20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Panasonic RP-TCM120, Tidak Menyiksa Kantong

Posted: 10 Oct 2012 15:19:52
 

Produk dengan kualitas diatas rata-rata kebanyakan berasal dari pabrikan papan atas, dan untuk mendapatkan produk dari pabrikan papan atas mau tidak mau harus sedikit memeras kantong. Tapi bagaimana apabila ada sebuah pabrikan papan atas yang justru menciptakan sebuah produk dengan kualitas diatas rata-rata, namun dengan harga yang menyejukkan dompet?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pabrikan asal negeri Sakura bernama Panasonic. Pabrikan yang sudah cukup lama malang melintang ini membesut beberapa seri earphone dan in ear monitor kelas low-end, salah satunya adalah Panasonic RP-TCM120.

Desain dan Build Quality

Sebagai pembukaan, produk ini dibanderol dengan harga 150 ribuan. Untuk desain, mungkin tidak ada yang istimewa. Untuk yang berwarna hitam, keseluruhan body nya berbalut warna hitam dan abu-abu tua dengan aksen glossy.

Kualitas kabel yang digunakan memang bukan yang terbaik di kelasnya, karena kabelnya terlihat tipis dan mudah sekali kusut apabila Anda tidak berhati-hati dalam membawanya. Di ujung kabel terdapat jack 3.5mm dengan bentuk "L" dan tidak menggunakan gold plated. Serunya, untuk harga yang dibanderol, in ear monitor ini dapat Anda gunakan juga sebagai handsfree, karena pada sisi kanan kabelnya terdapat microphone dengan 1 tombol untuk mengangkat dan mengakhiri telepon.

Panasonic RP-TCM120 memiliki paket penjualan yang cukup simpel, karena Anda hanya akan mendapatkan 1 buah unit in ear monitor dan 3 pasang earplug mulai dari ukuran S sampai L yang dapat disesuaikan dengan ukuran kanal telinga Anda.

Untuk build-quality yang dihadirkan, sepertinya masih cukup tangguh untuk menemani kegiatan Anda mulai dari berjalan-jalan hingga olahraga. Sejauh ini yang menjadi nilai minus hanya masalah perkabelan saja yang terbuat dari bahan yang cukup tipis dan mudah kusut.

Uji Coba

Ujicoba dilakukan dengan menggunakan berbagai macam genre lagu, dan untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan in ear monitor ini telah melewati masa burn-in selama minimal 50 jam. Pengujian dilakukan dengan menggunakan beberapa media seperti iPod Touch 4th Gen, Sansa Clip+ dan Smartphone Samsung Galaxy Nexus.

Untuk menerima dan melakukan panggilan telepon, in ear monitor ini sukses bersanding dengan smartphone Samsung Galaxy Nexus. Tombol pada microphone nya dapat berfungsi dengan baik untuk menerima dan menutup panggilan, begitu pula dapat dijadikan menjadi tombol stop/play ketika mendengarkan musik menggunakan smartphone. Untuk kualitas microphone nya sendiri cukup memuaskan, karena lawan bicara dapat mendengar suara dengan sangat jelas.

Ketika in ear monitor ini menunjukan kemampuannya dengan memutar musik, suara high yang dihasilkan cenderung kering dan agak harsh, apalagi untuk memutar musik dengan volume yang tinggi. Untuk suara mid seperti suara vokal dan gitar, mungkin Anda akan dengan cepat merasa akrab dengan in ear ini, karena karakter suara mid nya menyenangkan dan cukup jernih. Dan untuk suara low seperti hentakan bass, telinga Anda akan dimanjakan dengan suara bass yang sedikit boomy, tapi masih cukup untuk memuaskan hasrat si basshead.

Secara keseluruhan, in ear ini cocok untuk beberapa lagu easy listening seperti classic dan pop, atau lagu-lagu yang kaya akan suara bass seperti dance atau RnB. Tapi bagi Anda penikmat musik rock dan metal yang kaya akan suara simbal dan hi-hat yang beradu dengan stick drum, mungkin perlu sedikit penyesuaian dengan karakter suara high nya.

Untuk separasi suara, Panasonic RP-TCM120 cukup mampu untuk melakukan separasi antar alat musik dengan baik, walaupun masih belum yang terbaik di kelasnya. Dan untuk kenyamanan dalam pemakaian, in ear monitor ini menjadi salah satu in ear yang sangat nyaman digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama, dan cocok untuk menemani perjalanan panjang Anda.

Kesimpulan

Dengan harga dan kualitas yang memuaskan, Panasonic RP-TCM120 sangat direkomendasikan apabila Anda ingin mengganti earphone bawaan dari iPhone atau iPod. Bagi Anda yang sering kehilangan earphone atau hanya ingin sebuah in ear monitor yang sederhana untuk menemani kegiatan Anda, Panasonic RP-TCM120 adalah pilihan yang tepat. (Fajrie)


Link to Product(s):
PANASONIC Earphone [RP-TCM120E-K] - Black
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us