Register   |   Sign In   |   Help
Search
   
 
  20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Roccat Kulo USB, Game? Film? Musik? Gampang!

Posted: 25 Apr 2012 09:20:13 Viewed: 133 time(s)
 

Ketika nyawa hanya dipisahkan oleh suara langkah musuh, tentunya situasi ini memang hanya terjadi dalam sebuah game. Tetapi apabila Anda di dalam sebuah permainan yang mempertaruhkan harga diri Anda, tentunya suara langkah kaki dari musuh merupakan indikator bahwa sudah saatnya Anda beraksi.

Mendeteksi kedatangan musuh sangatlah penting, salah satu cara termudah untuk mendeteksi adanya musuh adalah dengan mendengarkan langkah kaki, atau ketika senjata yang mereka sedang menyalak kencang. Dengan headphone gaming biasa, yang Anda dengarkan hanyalah sebuah suara stereo, yang ini berarti kalau tidak suara dari speaker kanan, berarti suara dari speaker kiri, jadi mau darimana datangnya arah musuh Anda, yang dapat terdengar hanya suara dari kanan atau dari kiri.

Tetapi tidak dengan Roccat Kulo USB, yang menjadi seri penyempurna dari Roccat kulo analog, dimana Roccat Kulo USB memiliki tambahan soundcard eksternal yang akan mensimulasikan suara menjadi virtual 7.1, jadi Anda dapat mendengarkan langkah musuh yang mengendap-endap di belakang Anda walaupun secara virtual. Dan serunya seri penyempurna dengan tambahan soundcard ini memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan seri Kulo analog.

 

Design & Build Quality

Gaming headset yang dibanderol dengan harga dibawah 700 ribuan ini memiliki tipikal bentuk dari gaming peripheral, terlihat futuristis dan menyerupai alat komunikasi dari angkasa luar. Tetapi Roccat terlihat sangat disiplin akan desain dari setiap produknya, karena bentuk dari Roccat Kulo ini senada dengan beberapa desain produk Roccat lainnya.

Seharusnya tidak ada gaming peripheral yang diciptakan ringkih, karena dunia gaming adalah dunia yang keras, maka setiap peripheral nya pun harus tahan banting. Begitu pula dengan Roccat Kulo ini, apabila Anda perhatikan dengan seksama, pada headband nya terdapat semacam rangka metal yang sangat kokoh, cocok untuk sebuah kegiatan yang akan menyiksa daya tahan dari produk ini.

Masih pada bagian headband, pada bagian ini terdapat semacam bantalan berlapis kulit sintetis yang akan menambah kenyamanan ketika Anda sedang asyik ber-gaming marathon. Earcups dari headset ini terbungkus semacam bantalan yang sangat empuk dan nyaman, dan tiap earcups-nya memiliki pivot, sehingga earcups-nya dapat secara otomatis menyesuaikan dengan kontur telinga. Dan apabila masih kurang pas, Anda dapat mengatur panjang dari headband-nya.

Dilengkapi kabel yang cukup panjang, sepanjang 2.5m, pada kabelnya terdapat volume controller geser yang cukup ganjil untuk digunakan, karena kebanyakan volume controller menggunakan pengontrol putar. Di ujung kabel terdapat jack untuk suara dan jack untuk mic yang dapat disambungkan dengan soundcard eksternal nya, dan soundcard eksternal ini memiliki ujung berupa USB yang tidak perlu setting apapun untuk dapat menggunakannya dengan normal. Tetapi apabila Anda lebih percaya terhadap kualitas dari soundcard PC, Anda dapat menyimpan soundcard-nya dan langsung menyambungkan jack dari headset ini langsung ke PC.

 

Kenyamanan

Sesi gaming terkadang menjadi sangat berat, apalagi ketika ada benda aneh menempel di kepala Anda dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu kenyamanan merupakan salah satu aspek penting di sini. Roccat Kulo memiliki kenyamanan yang sangat luar biasa, bahkan ketika pengetesan digunakan untuk bermain game selama 6 jam berturut-turut dan tidak membuat telinga sakit. Earcups-nya menempel di telinga dengan sangat pas, dan bantalan empuk pada earcups-nya memanjakan telinga. Ditambah pada bantalan di headband yang menjadi pembatas antara kulit kepala dan headband, yang kana menambah kenyamanan dalam penggunaan.

 

Uji coba

Uji coba dilakukan menggunakan berbagai macam sumber, mulai dari habitat asli dari Roccat Kulo, yaitu kondisi ketika digunakan untuk bermain game, dilanjutkan dengan ketika untuk menonton film dan terakhir untuk mendengarkan musik. Semua pengetesan dilakukan dengan menggunakan PC dan untuk mengeluarkan karakter suara aslinya, Roccat Kulo telah di burn-in kurang lebih selama 70 jam.

 

Software

Untuk mengaktifkan fitur suara digital 7.1 nya Anda membutuhkan sebuah software yang dapat diunduh dari situs resmi Roccat. Di dalam software yang user friendly ini, Anda dapat mengatur semuanya mulai dari jumlah channel yang akan disimulasikan oleh headset ini, sampai tes kualitas suara. Kemudian pada tab-tab selanjutnya terdapat fitur untuk mengatur kualitas mic, EQ, sampai efek suara. Kesemuanya dipaket ke dalam sebuah UI yang ramah dan mudah untuk digunakan, bahkan bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan software ini.

Gaming:

Karena ini adalah habitat utama dari Roccat Kulo, maka ujicoba untuk gaming ditempatkan di urutan pertama. Ujicoba untuk gaming menggunakan berbagai macam genre, tetapi kemampuan maksimalnya lebih kentara ketika digunakan untuk bermain game dengan genre FPS dan Racing, karena posisi dari lawan dapat terdengar dengan sangat jelas.

Ketika digunakan untuk memainkan game dengan genre FPS semacam COD: MW3 dan Battlefield 3, baik antara suara vokal, letusan senjata, panggilan dari teman dan ledakan tidak campur aduk dan terpisah dengan sangat baik. Pem-posisian suara juga sangat baik, Anda dapat mendengarkan suara langkah dari kanan atau kiri dan bahkan suara kecil seperti suara selongsong peluru yang menghantam tanah pun dapat diolah dengan baik. Suara ini dapat semakin optimalkan dengan mengatur setting pada software menjadi 8ch dan mengaktifkan fitur virtual 7.1 nya.

Menonton Film

Karena memiliki karakter suara yang tidak jauh berbeda dengan game, menonton film juga sangat menyenangkan dengan Roccat Kulo. Karena headset ini juga dapat memproduksi suara dengan sangat maksimal, suara percakapan, background dan sound effect dapat memanjakan telinga. Tapi bagi Anda yang berjantung lemah, sangat tidak dianjurkan menggunakan Roccat Kulo untuk menonton film horror dengan headset ini, karena suara teror akan tercipta dengan sangat nyata dengan headset ini.

Mendengarkan Musik

Untuk mendengarkan musik, ada baiknya Anda mengatur konfigurasi pada software menjadi 2 ch untuk mendapatkan pengalaman dalam mendengarkan musik yang maksimal. Kesan pertama yang dihasilkan ketika mengolah suara musik adalah “WAW!. Karena tidak hanya bagus dalam mengolah suara dari game dan film saja, tetapi untuk mendengarkan musik pun Roccat Kulo memiliki karakter suara yang menyenangkan, dengan suara high yang sangat terkontrol, Mid yang jernih dan Low yang punchy. Ditambah dengan separasi yang benar-benar kentara antara alat musik satu dengan yang lainnya, benar-benar memanjakan telinga untuk sebuah headset gaming.

Roccat Kulo juga dapat mengolah suara dari MP3 player portable atau smartphone, karena soundcard eksternalnya dapat dilepas dan akan terdapat dua buah jack 3.5 mm, hanya saja ketika bersanding dengan MP3 player portable, jack untuk mic akan menggantung, karena kebanyakan MP3 player portable atau smartphone hanya memiliki sebuah jack.

Microphone

Microphone dari Roccat Kulo memiliki fitur auto mute, jadi Anda dapat mematikan fungsi mic hanya dengan melipat gagangnya ke atas, jadi Anda tidak perlu lagi menebak-nebak apakah microphone ini menyala atau tidak. Mengenai kualitas daya tangkap suara dari microphone ini, baik ketika digunakan untuk bermain game dengan LAN, sampai voice chat melalui Skype, lawan bicara dapat mendengarkan suara pembicara dengan jernih.

 

Kesimpulan

Kualitas produk besutan Roccat memang tidak diragukan lagi. Memiliki karakter all-around yang cocok untuk digunakan dengan sumber apapun, baik gaming, menonton film dan mendengarkan musik. Dengan kualitas suara yang memuaskan untuk sebuah gaming headset dengan harga di bawah 700 ribu, desain dari Roccat pun terlihat keren ketika bertengger di kepala Anda.

Satu-satunya kekurangan dari headset ini adalah volume controller nya yang menganut sistem geser, karena pengaturan volume akan lebih mudah apabila controller-nya menggunakan sistem putar atau rotasi. Selebihnya, Roccat Kulo dapat menjadi sahabat Anda dalam mendeteksi kehadiran lawan Anda di game, atau hanya sekedar ingin menonton film dan mendengarkan musik. (fajrie)


Link to Product(s):
ROCCAT Kulo USB [ROC-14-700-AS]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

comments powered by Disqus
 
 

Topeng Pangeran
Dan seperti halnya benda seni lainnya, topeng tak lepas dari sentuhan seniman yang terus menggali kekayaan budaya kita. Dengan figur yang tidak selalu mewakili tokoh tertentu, para seniman terus mengeksplorasi bentuk topeng yang mengandung nilai estetika tinggi. Topeng ini misalnya, berasal dari Bali dan menampilkan profil seorang pangeran. ... Baca lanjutannya
 
Back Stage Design Story  
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2014 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us Chat With Us