20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

LENOVO ThinkPad T400s RZ8

Posted: 28 Jul 2010 09:34:53
 

Sebelum saya menggunakan langsung seri thinkpad, saya selalu mengira all laptops are created equal, dalam artian buat apa cari laptop ber merek, harga tidak mahal toh isinya sama-sama saja. My rule of the game WAS: cari laptop dengan spesifikasi kurang lebih sama dengan harga termurah dan tidak perlu lihat merek nya. But now, not anymore.

Kebetulan kira-kira tahun 2008, perusahaan tempat saya bekerja menyediakan fasilitas penggunaan laptop untuk menunjang pekerjaan saya sehari-hari, dan lucky me, saya diperbolehkan memilih sendiri laptop apa yang akan saya jadikan pasangan kerja.

Tertarik dengan model klasik hitam pekat kotak abis yang dipergunakan oleh perusahaan teman saya bekerja, Thinkpad T series ( lupa saya apa tipe persis laptop teman saya itu ), saya berpikir, ok lah, kenapa tidak saya coba seri thinkpad lenovo yang "katanya" sangat digemari mobile warrior dan banyak menjadi standar laptop perusahaan-perusahaan besar. Pengen tahu saya apa sih bedanya thinkpad dengan laptop-laptop lain yang pernah saya gunakan sampai saat itu.

Singkat cerita, saya coba 2 tahun lalu dengan memilih thinkpad R61A.

Ternyata memang beda lho durability laptop ini dengan laptop-laptop lain. Laptop thinkpad itu memang adem, jauh dengan laptop-laptop lain yang pernah saya gunakan, bener-bener adem, di bagian keyboard sama sekali saya tidak merasakan adanya hawa hangat, apalagi panas. Padahal laptop ini hidup dari jam 7 pagi sampai paling tidak jam 9 malem tiap hari nya. 14 hours of working time and this thinkpad never gets hot, literally.

Selain tingkat kedinginan tersebut, yang saya paling suka dari seri thinkpad adalah keyboard nya yang menurut saya sangat enak untuk pengetikan, tactile feel nya sangat pas, dan tingkat kedalaman tuts keyboard nya pas, tidak kurang tidak lebih. Jika pernah menggunakan keyboard dari thinkpad, rasanya jadi aneh kalo menggunakan laptop lain. Fitur lain yang sangat saya gunakan sehari-hari adalah trackpoint merah ciri khas thinkpad. Bagi saya, trackpoint ini menjadi sesuatu yang saat ini saya cari tiap kali menggunakan laptop, jadi jika saya pindah laptop, entah mengapa, jari saya otomatis mencari pentil merah di tengah-tengah keyboard, jadi kebiasaan, tapi memang buat saya, trackpoint lebih cocok ketimbang trackpad, lebih akurat dan lebih ada feedback.

Dua tahun berlalu semenjak saya pertama kali mencoba thinkpad seri R, tahun ini saya kembali mendapat fasilitas laptop baru dan sekali lagi, saya boleh memilih laptop yang akan saya gunakan, tidak lain tidak jauh sudah pasti saya pilih thinkpad (lagi), tapi kali ini saya pilih seri T.

Temperatur laptop tetap sama seperti seri R, tidak perlu diragukan lagi. Keyboard tetap enak, dan tentunya tetap ada trackpoint !! Selain fitur-fitur yang sudah tidak dapat saya lepaskan lagi tersebut, seri T yang saya gunakan kali ini dilengkapi beberapa fitur tambahan:
1. Fingerprint (dengan thinkvantage password managernya), sangat memudahkan saya dalam menyimpan password-password. Fitur ini tidak ada di seri R saya sebelumnya.
2. Batere lebih besar, keuntungannya sudah pasti, standby time lebih besar, kira-kira dengan penggunaan wifi dan tingkat brightness monitor setengah, saya bisa memperoleh 3 hingga 4 jam. Jeleknya, batere nya jadi nongol dari body.
3. Prosessor lebih baru dengan core2duo, lebih responsif dibandingkan prosessor dual core di seri R sebelumnya.

4. Webcam, tidak terlalu terpakai untuk saya, tetapi tetap menjadi nilai tambah, membantu pada saat harus online conference.
5. Windows 7, OS terbaru windows bisa jalan lengkap dan lancar dengan Aero Desktop nya.

6. Body lebih ramping dibandingkan seri R

Beberapa kelemahan dari thinkpad seri T yang saya gunakan:
1. Contrast ratio layar rendah. Saya tidak tahu berapa angka spesifikasi contrast rasio layar thinkpad seri T ini tapi dari pengalaman sehari-hari, kita harus berada di sweet spot untuk memperoleh tampilan terbaik. Hal ini juga tidak tertolong oleh layar glossy dimana sedikit menyulitkan apabila menggunakannya laptop ini di bawah terik matahari. Thinkpad seri R lama saya menggunakan layar non-glossy, saya lebih cocok dengan layar non-glossy.

2. Onboard graphic lemah, meski Windows 7 Aero bisa berjalan lancar di laptop ini, tetap ganjalan utama dari laptop ini adalah lemahnya onboard graphic Intel untuk menjalankan aplikasi-aplikasi 3D tetapi memang saya lihat seri thinkpad tidak didesain untuk memainkan game melainkan untuk kerja. Sayapun tidak terlalu pusing dengan performa grafik thinkpad seri T ini.

Sekian review saya mengenai thinkpad seri T yang saya pilih menjadi rekan kerja harian. Yang pasti, semenjak saya mengenal thinkpad, saya jatuh cinta dengan laptop ini, baik seri R yang masih saya gunakan sesekali sampai dengan seri T yang saya gunakan daily.

Meski banyak rekan kerja saya yang memilih laptop full multimedia merek lain, yang lengkap dengan bling-blingnya, saya tetap cinta dengan lenovo thinkpad ( khususnya seri T ini ), it's not as loaded as those rivals but it's damn sturdy and gets the job done!

Memang cocok slogan Corporate Workhorse menyertai lenovo seri thinkpad, benar-benar tangguh. (Dhany Permana – Pengunjung setia Bhinneka.com)


Link to Product(s):
LENOVO ThinkPad T400s RZ8
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us