20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

LG Flatron L1960TR

Posted: 24 Sep 2007 09:30:38
 

 

Kali ini LG memperkenalkan LCD dengan kontras tinggi yang dimilikinya dengan tipe Flatron L1960TR atau dikenal dengan Black Jewel. Pada LCD lainnya biasanya hanya mampu menghasilkan kontras rasio 700:1, tapi L1960TR mampu menghasilkan kontras ratio hingga 3000:1! Bagi Anda penggila film dan game, akan ada kepuasaan tersendiri pada saat menonton film-fim kesukaan Anda dan memainkan game-game favorit Anda pada LG L1960TR.

 

Kelebihan

Untuk tipe ini, LG mendesainnya dengan bodi LCD yang tidak seperti LCD pada umumnya. Flatron L1960TR didesain dengan bodi futuristik yang sangat menarik dan enak dipandang. Memiliki tombol power dengan teknologi touch sensitive dengan LED berbentuk huruf V, dijamin akan membuat Anda kagum. Lekukan pada bodi belakang LCD ini terlihat seperti anak panah (arrow-shaped), diperkuat dengan penyangga berbentuk bulat yang dibalut dengan warna hitam mengkilap yang sangat elegan.

 

Sedangkan untuk permukaan LCD lainnya yang mengelilingi layar dan bagian belakangnya dibalut dengan warna hitam pekat tidak mengkilap. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya bercak/bekas tangan pada saat memegang permukaan LCD ini.

 

Removable panel atau panel yang dapat Anda buka dan pasang kembali terdapat di belakang bagian bawah LCD ini. Panel ini dibuat agar kabel power dan video tidak terlihat berantakan. Ada juga pengait untuk port D-Sub dan Analog.

 

Kualitas gambar yang ditampilkan L1960TR juga luar biasa. Setelah dicoba dengan menonton beberapa film, hasil warna dan tampilan yang di hasilkan sangat baik. Walaupun pada scene yang gelap, pancaran cahaya (light tone) dan reproduksi warna (color reproduction) yang dihasilkan LCD ini sangat memanjakan mata Anda dan akan menambah kepuasan menonton.

 

Hasil tampilan pada layar Flatron L1960TR yang memukau mata tersebut berkat adanya teknologi DFC atau Digital Fine Contrast. Dengan menerapkan teknologi ini pengaturan level kontras dapat disesuaikan secara otomatis dengan gambar yang sedang ditampilkan. Pengaturan tingkat kecerahan secara manual juga masih dapat Anda lakukan atau Anda bisa memilih pre-set dari video mode yang sudah tersedia.

 

Untuk perbandingan antara tampilan dengan mode pengaturan yang satu dengan lainnya, dapat Anda lakukan secara bersamaan dengan split screen atau tampilan setengah layar. Dengan cara ini Anda dapat memilih tampilan dengan pengaturan yang menurut Anda paling baik.

 

Memiliki response time 2ms membuat L1960TR dapat disejajarkan dengan LCD hi-end lainnya. Dengan response time sebesar itu, kecenderungan munculnya efek blur pada saat menampilkan gambar bergerak baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah dapat diatasi dan diminimalisasikan dengan baik.


Ports yang ada pada Flatron L1960TR adalah D-Sub dan DVI yang bisa memberi Anda kebebasan untuk memilih mana yang terbaik untuk digunakan pada PC Anda. Untuk port DVI-nya mempunyai fungsi HDCP-enabled. Dengan fungsi ini Anda dapat memutar film High Definition yang copy-protected dengan syarat kartu grafis yang Anda miliki juga mempunyai fungsi HDCP-enabled.

 

Kelemahan

Yang cukup disayangkan dari L1960TR adalah LCD ini bukanlah LCD dengan aspek rasio layar lebar. Berresolusi SXGA 1.280 x 1.024 dengan aspek rasio 5:4. Biasanya untuk kepuasan menonton film di butuhkan aspek rasio layar lebar yaitu 16:9.  

 

Kontras rasio tinggi yang dimiliki LCD ini terkadang membuat warna hitam terlihat sedikit lebih hitam dan warna putih terlihat sedikit lebih putih. Terkadang juga, biarpun tidak terlalu tinggi, terdapat detail yang hilang dari suatu gambar yang dihasilkan. Warna yang hampir terang atau putih dipancarkan menjadi terlalu terang atau terlalu putih. Tetapi untuk warna gelap atau hitam masih dapat ditangkap dan dipancarkan dengan baik oleh Flatron L1960TR.

 

Walaupun LG sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat Black Jewel ini mempunyai tampilan fisik yang gaya, sayangnya masih terdapat sedikit desain yang mungkin akan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Seperti tombol OSD (On-Screen Display) yang berada disamping kanan yang membuat Anda harus sedikit beranjak dari tempat duduk dan melihat ke arah tombol-tombol itu secara langsung pada saat akan menggunakannya. Keterangan fungsi pada tombol-tombolnya pun meskipun dibuat agak menunjol tetapi masih terasa agak masuk kedalam sehingga agak sulit pada saat membaca fungsi pada tombol-tombol tersebut.

 

Kesimpulan

Walaupun ‘hanya’ memiliki aspek rasio 5:4 dan terkadang kehilangan detail (yang dapat diabaikan) pada suatu tingkat pencahayaan tertentu, Black Jewel masih tetap merupakan sebuah LCD yang cukup baik sebagai pilihan. Dari desain elegan yang dimilikinya juga kontras rasio dan response time yang tinggi akan menghasikan kepuasan pada mata Anda. LG Flatron L1960TR ini tetap dapat Anda jadikan sebagai pilihan pertama Anda pada saat Anda membutuhkan LCD berkualitas. (doni)


Link to Product(s):
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post CNet http://www.cnet.co.uk

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us