20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Soundmagic PL11, The Power of Entry Level!

Posted: 16 Mar 2012 09:05:28
 

Kami di Bhinneka Post paham betul bagaimana sebuah hobi mendengarkan musik terkadang sangat bertentangan dengan keadaan dompet. Di saat telinga sudah mulai rewel dan mengharuskan untuk membeli portable amplifier yang mumpuni, atau di saat teman menawarkan sebuah gadget pemutar musik yang sangat “beracun”, terkadang kita harus merogoh kantong dalam-dalam dan akhirnya dompet pun sukses masuk angin.

Memang untuk kedua benda di atas, harga benar-benar menentukan kualitasnya. Jadi mungkin tidak ada kompromi, untuk mendapatkan kualitas suara yang maksimal, mau tak mau Anda harus mengeluarkan dana lebih. Tetapi hal ini sepertinya tidak berlaku untuk memilih earphone, karena saat ini sudah berhamburan earphone dengan harga murah tapi memiliki kualitas yang jauh di atas harganya, salah satunya adalah earphone PL11 besutan Soundmagic.

Kita semua tahu bahwa merk ini memang tidak pernah ada kompromi apabila berbicara tentang kualitas suara. Termasuk pada earphone berbentuk in ear monitor ini yang dibanderol dengan harga super ekonomis ini, hanya sekitar 180 ribuan. Mengenai desain, sebenarnya tidak terlalu istimewa dan terkesan biasa-biasa saja. Hanya berbentuk silinder dengan pilihan warna seperti merah, biru, gold dan silver. Tetapi siapa yang membutuhkan desain yang eye catching apabila Anda mencari kepuasan telinga?

Mengenai build quality pun tidak ada yang istimewa, terbuat dari full plastik dan ada beberapa sisa bekas molding yang potongannya masih belum rapi. Tetapi build quality nya sedikit terdongkrak dengan digunakannya kabel dengan karet yang cukup tebal dan kenyal, sehingga untuk urusan kabel terlihat kokoh dan tidak mudah kusut. Dan untuk konektor, menggunakan jack 3.5mm gold-plated. Seperti yang kita ketahui emas adalah salah satu konduktor yang baik, jadi akan menghantarkan sinyal suara yang baik juga. Jadi kesimpulan untuk masalah build quality, dari sisi earphone-nya tidak ada yang istimewa, tapi untuk sisanya jelas build quality yang ditawarkan sangat baik, dan sangat cocok untuk penggunaan harian.

Pada paketannya Anda akan mendapatkan sebuah sarung yang cukup tebal untuk menyimpan earphone ini ketika tidak digunakan atau ketika dalam bepergian. Dan pada kabelnya terdapat semacam klip yang dapat dikaitkan pada kerah baju untuk menstabilkan goyangan kabel ketika Anda gunakan ketika beraktifitas.

Ketika uji coba dilakukan, sebelumnya dengan melakukan burn-in express selama 50 jam, kesan pertama yang ditimbulkan cukup mengejutkan, dengan harga dibawah 200 ribuan Anda sudah bisa mendapatkan earphone dengan kualitas yang jauh di atas rata-rata pesaingnya. Untuk in ear monitor kelas entry-level, separasi yang ditawarkan oleh Soundmagic PL11 sangat baik. Anda dapat mendengarkan masing-masing instrument dari band favorit dengan baik dan tidak bertumpuk.

Untuk pengolahan suara high range, Soundmagic PL11 suaranya terkesan kurang menonjol tetapi masih sangat cukup untuk membantu mengiringi lagu favorit, dan sepertinya earphone ini diciptakan bukan untuk menonjolkan sisi high range. Tetapi tunggu sampai Anda mendengarkan bagaimana earphone ini menangani suara mid dan low range. Untuk suara mid, sepertinya memang keunggulan dari Soundmagic PL11 berada di sini. Suara mid yang dihasilkan sangat jelas, lantang dan terkesan warm, suara vokal yang dihasilkan seakan berada di tengah dan ini adalah sebuah karakter mid yang sangat menyenangkan. Karena terdengar jelas, jernih dan sangat dominan.

Dan untuk suara low range, suara bass terdengar punchy, tetapi masih kalah dengan dominasi dari suara mid-range. Walaupun masih kalah dengan dominasi suara mid-range, untuk beberapa lagu yang memiliki beat kencang, suara bass yang dihasilkan masih sangat baik sekali mengiringi lagu. Bagi Anda si Basshead, mungkin Anda akan cepat terpuaskan dengan karakter suara bass dari earphone ini.

Pada awalnya mungkin terlihat biasa saja, tetapi tunggu dahulu sampai Anda sudah melewati masa burn-in. Karakter suaranya benar-benar akan muncul dan SoundMagic akan menunjukan kualitas suara yang sesungguhnya. Secara keseluruhan, Soundmagic PL11 cukup baik dalam separasi alat musik, suara mid dan low range, tetapi masih kurang dominan untuk suara high range.

Jadi, bagi Anda yang memiliki hobi mendengarkan musik portabel, Anda masih punya pilihan untuk mengakali harga dari portable amplifier dan MP3 player yang tinggi dengan membeli earphone kelas entry-level tetapi memiliki kualitas suara yang jauh diatas level nya.

Lupakan build-quality yang biasa saja, apabila memang Anda mengejar kualitas suara, karena dengan harga yang dibanderol Anda harus memilih apakah sound-quality atau build-quality yang harus dikorbankan. Tetapi untuk masalah build quality, earphone ini masih tertolong berkat kualitas kabel dan gold-plated jack nya. (fajrie)


Link to Product(s):
SOUNDMAGIC In Ear Monitor [PL11] - Silver
Beli
SOUNDMAGIC In Ear Monitor [PL11] - Blue
Beli
SOUNDMAGIC In Ear Monitor [PL11] - Golden
Beli
SOUNDMAGIC In Ear Monitor [PL11] - Red
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post n/a n/a

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us