20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Microsoft Windows Vista

Posted: 06 Feb 2007 15:52:55
 

 

Kelebihan

  • Tentu saja pengalaman baru menjelajah PC dengan rasa tridi (3D) yang canggih berkat Aero
  • Perbaikan dan penambahan fitur yang terlalu panjang untuk disebutkan disini
  • Lebih sedikit system-crash dibanding pada Windows XP
  • Built-in Support Option yang memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna

 

Kekurangan

  • Fitur-fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan Windows
  • Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan fitur-fitur Vista
  • Terlalu banyak varian seri yang mungkin akan membingungkan calon pengguna

 

Windows Vista adalah sistem operasi pertama yang diluncurkan Microsoft setelah 5 tahun setelah XP. Tentu saja ini bukan kurun waktu yang singkat bagi sebuah perusahaan pembuat perangkat lunak yang menguasai sebagian besar pasar OS. Yang akan paling bahagia dengan diluncurkan Windows Vista tentu saja mereka yang selama ini sangat menikmati lingkungan Windows sehari-hari, mulai dari Win XP, IE 7, MSN, Live.com, dan berbagai aplikasi desktop keluaran Microsoft. Bukan hanya karena kini pekerjaan mereka akan semakin dimudahkan oleh Vista, tetapi juga dimanjakan oleh berbagai fitur yang akan membuat pengguna makin betah berlama-lama di depan komputernya untuk keperluan apapun.

 

Windows Vista diluncurkan dalam 6 varian ‘rasa’ dengan satu – dua edisi yang mungkin tidak tersedia di suatu wilayah tertentu. Dari yang paling ‘sederhana’ yaitu Windows Vista Starter yang tidak tersedia di Amerika hingga Windows Vista Ultimate yang menjadi edisi terlengkap dari semua keluarga Vista. Diantara Starter dan Ultimate terdapat Vista Home Basic, Vista Home Premium, Vista Business, dan Vista Enterprise yang dijual dalam bentuk OLP (Open License Product).

 

Setup dan Instalasi

Windows Vista yang dikemas dalam keping DVD telah menyertakan format Windows Imaging (WIM). Jadi, jika Anda membeli edisi Home Basic maupun Ultimate, kode WIM yang digunakan akan sama. Key-product lah yang nanti akan membuka fitur untuk masing-masing edisi. Ini artinya, pengguna Vista dengan fitur yang lebih sedikit dapat meng-upgrade Vista-nya dengan men-download kode tambahan dan mendapatkan key-product baru secara online. Namun bagaimanapun juga, fitur-fitur ini sangat bergantung pada spesifikasi perangkat keras komputer Anda. Fitur yang telah Anda beli ini akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan spesifikasi hardware yang dapat mengimbangi Vista.

 

Dapat diperkirakan, akan banyak pengguna XP SP2 yang ingin beralih ke Vista. Jika Anda menemui kesulitan untuk menentukan edisi mana yang didukung oleh spesifikasi komputer Anda, Cnet bekerja sama dengan System Requirement Labs menyediakan tool untuk menganalisa sistem Anda.

 

Meskipun Vista tersedia dalam versi upgrade, kami merekomendasikan pengguna Vista untuk melakukan clean installation. Dengan clean-instalation Anda dapat tetap mempertahankan sistem pada XP lama Anda dan cukup meng-instal aplikasi yang Anda perlukan pada Vista. Clean-instalation dapat dilakukan dengan memartisi ruang harddisk Anda dan menjalankan dual-boot dengan XP atau bisa juga dengan menambahkan harddisk khusus untuk Vista Anda. Tentu saja cara paling praktis dan nyaman adalah membeli komputer baru dengan Windows Vista telah terinstal didalamnya.

 

Proses instalasi Vista yang telah dicoba memakan waktu sekitar 20 menit hingga 1 jam, tergantung spesifikasi hardware komputer. Proses instalasi Vista tergolong otomatis dengan terlebih dahulu meng-copy WIM pada drive lokasi Vista. Selama proses instalasi, Vista akan mengisi PC Anda dengan driver yang dibutuhkan. Vista akan mengambil driver tambahan yang dibutuhkan dari database Microsoft. Dapat diasumsikan, untuk keperluan tersebut proses instalasi ini membutuhkan koneksi internet.

 

Seperti biasa, di akhir proses instalasi Anda akan diminta memasukkan data-data seperti negara/region, waktu, mata uang, dan layout keyboard yang Anda inginkan. Dilanjutkan dengan Username, User Icon, dan password. Kemudian Anda dapat memilih wallpaper dan security setting. Kemudian Windows akan mengecek kinerja komputer Anda dengan 5 skala skor.

 

Yang menarik, pada Vista terdapat tone musik yang ditulis oleh musisi veteran Robert Fripp. Dibandingkan dengan XP, tone musik ini terdengar lebih ringan dan berkelas. Dan yang baru pada Vista adalah Welcome Center pada desktop yang yang menampilkan FAQ semacam “How do you configure your printer” dan sebagainya.

 

Start Menu pada Vista tampil lebih cantik dan elegan. Ini adalah pemandangan yang indah bagi Anda yang selama ini bosan dengan Start Menu Windows yang tidak banyak mengalami perubahan dari Windows 95 hingga XP. Yang paling mencolok adalah dimasukkannya kolom untuk search pada Start Menu ini. Sangat praktis. Anda dapat langsung mengetikkan keyword pencarian disini tanpa perlu membuka window Search.

 

Selain kolom Search yang terintegrasi pada Start Menu, All Program kini ditampilkan dalam bentuk tree yang dapat di-expand. Kemudahan lain yang diberikan Vista pada Start Menu adalah tombol Instan Off yang akan memangkas waktu yang diperlukan untuk “cleaning up files” pada saat PC dimatikan.

 

Akhirnya, Vista akan menampilkan compatibility wizard yang akan menganalisa aplikasi lama Anda (katakanlah game kesayangan yang Anda jalankan pada Windows 95) dan menyesuaikan resolusi tampilan game tersebut dengan Vista.

 

Fitur

Bicara mengenai fitur pada Vista, terus terang kami mengalami kesulitan serius. Terlalu banyak untuk dibahas satu persatu. Tetapi kami menyertakan daftar fitur tersebut dalam tabel yang akan memudahkan Anda membandingkan kelengkapan fitur pada masing-masing edisi.

 

Selain fitur-fitur tersebut, Vista juga menawarkan perbaikan yang pernah dijanjikan oleh pihak marketing Microsoft, yaitu apa yang mereka sebut “Clear, Confident, and Connected”.

 

Clear à diberikan Vista melalui fitur Aero yang menjadi Windows Presentation Foundation, sub-grup dari .Net Foundation Framework. Kualitas tampilan yang prima pada Vista akan menjadi keunggulan tersendiri bagi Anda yang membutuhkan kualitas tampilan.

 

Confident à keamanan sistem juga menjadi konsen Microsoft. Dengan UAC (User Account Control) yang terdapat pada Vista, proses setting keamanan Anda akan menjadi lebih praktis dan mudah. Vista juga menyertakan two-way firewall dan antispyware Windows Defender.

 

Connected à Vista menawarkan koneksi peer-to-peer untuk komputer Anda yang memungkinkan Anda untuk memindahkan file pada folder pribadi Anda ke Public Folder dan menandai file/folder tersebut untuk sharing pada jaringan komputer yang terhubung. Pada edisi Business dan Ultimate, Anda dapat lebih jauh berbagi file melalui remote access.

 

 

Kinerja

Selama proses instalasi, Vista memberikan peringkat kepada keseluruhan kinerja perangkat lunak yang terdapat dalam sistem PC Anda. Skor akhir yang diberikan Vista mengindikasikan nilai terendah skor individual.

 

Untuk Vista, Microsoft telah mengeluarkan driver untuk DVD-burner dan printer dari kernel. Faktor driver inilah yang selama ini diduga sebagai penyebab terjadinya crash pada Windows. Dari ujicoba yang telah dilakukan, kami dapat mengacungi jempol untuk perbaikan ini yang menjadikan Vista sebagai OS yang stabil dan dapat diandalkan.

 

Support

Begitu banyaknya fitur yang diberikan Vista untuk memanjakan penggunanya. Kenyamanan ini juga diimbangi dengan dukungan yang disediakan Vista untuk membantu kesulitan yang mungkin Anda temui selama menggunakan Vista. Sebut saja informasi pada Help yang sungguh sangat membantu dengan banyak perbaikan yang dilakukan Microsoft. Juga FAQ statis yang kini dapat menjadi aktif dengan link yang langsung terhubung dengan Microsoft untuk solusi yang lebih mendalam, juga forum yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan bantuan langsung PC-to-PC.

 

Solusi pada FAQ yang biasanya akan Anda dapatkan dalam bentuk jawaban dari daftar pertanyaan yang tersedia, kini Vista menjadikannya lebih hidup dengan langsung menjalankan script yang akan secara otomatis memberikan solusi pada permasalahan yang ada. Misalnya saja jika Anda ingin meng-update suatu driver dari piranti yang terhubung dengan PC Anda, Vista akan merubah tampilan desktop Anda menjadi lebih gelap yang mengindikasikan bahwa Vista sedang ‘mengambil alih’ kendali pada PC Anda. Kemudian Vista akan meng-highlight dan membuka Start Menu à Control Panel à Device Manager. Sampai disini Vista akan berhenti dan bertanya pada Anda piranti mana yang akan Anda update driver-nya. Support ini memberikan pengalaman serasa mempunyai teknisi sendiri yang selalu standby kapanpun diperlukan. (ella)

 


Link to Product(s):
MICROSOFT Windows Vista FPP
Beli
MICROSOFT Windows Vista FPP
Beli
MICROSOFT Windows Vista FPP
Beli
MICROSOFT Windows Vista FPP
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post CNet http://www.cnet.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2017 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us