20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

SilverStone Raven RV01

Posted: 09 Jun 2009 10:04:11
 

SilverStone, perusahaan peripheral komputer dari Taiwan yang terkenal dengan kualitas dari produk-produknya seperti case Lascala, Temjin atau power supply unit (PSU) seri Strider, dll kembali mengeluarkan sebuah inovasi terbarunya dalam chassis/computer case dengan Raven RV01.

 

SilverStone menawarkan hal yang sama sekali baru dalam desain interior sebuah case komputer yakni dengan memposisikan motherboard pada sudut 90 derajat yang menghasilkan Stack Effect. Klaim dari SilverStone adalah dengan desain seperti ini, panas yang dihasilkan oleh proses komputasi komputer dapat teratasi dengan baik beserta dengan keindahan estetika interiornya yang ’bersih’.

 

Saat pertama kali melihatnya, anda akan terkesan dengan kesan ’sangar’ dan radikal Raven RV01. Sudut-sudut tajam, garis-garis lurus yang berpadu dengan grill yang senada dengan dimensi yang terbilang besar serta warna hitam yang dominan membuat kesan gagah terpancar dari tiap sisi sudut manapun anda melihatnya. Bahan material yang menghiasi Raven RV01 ini dominan dari plastik, ditambah sedikit aluminium pada beberapa bagian. Cukup disayangkan memang penggunaan material bahan plastik pada case dengan tampilan seunik ini dan rasanya penggunaan material dari aluminium akan lebih baik. Walaupun begitu plastik yang digunakan pada Raven RV01 berkualitas tinggi dan kuat.

 

Ventilasi dari Raven RV01 ini pada sisi-sisinya menggunakan model mesh string yang berdesain seperti sirip atau sayap yang futuristik. Pada bagian depan Raven RV01 ini terdapat sebuah panel mekanikal yang menyembunyikan panel drive bay dan menganut desain automatic lock dimana untuk membukanya kita tinggal menekan kearah bawah hingga posisinya terkunci otomatis dan bila ingin menutupnya, kita hanya perlu untuk menekannya sekali lagi kebawah dan panel ini akan otomatis menutup naik keatas dengan sendirinya. Standar dan memang bukan merupakan sebuah hal baru tetapi cukup memberikan Raven RV01 sebuah gaya tersendiri.

 

Sementara pada bagian belakanglah dimana anda akan terkejut karena anda tidak akan menemukan ’jejak’ peletakan input/output sistem dari motherboard seperti yang biasa ditemukan pada case biasa. Pada Raven RV01, sistem ini berubah posisi menjadi 90 derajat yaitu posisi case atas. Dengan kata lain, posisi motherboard akan ’menggantung’. Top panel ini dilengkapi dengan kipas berukuran 120mm untuk pengusiran panas yang optimal dari dalam dan ditutupi dengan sebuah panel yang ukurannya lumayan panjang dengan dua buah pengunci panel.

 

Bagian interior RV01 seperti layaknya case ATX standar lainnya dengan PSU yang berada dibawah. Manajemen kabelnya baik namun menemui beberapa kendala, akibat peletakan posisi motherboard yang tidak lazim, antara lain PSU model lama yang kabelnya tidak terlalu panjang akan kesulitan untuk mencapai slot power ke motherboard. Kendala lainnya adalah koneksi USB, FireWire dan Audio ke bagian depan panel dari RV01 menjadi cukup jauh jangkauannya. Sementara pada bagian interior bagian hard drive disk dan optical drive disk tergolong baik berkat braket yang disediakan dan mekanisme tool-less yang diadopsi. Yang patut diperhatikan adalah ketersediaan penyaring debu tepat diatas dua buah kipas berukuran 180mm yang berfungsi sebagai fan air intake. Sebuah solusi yang cukup berguna untuk mencegah kotoran menyelusup masuk kedalam RV01 ini. Bila diperhatikan secara menyeluruh, case ini lapang dan tersedia cukup ruang untuk mengisi berbagai macam komponen komputer yang berukuran besar sekalipun.

 

Skema Stack Effect yang dihasilkan dari Raven RV01 ini adalah udara segar masuk dari bawah melalui sedotan dua kipas 180mm, menuju ke area panas ditengah yang dihasilkan dari bagian-bagian komponen motherboard, yang kemudian berakhir dengan keluarnya panas tersebut kebagian atas dengan bantuan sebuah kipas 120mm yang terletak di bagian atas seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Menarik? Tentu. Karena case-case yang cenderung hadir saat ini, baik itu high-end ataupun low-end biasanya menawarkan solusi pendinginan dengan membuang panas ke bagian samping atau bawah dari case-nya.

 

Berikut ini adalah hasil tes pengujian pengukuran suhu temperatur derajat dalam satuan Celsius. Hasil pengukuran temperatur ini dilakukan setelah komputer melakukan rendering dengan Cinebench dan dilanjutkan dengan aplikasi game Crysis Warhead.

 

Spesifikasi :

-         Intel Core 2 Quad Q6600

-         Asus P5Q-E

-         Thermalright TRUE Black

-         XFX HD4890

-         2x2GB Corsair Dominator DDR2-1066

-         Corsair TX750

-         Samsung SpinPoint F1 1TB, 7200RPM

-         Seagate Barracuda 500GB, 7200RPM

-         Gelid GC-1 Thermal Compound

-         LG DVD Reader

-         Program Crysis Warhead

-         Program Cinebench R10 64-bit

-         SilverStone Raven RV01

 

Seperti yang terlihat pada gambar, dimana kipas penyedot udara masuk (air intake) dan kipas pendingin prosesor dinon-aktifkan ternyata perbedaan temperaturnya tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan kipas pendingin prosesor dinon-aktifkan dan kipas penyedot udara masuk aktif. Pencapaian ini tentu fenomenal karena otomatis proses pendinginan kurang lebih hanya mengandalkan aliran udara (airflow) yang dihasilkan oleh case Raven RV01 ini sendirian. Bayangkan temperatur yang anda akan capai saat pengukuran dilakukan dengan menggunakan pendinginan optimal, sebut saja pemasangan high-end cooler prosesor. Dan yang lebih menakjubkan lagi adalah betapa sunyinya suara yang dihasilkan oleh kipas-kipas yang berada didalam RV01, mengingat diameter dimensinya yang terbilang besar (120 dan 180mm).

 

Secara keseluruhan, SilverStone Raven RV01 merupakan sebuah case yang menarik dengan kombinasi konsep desain dan pendinginan suhu temperatur didalam case yang optimal. Stack Effect yang dihasilkannya sungguh mengagumkan. Dan juga Raven RV01 bukan termasuk dalam kategori case yang user-friendly dalam artian proses perakitan, dimana peletakan posisi motherboard yang tidak lazim akan sedikit membingungkan. Termasuk juga kesulitan untuk posisi kabel-kabel yang menjadi agak berjauhan satu dengan yang lainnya, dimana hal tersebut tidak akan terjadi dengan case yang mempunyai layout desain standar. Terakhir, penggunaan bahan material plastik yang dirasa kurang tepat untuk Raven RV01 yang memiliki tampilan ’gahar’ ini.

 

Terlepas dari semua hal diatas, SilverStone Raven RV01 adalah sebuah case baru yang inovatif dan mempunyai konsep ide yang benar-benar berfungsi sesuai keinginan. Jika anda mencari sesuatu yang ’hilang’ dalam case komputer anda sekarang ini, baik itu desain tampilan, proses pendinginan atau hanya karena bosan dan anda butuh ’mainan’ baru, layangkan pandangan anda sejenak menuju Raven RV01 dan mempertimbangkannya. Memang bukan yang terbaik, tapi bila anda lebih mementingkan estetika dan proses pendinginan yang optimal SilverStone RV01 patut anda jadikan acuan. (anes)


Link to Product(s):
SILVERSTONE Full Tower Raven [SST-RV01B-W]
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post Driver Heaven http://www.driverheaven.net

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2017 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us