20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Microsoft Office 2007

Posted: 24 Jan 2008 17:30:15
 

 

Kelebihan

§         Fitur lebih mudah dieksplorasi dibanding edisi sebelumnya

§         Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing

§         Formula pada Excel lebih mudah direferensikan

§         Presentasi dengan PowerPoint kini lebih atraktif

§         Outlook menambahkan fitur ‘Task and Time Management’

§         Perbaikan integrasi antar aplikasi dalam Office 2007

§         Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil

§         File yang korup kini lebih mudah diselamatkan

 

Kekurangan

§         Perubahan desain yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa

§         Antarmuka baru yang dihadirkan tidak selalu intuitif

§         Tab kontekstual dan style gallery agak mengganggu

§         Pengguna Office edisi sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membukan file Office 2007

§         Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya

 

Secara Garis Besar

Jika Anda adalah orang yang mementingkan style, tampilan yang indah dan fitur yang paling mutakhir, Microsoft Office 2007 layak dicoba. Tetapi jika Anda tidak siap dengan perubahan yang cukup drastis, tidak punya cukup waktu untuk belajar dan membiasakan diri dengan fitur dan tata letak antarmuka yang baru dan tergolong orang yang tidak sabaran sementara selama ini menggunakan Office 2000 atau 2003 sudah cukup bagi Anda, tampaknya Anda tidak perlu terburu-buru untuk upgrade ke Office 2007.

--

Microsoft Office Standard 2007 yang dibangun dengan sangat ambisius menyajikan perbedaan antarmuka yang sangat drastis dibanding edisi sebelumnya. Format file baru yang dihasilkan juga terasa agak canggung bagi yang belum terbiasa. Penampilan Office 2007 ini tampak begitu tidak mirip dengan pendahulunya. Karena hal itu juga Office 2007 termasuk aplikasi yang paling banyak menuai pro dan kontra diantara pengguna dan calon penggunanya. Upgrade ini tampaknya tidak ditujukan bagi semua kalangan pengguna. Jika Anda adalah seseorang yang sabar, senang mencoba hal-hal baru dan tidak ada kesulitan menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, Anda yang tidak enggan belajar mengenal Office lagi dari awal dan bertekad membiasakan diri, maka Office 2007 akan menjadi aplikasi yang sangat menantang dan menyenangkan bagi Anda.

Aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint 2007 menghasilkan dokumen dan presentasi dengan tampilan yang lebih cantik. Sementara Outlook 2007 menyajikan fitur Scheduling yang lebih praktis dan kompak yang menjadikannya sebagai penghubung komunikasi yang lebih handy bagi profesional yang sibuk dan menginginkan segala hal lebih praktis. Anda yang selama ini berangan-angan membuat relasi bisnis atau tim kerja Anda terkesan dengan penyajian laporan, bagan, dan slideshow yang lebih menarik pada akhirnya akan mendapatkan harga yang telah Anda bayar untuk upgrade ke Office 2007 cukup sepadan. Namun demikian, pengguna baru yang mengenal Office justru pada edisi 2007 akan lebih mudah menikmati dan menguasai kecanggihan Office 2007 dibanding pengguna lama yang sudah terbiasa dengan edisi sebelumnya. Mirip seperti yang kita alami pada saat sistem operasi Windows 3.1 beralih ke Windows 95.

Office 2007 menawarkan fitur yang komplek dan mungkin tidak akan Anda temukan pada aplikasi sejenis lain. Tetapi integrasi antar aplikasi masih dirasa kurang menyeluruh. Tidak ada satu tombol yang dapat secara otomatis untuk mengkolaborasikan dengan aplikasi lain pada saat editing. Hal itu hanya dapat dilakukan bila bekerja dalam lingkungan server atau dengan membeli tool Microsoft Groove Online Collaboration. Hadirnya Office 2007 dibarengi dengan serangkaian kemampuan yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Tetapi agak disayangkan, meskipun Office 2007 menghadirkan Windows Live dan layanan Office Live, Microsoft tidak memberikan jembatan ke web untuk seluruh pengguna Office 2007.

 

Edisi-edisi Office

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Microsoft Office Standard 2007 hadir dalam retail lengkap maupun upgrade. Termasuk didalamnya aplikasi Word, PowerPoint, Excel dan Outlook juga Office Tools yang berfungsi mengelola pengaturan bahasa dan gambar. Selain itu, termasuk juga didalamnya adalah alat diagnosa yang akan berguna pada saat terjadi crash. Pengguna rumahan yang tidak membutuhkan e-mail desktop dapat memilih versi Office Home & Student yang tidak menyediakan versi upgrade. Produk setara dengan Office Home & Student adalah Office Student & Teacher 2003 yang hadir dengan OneNote namun tetap tanpa Outlook.

Paket Basic, hadir dengan Word, Excel dan Outlook hanya tersedia dalam versi pre-install (OEM) yang menyatu dengan komputer baru dari manufaktur dengan lisensi dari Microsoft. Sementara Microsoft Office Small Business 2007 dibandrol lebih rendah sekitar $50 dari edisi Professional yang menyertakan aplikasi Access. Hanya edisi Enterprise dan Ultimate yang menyertakan Groove Tool baru. Namun agak janggal, kedua edisi paling canggih ini justru terasa kekurangan komponen Business Contact Manager pada Outlook yang mungkin dibutuhkan pengguna korporat untuk mendukung aktivitas marketing mereka.

 

Setup

Tanpa konfigurasi lanjut pada proses instalasi yang kami coba, waktu yang dibutuhkan untuk menginstal Microsoft Office Standard 2007 kurang dari 20 menit pada sistem operasi Windows XP. Namun jika Anda mempunyai waktu dan ingin mengikuti seluruh proses instalasi dengan seksama, paling tidak dibutuhkan 40 menit untuk membaca License Agreement saja. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi catatan seputar proses instalasi Office 2007:

§        Anda diijinkan menginstal Office 2007 pada 2 komputer

§       Anda setuju untuk melakukan download kapanpun Microsoft menganggap Anda membutuhkannya dan meminta Anda untuk melakukannya

§       Anda setuju untuk memberikan verifikasi kode lisensi Anda sewaktu-waktu Microsoft memintanya untuk menghindarkan penggunaan Office bajakan

Ketika kami memilih ‘Customize’ selama proses instalasi pada PC lainnya, proses yang berlangsung membutuhkan penggunanya untuk lebih terlibat. Sayangnya pada saat proses instalasi ini, Microsoft tidak memberikan indikasi berapa besar ukuran masing-masing aplikasi yang Anda pilih untuk diinstal pada PC Anda.

Dari seluruh proses instalasi, ‘memasukkan’ Office ke harddisk membutuhkan waktu tambahan sekitar 15 menit. Office Standard 2007 berukuran lebih kecil dari pendahulunya, yaitu sebesar 3GB. Tidak seperti sistem operasi Vista, Microsoft tidak menyaratkan spesifikasi hardware terbaru. Office 2007 dapat berjalan pada Windows XP, Windows Server 2003 maupun Windows Vista. Setidaknya, untuk menggunakan Office 2007 dibutuhkan prosesor berkecepatan 500MHz dan memori sebesar 256MB. Dibutuhkan memori setidaknya sebesar 512MB jika menginstal juga Outlook dengan Business Contact Manager yang terdapat pada edisi Small Business, Professional dan Ultimate.

 

Antarmuka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketika Anda membuka masing-masing aplikasi dalam Office 2007, Anda akan menemukan antarmuka yang berbeda dari sebelumnya. Lebih terang dan kebiruan. Word, Excel dan PowerPoint menampilkan fitur-fiturnya dalam toolbar Ribbon yang menggantikan menu dropdown abu-abu dan dialog box yang telah bertahan selama hampir 25 tahun. Antarmuka memang sesuatu yang terasa paling mencolok pada Office 2007. Anda mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Seperti misalnya pada saat kami mencari tab Picture Tools Format, kami baru sadar setelah beberapa saat bahwa tab tersebut hanya akan muncul pada saat meng-klik sebuah gambar. Ini berlaku juga pada tabel dan bagan.

Program pada Office 2007 yang menggunakan enjin untuk grafis baru lebih menekankan pada mempercantik tampilan dokumen. Style Galleries memungkinkan Anda melihat tampilan dari perubahan font, warna dan model bagan yang Anda buat terlebih dahulu sebelum Anda mengaplikasikannya. Fitur ini akan menghemat waktu yang Anda perlukan untuk melihat tampilan setiap Anda melakukan perubahan.

Namun demikian dynamic preview tidak berlaku untuk semua elemen style. Misalnya untuk Page Layout pada Word, PowerPoint dan Excel dapat menampilkan color themes dan template hanya dengan mengarahkan mouse pada area edit. Tetapi opsi Page Borders akan membawa Anda ke kotak pop-up seperti yang selama ini terdapat pada Office lama, sama sekali bukan dynamic preview seperti sebelumnya.

Sampai disini mungkin terasa menyulitkan, tetapi jangan dulu menyerah. Begitu banyaknya pengguna komputer yang biasa menggunakan aplikasi grafis justru akan menemukan Office 2007 sebagai aplikasi yang menyenangkan. Jadi, mestinya Office 2007 dapat menjadi aplikasi yang membumi dan digunakan oleh siapa saja.

Berbagai kemudahan demi kepraktisan ditawarkan oleh Office 2007. Anda dapat mengkastomisasi Word, Excel dan PowerPoint Anda untuk mengakomodasi kebiasaan dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan tombol ke Quick Access Toolbar. Sementara tombol jalan pintas Alt tetap berfungsi sama. Anda dapat menggunakannya bersama dengan huruf pertama dari menu yang ada untuk mengaktifkannya. Dan yang akan menjadi antarmuka favorit kita semua adalah slider bar pada bagian kanan bawah yang akan memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen dengan sangat mudah.

 

Fitur

Beberapa perubahan pada Office 2007 dapat dinikmati langsung pada tampilannya. Semua ditekankan untuk memudahkan pekerjaan dengan memanfaatkan mata penggunanya. Kini Anda dapat menemtukan tingkat kejernihan, menambah efek 3-dimensi seperti bayangan dan sinar pada gambar maupun bagan dengan lebih mudah.

Word 2007 menawarkan beberapa tool dasar yang biasanya hanya terdapat pada aplikasi desktop publisher seperti Microsoft Publisher dan InDesign. Kini Office 2007 menghadirkan beberapa template seperti diagram SmartArt yang akan membantu Anda mempercantik laporan yang Anda susun, selebaran, brosur dan sebagainya dengan gambar dan bagan. Bagaimanapun juga, Anda tidak dapat menempatkan obyek-obyek secara presisi seperti ketika Anda menggunakan aplikasi grafis. Namun demikian, penambahan fitur ini sungguh sangat membantu untuk pekerjaan-pekerjaan desktop publishing sederhana.

Setiap aplikasi yang dibuat akan menghasilkan file dengan format baru yaitu Office Open XML. Misalnya, file Word akan berekstensi .docx, file Excel akan berekstensi .xlsx dan seterusnya. Dokumen yang dihasilkan Office 2007 ditekan sedemikian rupa hingga berukuran lebih kecil dari yang dihasilkan oleh Office edisi sebelumnya. Jika sebuah file menjadi corrupt, Anda akan dapat mengembalikan isinya jauh lebih baik dibanding sebelumnya karena Office 2007 menyimpan masing-masing elemen seperti teks, gambar, makro dan elemen-elemen lain secara terpisah.

Perlu diingat bahwa ketika Anda membuka dokumen lama menggunakan aplikasi edisi 2007, Anda akan bekerja dalam Compatibility Mode dengan fitur yang dikurangi hingga Anda mengkonversi dokumen tersebut ke format yang baru. Tetapi tidak bekerja sebaliknya, dokumen yang dihasilkan oleh Office 2007 tidak dapat dibuka dengan aplikasi Office edisi sebelumnya. Lalu, bagaimana jika rekan Anda masih menggunakan edisi lama dan Anda perlu mengirimkan dokumen yang Anda hasilkan dengan Office 2007? Office 2007 memungkinkan Anda menyimpan dokumen yang Anda hasilkan dalam format edisi lama, namun ini tidak bekerja secara otomatis. Anda yang menggunakan Word 2003 atau 2000 akan membutuhkan Compatibility Pack yang dapat di-download sekali saja untuk memungkinkan aplikasi Word lama Anda membaca format file baru .docx.

 

Layanan dan Dukungan

 

Edisi boks Microsoft Office 2007 menyertakan 174 halaman panduan Getting Started yang akan sangat membantu terutama bagi pengguna baru. Selama 90 hari setelah aktivasi pengguna dapat memanfaatkan layanan dukungan teknis via telepon yang tersedia hingga pukul 9 malam setiap hari pada region tertentu yang akan membantu Anda memberikan solusi untuk masalah keamanan maupun virus secara gratis. Lewat masa tersebut, layanan ini tidak gratis lagi.

 

Tapi untungnya, dukungan Online Help tersedia kapan saja secara cuma-cuma dalam kondisi apapun. Dari Online Help ini Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan apapun yang Anda temui pada saat menemukan kesulitan selama menggunakan Microsoft Office. Yang paling menyenangkan adalah Command Reference Guides untuk Word, Excel dan PowerPoint yang dapat memandu menemukan solusi, semenjak “command” telah ditiadakan mulai edisi 2003. Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan ke Forum dan Chats yang disediakan dalam situs Microsoft untuk mendapat tanggapan dari sesama pengguna Office di seluruh dunia.

 

 

Kesimpulan

 

“Haruskan saya beralih ke Micorosft Office 2007?”, tergantung bagaimana selama ini Anda bekerja dengan Office edisi sebelumnya. Jika Anda seseorang yang mengutamakan gaya pada tampilan dokumen Anda dan ingin bekerja dalam lingkungan baru, maka Office 2007 akan terasa menyenangkan bagi Anda. Namun demikian, jika Anda ragu akankah Anda dapat menyesuaikan diri dengan perubahan antarmuka pada Office 2007 seperti yang banyak menjadi perhatian, bagi Anda yang telah menggunakan Office 2003 dan tidak menemui masalah selama menggunakannya, dapat dipastikan Office 2007 tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

 

Dan karena Microsoft telah membuka beberapa source code Office kepada pengembang perangkat lunak, dapat dipastikan dalam waktu dekat akan bermunculan add-ins yang akan memperkaya fitur dan kemampuan Office 2007 Anda. (ella)


Link to Product(s):
MICROSOFT Office 2007 Upgrade [Retail]
Beli
MICROSOFT Office Standard 2007 [Retail]
Beli
MICROSOFT Office Professional 2007 Upgrade [Retail]
Beli
MICROSOFT Office 2007 Professional [Retail]
Beli
MICROSOFT Office Ultimate 2007 [Retail]
Beli
MICROSOFT Office Ultimate 2007 Upgrade [Retail]
Beli
MICROSOFT Office Home and Student 2007, FPP
Beli
MICROSOFT Office Small Business 2007 Upgrade [Retail]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post CNet http://www.cnet.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us