo kini mengeluarkan desain baru bagi keluarga ThinkPad dan dengan harga lebih bersahabat. Selain harganya murah, desain ThinkPad Edge kini nampak sedikit modis, dengan ketipisan yang bahkan hampir sama dengan sebuah MacBook Pro, beda pun hanya sekitar 2-3mm.  

Lenovo mengatakan bahwa laptop tipis ini dirasa cocok bagi kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Pasalnya pelaku UKM biasanya membutuhkan laptop yang kokoh, profesional, memiliki daya tahan baterai dan performa tinggi, serta berharga sesuai anggaran. Nah, Lenovo menjawabnya dengan laptop tipis seharga di bawah Rp. 8 juta ini.

Desain Tipis Dan Lebih Simpel

Ringan. Itu adalah kata pertama yang terucap di benak saya saat membuka laptop ini dari kardus nya. Dengan bobot hanya sekitar 1kg (ditambah baterai 6-cell), Thinkpad Edge ini sangat mudah untuk dijinjing. Saat dimasukkan dalam tas punggung pun, pundak tidak terasa sakit karena beban nya begitu ringan.

Seri pertama ThinkPad Edge ini memiliki ukuran layar 13,3 inch. Bagian depan dari Edge ini tampak simpel, titik pada huruf 'i' pada logo ThinkPad di sisi kanan atas menyala. Dengan tepian berwarna perak, cover hitam, serta led merah menyala, ThinkPad Edge ini terkesan simpel dan elegan.

Berbicara masalah Edge, ThinkPad baru ini kini tak lagi memiliki desain sudut yang lancip. Sebagai gantinya tepian berwarna perak melengkapi body laptop ini.

Nah, salah satu yang paling menarik dari ThinkPad Edge ini adalah keyboardnya yang terkesan lebih rapi jika dibanding seri ThinkPad klasik. Tidak ada tombol shortcut terpisah dari keyboard, kecuali tombol power. Untuk perlindungan prima, Lenovo memiliki fitur keyboard anti-tumpahan dan teknologi ThinkVantage, seperti Active Protection System serta Rescue and Recovery. Alhasil image laptop kokoh dan kuat masih melekat dalam tubuh ThinkPad Edge ini.

Layaknya laptop seri ThinkPad yang lain, ThinkPad Edge juga dibekali dengan berbagai software andalan ThinkPad. Beberapa software yang berguna adalah ThinkPad Power Manager untuk mengatur penggunaan energi dan perawatan baterai anda serta ThinkVantage Active Protection System yang dapat melindungi harddisk dari goncangan mendadak dengan cara menghentikan sejenak putaran harddisk.

Tombol Function (Fn) 'Terbalik'

Sepertinya pada seri ThinkPad Edge ini, Lenovo lebih menonjolkan sisi tombol function (Fn) dari pada deretan tombol F1, F2, F3 dsb. Sebagai contoh: Jika sebelumnya pengguna harus menekan (Fn+F3) untuk membesarkan volume, kini pengguna cukup menekan F3 saja (tanpa Fn). Dengan fungsi 'terbalik' tersebut, bukankah rasanya lebih nyaman? Apalagi ditambah dengan keempukkan keyboard khas ThinkPad.

Berbicara soal kenyamanan, jika diperhatikan desain keyboard Edge tak lagi menambahkan angka numerik pada U, I, O, J, K, L dan M. Itulah mengapa keyboard ThinkPad Edge menjadi lebih rapi, dengan tidak meninggalkan ciri desain ThinkPad klasik.

ThinkPad Edge masih dilengkapi tiga buah port USB. Bedanya, kini ada sebuah port dengan power USB. Hal ini memudahkan pemilik gadget seperti iPod, untuk me-recharge piranti mereka pada laptop tipis ini. Selain itu masih ada juga port VGA, HDMI, card reader, serta jack audio.

Performa Thinkpad Edge

Pada dasarnya ThinkPad Edge adalah laptop bagi kebutuhan kerja dibanding hiburan.
Dengan grafis internal dari ATI Radeon, ThinkPad Edge ini mampu memutar video streaming pada YouTube. Selain itu untuk keperluan grafis ringan macam Corel atau Adobe Photosop dengan resolusi wajar laptop ini cukup bisa diandalkan.

Dengan baterai bawaan sebesar 6-cell, Lenovo mengklaim produk ini bisa tahan sekitar 8 jam. Namun dari hasil uji yang dilakukan, ThinkPad Edge hanya mampu bertahan sekitar 6,5 jam saja.

Saat pengujian, saya mencobanya dengan browsing menggunakan Firefox secara auto refreshing per-30 detik, brightness dengan kondisi default, bluetooth kondisi mati, serta eksternal harddisk Western Digital yang terus menancap hingga baterai habis.

Dengan design yang kokoh, kuat, bertenaga, ringan, serta mobilitas yang tinggi, ThinkPad Edge adalah laptop wajib untuk para eksekutif yang menginginkan semua hal tersebut, dan tidak ditawarkan oleh merk lainnya. (Michael, delitex128@yahoo.com – pengujung setia Bhinneka.com)


Link to Product(s):
LENOVO ThinkPad Edge 13 39A - Black
Beli
LENOVO ThinkPad Edge 13 3AA - Matte Black
Beli
LENOVO ThinkPad Edge 13 3BA - Red
Beli
LENOVO ThinkPad Edge 13 3RA - Red
Beli
LENOVO ThinkPad Edge 13 RY6 - Matte Black
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us