20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Review KORG Tuner PITCHCLIP

Posted: 25 Mar 2013 14:05:23
 

Sebelum kita mulai memetik gitar yang kita mainkan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan senar gitar kita telah di tune sesuai selera musik kita. Istilah tune dalam sebuah gitar lebih sering di sebut “stem”. Tuning gitar merupakan proses menentukan frekuensi dan penyelarasan antar senar sehingga menghasilkan nada standar yang diinginkan, proses ini berlangsung dengan jalan mengatur ketegangan senar melalui pemutar (tuning machine) yang ada di kepala gitar (Head).

Untuk men-stem sebuah gitar, Anda bisa memanfaatkan alat musik lain dalam melakukan stemming, piano misalnya bisa anda jadikan salah satu alat musik pembanding untuk memudahkan stemming. Kini semakin berkembangnya teknologi, bagi anda yang tidak memiliki indera pendengaran yang tajam dalam hal stemming, maka tidak usah khawatir karena banyak alat bantu saat ini diciptakan untuk membantu anda, berikut beberapa alat bantu yang bisa mempermudah anda stemming gitar :

1.    Cromatic Tunner

Cromattic Tunner adalah alat yang mampu membantu penguna gitar menemukan frekuensi nada standart dalam gitarnya, dengan menghubungkan gitar yang kita miliki pada perangkat chromatic tunner, lalu mainkan sener-senar yang ingin anda atur ketegangannya, kemudian pada layar monitor akan tampil nada yang dihasilkan oleh senar anda. Maka dengan mengetahui nada yang saat itu dihasilkan anda bisa mengencangkan dan mengendurkan senar gitar anda hingga ditemukan nada yang pas untuk nada dasar senar anda.

2.    AP GUITAR TUNNER 1.02

Nah kalo ini adalah software, cara kerjanya sama dengan Cromatic tunner. Software bisa didownload di internet secara gratis kemudian install di perangkat komputer anda lalu hubungkan gitar elektrik anda dengan perangkat komputer dan mulailah melakukan stemming. Seperti pada cromatic tunner maka pada layar komputer akan muncul nad nada yang dihasilkan dari senar anda, kemudian dengan tuning machine pada bagian head gitar anda bisa menyetel seberapa kendor dan seberapa kencang senar gitar sesuai nada yang anda inginkan. kelemahan software seperti ini adalah sifatnya yang nggak moveable dan cocok di pakai di studio rekaman.

3.    Tuner PITCHCLIP

Salah satu produknya yang terkenal adalah buatan dari perusahaan KORG, KORG Tuner PITCHCLIP. Sama seperti cromatic tunner, namun kali ini KORG benar-benar mengeksploitasi sifatnya yang moveable dan bisa dipakai dimana saja.

KORG Tuner PITCHCLIP adalah tunner yang dalam penggunaannya bisa di tautkan di daerah sekitar tunning machine, dilengkapi dengan layar monitor mini, LED display yang menjadikan tampilan terlihat jelas, terang dan mudah dibaca,  Jadi walaupun bentuknya kecil tapi jangan mengkhawatirkan kualitas dari KORG Tuner PITCHCLIP ini, dijamin tidak kalah dengan peralatan sejenis yang berbodi lebih besar.

Selain memiliki desain klip yang sangat stabil dan handal, KORG Tuner PITCHCLIP ini pun di lengkapi dengan Auto power off yang akan otomatis mati/power off apabila tidak di gunakan dalam beberapa saat, jadi akan sangat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Di desain dengan warna warna yang colorfull seperti Merah, Orange, Hijau , Kuning Biru, ungu dan Pink, KORG Tuner PITCHCLIP ini memang memanjakan mata sehingga tidak monoton dengan warna yang hitam atau putih saja.

Nah setelah mengetahui cara “stemming” gitar yang benar untuk mendapatkan nada dasar yang bagus, jangan lupa untuk kembali mengendurkan senar jika gitar tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini penting untuk menghindari gitar agar tidak cepat rusak atau mengalami perubahan bentuk karena hal-hal sepele seperti lupa mengendorkan senar gitar saat tidak dipakai dalam waktu yang lama.

Nah, demikian tadi informasi seputar gitar yang bisa dijadikan referensi untuk gitar anda, semoga bermanfaat. (singgih)


Link to Product(s):
KORG Tuner PITCHCLIP [PC1]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post KORG http://korg.com/pitchclip

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us