20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Samsung Galaxy Nexus, I Love Ice Cream Sandwich!

Posted: 16 Mar 2012 08:51:49
 

Samsung yang telah mengokohkan dirinya sebagai produsen smartphone Android no.1 di dunia, sepertinya membuat google melirik pabrikan ini untuk membuat smartphone Nexus generasi terbaru. Sebelumnya google pernah membaut smartphone dengan nama Google Nexus One yang menggandeng pabrikan HTC. Kini giliran Samsung yang akan membuat smartphone dari Google ini, dan kali ini masih menggunakan nama Nexus, tapi menggunakan seri Galaxy ala Samsung, sehingga menjadi Samsung Galaxy Nexus.

Dibanderol dengan harga yang cukup premium, sekitar 6,5 jutaan, secara singkat spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy Nexus ini pun sesuai dengan harga yang dibanderol. Dengan kelebihan-kelebihan pada sisi hardware dan software seperti:

-          Prosesor: Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9

-          Chipset: TI OMAP 4460

-          GPU: PowerVR SGX540

-          RAM: 1GB

-          Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 720 x 1280 pixels

-          OS: Android V 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Dengan dibekali kelebihan seperti itu, tidak heran smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Dan sebagai informasi, inilah handset pertama yang hadir dengan OS Android v4.0 (Ice Cream Sandwich) dan handset Samsung pertama yang dibekali layar HD 720 x 1280 pixels.

Dari segi desain, Samsung menawarkan desain yang cukup menawan untuk Galaxy Nexus, memiliki dimensi yang pas pada genggaman dan dengan ketebalan hanya sebesar 8.9mm. Pada bagian depan Anda tidak akan melihat tombol sama sekali, karena semua tombol dihadirkan di dalam layar Super AMOLED nya. Dan ini menjadi keuntungan tersendiri, karena dengan tidak adanya tombol fisik, maka ukuran layar dapat dimaksimalkan menjadi 4.65”, uniknya layar pada smartphone ini sedikit berbentuk cekung. Dan pada bagian atas terdapat speaker untuk keluarnya suara dan terdapat sebuah kamera depan sebesar 1,3mp.

Pada bagian samping, Anda hanya akan menemukan sebuah tombol volume pada sisi kiri dan tombol power/lock pada sisi kanan, benar-benar sebuah smartphone yang minim tombol. Untuk bagian belakang, Samsung membekali dengan back cover yang super tipis terbuat dari Hyper Skin untuk kenyamanan dalam genggaman, serta terdapat kamera sebesar 5mp dan juga flash. Dan untungnya, back cover ini dapat dilepas dan Anda akan melihat slot untuk kartu SIM dan baterai! (Yes! Anda dapat mengganti baterai dari smartphone ini!) Secara keseluruhan dari segi desain dan built-quality, Samsung Galaxy Nexus benar-benar terlihat elegan, minimalis, dan memiliki built-quality yang sangat baik. Sayang back covernya terlihat sangat tipis.

Menuju ke sisi software, bagi Anda yang tidak suka dengan tampilan handset Android yang penuh gimmick, dan bagi yang sudah terbiasa dengan tampilan TouchWiz UI dari Samsung, segera lupakan tampilan tersebut, karena Anda akan melihat sesuatu yang berbeda pada tampilan OS dari Samsung Galaxy Nexus. Tampilan yang berbeda ini bukan karena OS nya sudah menggunakan Android v4.0 (Ice Cream Sandwich), tetapi tampilan ini adalah tampilan ala Nexus dari Google, jadi singkatnya handset ini memiliki tampilan yang didesain langsung oleh Google.

Hal yang menarik perhatian dari software Samsung Galaxy Nexus ini adalah, fitur face unlock. Yaitu sebuah fitur untuk membuka kunci handset menggunakan wajah. Mungkin memang bukan fitur yang cukup berguna, tapi jelas fitur ini menarik, dan saat ini Samsung Galaxy Nexus adalah satu-satunya handset yang memiliki fitur ini.

Kemudian adanya peningkatan pada voice typing, yang berarti Anda dapat menggunakan suara untuk mengetik, tetapi sayangnya fitur ini khusus bagi Anda yang mampu berbahasa Inggris dengan baik termasuk pelafalannya. Dan fitur Android Beam juga menjadi keunggulan, ketika Anda ingin melakukan share gambar, video dll, cukup dekatkan handset dengan sesama handset  yang memiliki fitur Android Beam dan klik tombol beam, otomatis file Anda akan berpindah.

Mengenai fitur lain seperti telepon, contact books, messaging, pemutar musik dan video masih sama menyenangkannya seperti menggunakan handset Samsung lainnya. Hanya saja seperti yang sudah dibahas diatas semuanya tampil berbeda dan ada beberapa facelift pada tampilan sehingga mungkin bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Android, akan sedikit pangling dengan tampilan keseluruhannya.

Mengenai kamera, sayangnya Samsung hanya membekali handset powerful ini dengan kamera sebesar 5mp saja, di saat beberapa pabrikan lain rata-rata membekali handset kelas high-end nya dengan kamera 8mp ke atas. Tetapi di balik kameranya yang hanya 5mp, Samsung Galaxy Nexus memiliki software yang luar biasa untuk mengolah fotografi. Dilengkapi dengan auto focus, fitur face detection dan yang paling menyenangkan adalah fitur panorama yang sangat berguna ketika digunakan untuk berlibur. Dan satu hal lagi yang menarik dalam hal fotografi dengan menggunakan handset ini adalah, Anda dapat melakukan pemotretan cepat dengan menekan tombol shutter berkali-kali dan tanpa lag sedikitpun.

Untuk video walaupun sama-sama menggunakan lensa yang sama dengan lensa kamera, tetapi Anda dapat melakukan perekaman dengan resolusi HD baik 1080p atau 720p. Dan sama seperti kualitas foto nya, walaupun hanya menggunakan lensa 5mp, hasil videonya juga luar biasa! Warna yang dihasilkan dari videonya, exposure yang bagus dan penggunaan yang mudah.

Untuk konektivitas, persenjataan yang dibawa oleh Samsung Galaxy Nexus ini sangat lengkap dan cocok untuk membombardir kebutuhan Anda akan koneksi yang mumpuni. Mulai dari quad-band GSM/GPRS/EDGE, through penta-band 3G with HSPA+ (21Mbps downlink, 5.76Mbps uplink), Wi-Fi b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot and Bluetooth 3.0, NFC sampai A-GPS semua sudah masuk kedalam paketan dari handset ini. Sayangnya untuk menerima WiFi sedikit agak lemah, walaupun tidak ada masalah dalam penggunaanya. Tetapi di saat gadget lain memiliki sinyal penuh, terkadang handset ini seakan kurang 1 bar dari penangkap sinyal WiFi nya.

Penggunaan koneksi tentunya tidak terlepas dari web browsing, dengan browser bawaan yang sedikit banyak mengingatkan kita akan tampilan Google Chrome, performa ketika digunakan dalam web browsing pun sangat menyenangkan (sekali!!). Karena Anda akan dimudahkan dalam penggunaan, termasuk penggunaan tab, zoom in dan zoom out dengan cubitan dan yang terakhir web browser ini sudah mendukung flash! (Hurray!!) Jadi Anda dapat menonton video melalui youtube langsung dari web browsernya. Dan untuk web browsing, bintang lima diberikan khusus untuk Google Galaxy Nexus ini.

Mengenai kekurangan, mungkin kekurangan dan kelebihan dari Google Galaxy Nexus ini adalah OS nya sendiri. Saat ini handset yang menggunakan OS Android v4.0 belum begitu banyak, sehingga kompabilitas aplikasi yang terdapat pada Google Play belum begitu banyak yang sudah kompatibel dengan OS ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa bulan kedepan akan semakin banyak aplikasi yang sudah kompatibel dengan OS ini.

Kesimpulannya, sejauh ini Google Galaxy Nexus boleh dibilang salah satu handset terbaik dari Samsung saat ini. Menjadi handset pertama dengan dukungan OS terbaru dari Android dan handset dengan resolusi HD pertama dari Samsung, tentunya dengan dukungan hardware dan software yang mumpuni, jelas performa dari handset ini melebihi ekspektasi kami sebelumnya. (fajrie)


Link to Product(s):
SAMSUNG Galaxy Nexus i9250 - Titanium Silver [GT-I9250TSAXSE]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post GSM Arena http://www.gsmarena.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

24 Tahun Melayani, Asli Bikin Tenang
Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2017 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us