20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Sony Ericsson U10i Aino

Posted: 13 Nov 2009 10:58:29
 

Sony Ericsson tiba-tiba saja menggebrak pasar ponsel multimedia dengan mengeluarkan seri multimedia kelas atas dengan tipe U10i Aino. Ponsel berbentuk slider dengan dual interface ini menyasar pangsa pasar ponsel high end. Segudang fitur yang dimilikinya membuat harga ponsel ini selangit. Mari kita lihat apa saja kelebihan ponsel ini.

 

Design, Interface, dan Hardware

Aino didesain berbentuk slider dengan tombol numerik dan layar full touchscreen. Di sini Sony Ericsson membuat dua buah interface yang saling berbeda fungsi. Ketika slider dalam keadaan tertutup ponsel akan masuk ke fitur Multimedia yang dapat difungsikan melalui layar sentuhnya, sebaliknya jika slider dibuka interaksi hanya dapat dilakukan menggunakan tombol-tombol numeric layaknya interface standar ponsel.

 

Susunan menu di layarnya mengingatkan kepada menu yang ada di Sony PlayStation 3. Ikon utama tersusun rapi secara landscape. Memang ponsel ini dibuat agar dapat dinikmati dalam posisi tiduran. Hal ini didukung layarnya yang memang memiliki resolusi yang cukup lebar sebesar 432 x 240 pixel.

 

Material Aino tidak mudah tergores. Ini menandakan bahan yang dipilih sangat berkualitas. Kabar baik bagi orang-orang yang cenderung sembarangan meletakkan ponselnya.

 

Dengan dukungan slot microSD tentunya akan lebih memperluas kompatibilitas dari berbagai merk memory yang ada. Apalagi harga microSD cenderung lebih murah ketimbang jenis memory yang dipakai oleh Sony sejak lama. Kapasitas yang sanggup di tambahkan ke dalam ponsel ini hingga 32GB. Untuk memory internalnya sendiri hanya berkisar di 55MB saja.

 

Berbagai fitur yang disediakan cukup boros. Untuk mendukung masa hidupnya disediakan baterai Li-Polymer 1000mAh. Kapasitas sebesar ini cukup untuk membuat Aino mampu menjalankan fitur multimedia berat yang dimilikinya selama 3 hari. Tetapi akan berkurang drastis jika fitur-fitur lainnya seperti GPS dan HSDPA ikut digunakan.

 

Camera, Music, dan Video

Dikarenakan Aino memiliki dua interface, maka disediakan pula dua buah interface multimedia. Yang pertama interface standar Walkman Media. Ini bisa diakses ketika slide dalam keadaan terbuka. Yang kedua interface terbaru yang hanya bisa diakses ketika slide dalam keadaan tertutup. Interaksi dilakukan dengan cara sentuh di seluruh permukaan layarnya.

 

Pemutar musik Aino memiliki kompatibilitas format yang tidak berbeda jauh dengan ponsel musik Sony Ericsson lainnya. Begitupun dengan kualitas suara speaker luarnya yang terdengar biasa-biasa saja. Tetapi jangan kaget bila mendengarkan melalui headset bawaannya yang memang sudah terkenal kualitasnya. Sayangnya seperti kebanyakan ponsel Sony Ericsson lainnya, Aino tidak memiliki jack 3.5 inch.

 

Kekuatan kamera Aino sebesar 8 Mega Pixel. Bukan yang pertama, sudah ada beberapa merk sebelumnya yang mengusung kamera sebesar ini. Bahkan sebelumnya Sony Ericsson sendiri sudah memiliki tipe ponsel dengan besar pixel yang sama, yaitu Sony Ericsson C905 dan W995. Pada dasarnya Aino sendiri tidak difokuskan untuk menggeber sisi fotografinya, tetapi dengan kamera sebesar ini tentunya sudah sangat mumpuni untuk sekedar pengambilan gambar. Begitu juga dengan lampu flashnya yang bukan berjenis Xenon, melainkan cukup dengan LED yang ternyata tidak kalah terangnya dibanding Xenon.

 

Yang unik dalam paket penjualannya disediakan Bluetooth Receiver A2DP yang memiliki konektor jack 3.5 inch. Hal ini dapat menyiasati kekurangan ponsel ini. Fitur video merupakan salah satu yang paling penting. Format yang dapat diputar hanya 3GP dan MP4. Sayangnya tidak semua format MP4 dapat diputar di ponsel ini. Sama seperti beberapa merk ponsel lain yang memiliki kekurangan serupa. Ini mungkin diakibatkan keterbatasan ponsel yang hanya sanggup memutar video dengan framerate, bitrate, maupun resolusi tertentu.

 

Sisi recording videonya sanggup merekam hingga resolusi VGA dengan kecepatan framerate sebesar 30FPS.

 

Internet

Booming-nya situs pertemanan dan chatting membuat fitur konektivitas internet menjadi salah satu pertimbangan utama user dalam membeli ponsel. Tidak perlu khawatir kekurangan fitur konektivitas. Aino menyediakan semua fitur yang dapat dipergunakan, mulai dari yang standar GPRS, EDGE, HSDPA (hingga 7.2Mbps), HSUPA (hingga 2Mbps), sampai WiFi.

 

Sayangnya media browser bawaannya memiliki kekurangan yang cukup mengganggu. Layout dan interaksi usernya kurang nyaman.

 

Aplikasi Pendukung dan Remote Play

Sony Ericsson terkenal akan kompatibilitasnya yang begitu luas dengan aplikasi-aplikasi berbasis Java. Begitu juga di ponsel ini meskipun tidak menggunakan sistem operasi terbuka, tetapi dengan dukungan Java MIDP yang sudah semakin maju, banyak aplikasi-aplikasi pendukung dan juga game berbasis 3D yang dapat di-install ke dalamnya.

 

Untuk urusan navigasi sudah disertakan fasilitas A-GPS, selain itu juga terdapat fitur geotagging untuk keperluan fotografi.

 

Berbicara mengenai Remote Play, ini adalah salah satu keuntungan bagi pemilik Playstation 3. Dengan fitur unggulan ini kita dapat mengakses fitur multimedia Playstation 3 langsung dari ponsel ini.

 

Segudang fitur dan inovasi yang dimilikinya membuat Aino pantas menyandang gelar ponsel multimedia premium. Didukung dengan layar sebesar 3 inchi widescreen, ponsel ini memiliki modal untuk bersaing dengan jajaran ponsel multimedia premium lainnya.

 

Yang mengganjal mungkin hanya di dual interface-nya yang kurang fleksibel. Tetapi ini hanya masalah waktu untuk membiasakan diri. Selain itu harga yang mahal mungkin membuat sebagian orang berpikir kembali untuk membelinya. (hirzi)


Link to Product(s):
SONY ERICSSON U10i Aino - White
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post GSM Arena http://www.gsmarena.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us