20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Soundmagic ES18, Suara & Harga Ajaib

Posted: 18 May 2012 09:49:24
 

Ada beberapa orang yang mungkin akan sangat menikmati apabila earphone miliknya memiliki suara yang benar-benar maksimal dengan detail yang luar biasa, dan mereka tidak ragu untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk memanjakan telinganya. Tetapi ada juga tipikal orang yang hanya ingin mendengarkan musik dengan earphone yang memiliki kualitas suara yang baik namun dengan harga yang terjangkau.

Apabila Anda tergolong tipikal orang pada tipe kedua, pilihan Anda untuk membaca review ini sudah cukup tepat, karena Bhinneka Post diberikan kesempatan untuk mencoba varian  earphone kelas entry-level dari Soundmagic yaitu seri ES18 yang sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kualitas suara yang baik dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Desain & Build Quality

In Ear Monitor kelas entry-level yang dibanderol dengan harga 140 ribuan ini memiliki desain yang sangat basic berbentuk silinder dengan eartips karet pada bagian ujungnya, dan material yang keseluruhannya terbuat dari plastik. Dengan banderol harga yang cukup ramah di kantong, tentunya hal ini cukup wajar. Dan in ear monitor ini dilengkapi dengan kabel yang cukup panjang, yang pada ujungnya terdapat jack 3.5mm berbentuk L dan berlapis emas.

Hal yang cukup menarik dari beberapa produk Soundmagic adalah pada bagian kabelnya terdapat semacam klip untuk menjepitkan kabel ke baju Anda. Karena seperti yang kita ketahui, in ear monitor sangat sensitif terhadap gesekan kabel ke baju, sehingga sering terdengar suara gesekan yang cukup mengganggu, tetapi dengan dijepitkannya kabel ke baju, teknik ini terbukti sangat mengurangi suara gesekan tersebut.

Untuk dapat menyesuaikan dengan ukuran telinga Anda, di dalam paketannya terdapat beberapa ukuran eartips yang terbuat dari karet, dan tidak lupa terdapat semacam kantong untuk memudahkan Anda untuk menyimpan dan membawa in ear monitor ini bepergian. Dan untuk pilihan warna, Soundmagic memberikan ES18 dua buah warna duo tone yang sporty, yaitu warna hitam/merah yang berani dan warna hitam/hijau yang terlihat sangat sporty.

Mengenai build quality, pada awalnya memang sedikit mencurigakan, karena keseluruhan body nya terbuat dari plastik. Tetapi anggapan tersebut salah, karena in ear monitor ini telah bertahan terhadap beberapa kali penyiksaan seperti penggunaan ketika berolahraga, sampai penggunaan selama berjam-jam non-stop, sebuah nilai plus tentunya.

 

Uji Coba

Seperti biasa, ujicoba dilakukan setelah in ear monitor ini melewati proses burn-in selama minimal 50 jam dengan berbagai macam genre lagu dengan format MP3 192kbps, dan dengan portable player SanDisk SANSA Clip+. Portable Player dan media dengan format MP3 dipilih untuk mensimulasikan penggunaan dalam menemani aktifitas sehari-hari.

Pertama kali earphone ini mencoba mendendangkan lagu dengan genre yang santai seperti pop, dan akustik, karakter suara yang terdengar tergolong clear, dengan suara mid, high dan low range yang cukup terkontrol dan seimbang antara satu dengan yang lainnya. Tetapi serunya ketika mencoba memutar lagu dengan genre yang kaya akan suara low-range, suara bass yang dihasilkan pun masih sangat cukup untuk menghidupi lagu dengan perpaduan suara mid dan high yang lagi-lagi sangat balance.

Untuk in ear monitor dengan harga 140ribuan, separasi yang dihasilkan cukup untuk memisahkan beberapa alat musik sekaligus, walaupun bukan yang terbaik di kelasnya. Sayangnya, eartips-nya tidak terlalu baik dalam mengisolasi suara, sehingga Anda masih dapat mendengar sayup-sayup suara dari luar.

Dan satu hal yang sangat disayangkan, Soundmagic ES18 ini pada earplug-nya tidak terdapat penunjuk left dan right, sehingga Anda harus meraba-raba dan merasakan suara yang pas untuk telinga kanan dan kiri Anda. Tetapi pada bagian belakang dari earplugnya terdapat logo Soundmagic dan pada bagian lainnya terdapat tulisan ES18. Dan dengan mengandalkan insting belaka, disimpulkan earplug dengan tulisan ES18 untuk telinga kanan.

Disarankan bagi Anda yang memiliki portable amplifier, segera sandingkan in ear monitor ini dengan portable amplifier kesayangan, karena jelas kualitas suara yang dihasilkan akan sangat terdongkrak.

 

Kesimpulan

Tidak sepantasnya telinga Anda mendapatkan kualitas suara yang buruk, walaupun Anda tipikal orang yang hanya ingin mendengarkan musik, karena dengan Soundmagic ES18, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, Anda sudah mendapatkan kualitas suara yang jauh di atas rata-rata.

Walaupun dengan beberapa kekurangan seperti pada noise isolation, dan tidak adanya indikator left and right, Soundmagic ES18 memiliki karakter suara yang clear dan perpaduan antara high, mid dan low range yang sangat seimbang, hampir cocok untuk sebagian besar genre lagu yang Anda miliki.

Untuk rekomendasi, jelas Soungmagic ES18 direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan in ear monitor kelas entry-level yang berkualitas baik dan dengan harga yang terjangkau. (fajrie)


Link to Product(s):
SOUNDMAGIC In Ear Monitor [ES18] - Black Red
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us