Register   |   Sign In   |   Help
Install Bhinneka.Com Search Provider Search
   
 
  17 April 2014
Galaxy S5 Lebih Tahan Banting Dari S4
  17 April 2014
LG G3 Akan Rilis Juni Ini?
  17 April 2014
Samsung Tizen Siap Melenggang Tengah Tahun Ini
  17 April 2014
Anti Theft Smartphone
  17 April 2014
Chrome Remote Desktop for Android
  17 April 2014
Guru Anggap Tablet Membuat Anak Jadi Bodoh
  16 April 2014
Google Patenkan Lensa Kontak Berkamera
  16 April 2014
FAA Wajibkan Pesawat Miliki Sistem Pelacak GPS
  16 April 2014
Inikah Android Lollipop Penerus Kitkat?
  16 April 2014
Apple Smartwatch Menggunakan Layar Buatan LG?
  ...more
   
 
  11 April 2014
Review Lenovo ThinkPad Yoga
  20 March 2014
Review Samsung Galaxy Note Pro
  18 March 2014
Speedup Smartwatch, Jam Tangan Bagi Kesibukan Anda
  14 March 2014
KINGSTON Micro SDHC 32GB - Class 10
  14 March 2014
Oxone 5IN1, Pressure Cooker Murah
  13 March 2014
Kingston DataTraveler Ultimate 3.0 G3 32GB
  27 February 2014
Review KINGSTON HyperX 3K SSD [SH103S3/120G]
  25 February 2014
Merasakan Kecanggihan Smartfren Andromax V
  21 February 2014
LG G Flex, A Smartphone Never Been This Flexible
  17 February 2014
Speaker Bluetooth Jabra Solemate Mini
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

NOKIA LUMIA 800 Lebih Mudah, Cepat dan Seru

Posted: 05 Feb 2013 14:28:03 Viewed: 1769 time(s)
 

Ini dia generasi pertama hasil perjodohan antara Microsoft dengan Nokia yang membuat penasaran. Tampilan yang apik dan futuristik juga membuat banyak orang semakin ingin tahu tentang smart phone yang satu ini. Apa saja kelebihan yang ditawarkan Nokia Lumia 800 setelah meninggalkan sistem Meego untuk Windows Phone?

Desain dan Built Quality

Tampilan luar dari Lumia 800 terlihat cantik dan enak dipandang. Anak sulung perkawinan Microsoft – Nokia ini dibekali layar AMOLED beresolusi 480 x 800 pixel sebesar 3,7 inci dan dilapisi Gorilla Glass. Untuk dimensinya, smart phone ini memiliki ukuran 116,5 mm x 61,2 mm x 12,1 mm dengan berat 142 gram; artinya meskipun tipis namun bobotnya pas dengan dimensi yang ada. Guna menunjang sistem operasi Windows Phone yang akan digunakan padanya, prosesor dengan spesifikasi 1.4GHz MSM8255 Snapdragon/Scorpion digunakan sebagai CPU Nokia Lumia 800 dan microSIM untuk slot simcard. Untuk perihal memori internal, ponsel ini dibekali dengan memori berkapasitas 16 GB tanpa opsi penambahan memori eksternal.

Fitur dan Performa

Dengan sistem operasi Windows Phone 7 tampilan interface dari Lumia 800 nampak sangat berbeda dari iPhone, Android dan sistem operasi lainnya seperti Meego atau Symbian. Tampilannya didominasi dengan icon-icon besar yang bisa dinavigasikan dengan mudah. Sayangnya tidak ada menu shortcut atau interaktif yang biasanya terdapat di top status bar seperti pada sistem operasi lain; membuat pengguna harus membuka satu persatu menu untuk menuju ke setting ketika ingin mengaktifkan fitur tertentu.

Tentang konektivitas, Nokia Lumia 800 termasuk salah satu smart phone paling kencang soal koneksi internet. Mendukung jaringan HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps dan Wi-Fi 802.11 b/g/n membuat ponsel ini tidak butuh waktu lama dalam hal browsing baik dengan 3G maupun Wi-Fi. Yang masih sering dikeluhkan ketika browsing di Lumia 800 adalah efek samping dari touchscreennya yang kelewat sensitif, kadang tanpa disentuh dengan sengaja layar akan zoom in sendiri padahal yang diinginkan pengguna adalah scroll ke bawah. Untuk browsing selain bisa membuka aplikasi Internet Explorer pengguna juga bisa menggunakan shortcut melalui search bar yang biasanya berada di kanan bawah layar dan akan menghantarkan pengguna ke aplikasi search Bing. Di bagian bawah aplikasi tersebut terdapat tiga atau empat icons tergantung setting yang anda gunakan, yang merupakan fitur tambahan antara lain Local Scout, Music Recognition, Microsoft Tag Scanner dan Audio Search.

Nokia Lumia 800 memiliki kamera beresolusi 8 megapixel sebagai kamera bawaan, sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera depan yang memungkinkan video call. Padahal Microsoft telah mengakusisi Skype yang harusnya bisa dijadikan nilai tambah dalam penggunaan Windows Phone, termasuk pada Lumia 800. Spesifikasi kamera pada ponsel ini selain resolusi 8 MP adalah lensa f/2.2 dan LED flash ganda ditambah dengan kemampuan merekam video High Definition hingga 720 pixel. Pada kamera ini tersedia berbagai mode gambar seperti Scenery, Night Mode, Fireworks, dan lain-lain. Terdapat pula standar setting untuk White Balance, Exposure, ISO, Focus, Resolution, Metering, Focus Mode yang semuanya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Salah satu keunggulan dari kamera ini adalah mode “Tap Focus & Capture”nya yang begitu mudah dioperasikan dan cocok untuk pemula. Untuk fitur rekaman video, meskipun format yang disediakan sudah HD 720 pixel namun hasil dan kemudahan penggunaannya masih dikeluhkan. Opsi zoom pada video tidak bisa dirubah ketika sedang merekam. Ketika akan merubah opsi zoom ketika sedang tidak merekam pun, rasanya repot karena langkah-langkah yang rumit. Video dari kamera Nokia Lumia 800 menghasilkan gambar yang bagus dan jernih jika cahayanya cukup, namun pada kondisi gelap hasil yang didapat tidak terlalu menggembirakan karena kamera mengalami kesulitan untuk fokus.

Nokia Lumia 800 sudah dibekali dengan aplikasi bawaan seperti Nokia Maps dan Nokia Drive. Namun menurut pengamatan, versi baru Maps pada Windows Phone ini masih kalah kinerjanya dengan aplikasi Maps yang ditawarkan pada smart phone Nokia bersistem operasi Symbian. Sebagai contoh pada aplikasi maps Lumia 800 pengguna tidak bisa mengeset lokasi tempat tinggal pada maps yang ada. Pencarian lokasi juga hanya bisa dilakukan dengan mengetik alamat tujuan bukan dengan menunjuk satu posisi yang diinginkan di peta atau menunjuk posisi yang ada pada daftar kontak seperti yang sudah bisa dilakukan pada sistem operasi Symbian. Mengenyampingkan kekurangan-kekurangan di atas, kecepatan dan akurasi Nokia Maps di Lumia 800 termasuk sangat baik. Aplikasi bawaan dari ponsel ini sebenarnya tidak terlalu banyak, namun Windows Marketplace menawarkan aplikasi-aplikasi bermutu yang bisa diunduh. Versi mobile dari Microsoft Office menjadi daya tarik sendiri yang sangat berguna bagi anda yang sering berkutat dengan dokumen. Jika anda seorang pecinta games seperti konsol Xbox, fitur games menjembatani teknologi telepon selular dengan akun Xbox Live anda.

 

Kesimpulan

Nokia Lumia 800 adalah sebuah smart phone hasil kerja sama Windows dan Nokia yang nampak impresif dan menarik dari penampilannya. Meskipun masih ada beberapa kekurangan dari smart phone berbasis Symbian dari Nokia sebelumnya, namun banyak fitur-fitur spesial dari Microsoft yang tidak rugi untuk dilewatkan. (singgih)

 


Link to Product(s):
NOKIA Lumia 800 - Fuchsia
Beli
NOKIA Lumia 800 - White
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post Techradar http://techradar.com

 
<< Older Post Newer Post >>

comments powered by Disqus
 
 

Topeng Lakshmana
Lakshmana adalah adik Rama yang berbakti dan setia. Dari kisah klasik Ramayana, diceritakan tentang kisah cinta Rama dan Shinta. Rahwana, raja jelmaan iblis, menaruh hati pada Shinta dan berencana untuk menculiknya dari tangan Rama.... Baca lanjutannya
 
Back Stage Design Story  

Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2014 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us Chat With Us