20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Symantec Norton Internet Security 2007

Posted: 11 Jun 2007 10:19:05
 

 

Kelebihan

§    harga yang lebih murah

§    proses yang lebih cepat

§    fitur behavior-monitoring yang belum ditemukan pada produk sejenis lain

 

Kekurangan

§    tidak tersedia paket single-user

§    membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar dibanding produk sejenis

§    tidak ada toolbar antiphising untuk Firefox

 

Pada Dasarnya

NIS 2007 hadir dengan banyak sekali peningkatan dan perbaikan dari versi sebelumnya, termasuk behavior-monitoring yang menjadi andalan. Dengan segala kemampuan unggul didalamnya, NIS 2007 bisa jadi merupakan perangkat yang terlalu mematikan bagi pengguna desktop pada umumnya. Dengan kata lain: over-featured.

 

 

Banyak sekali yang baru dari Symantec Norton Internet Security 2007 (NIS 2007). Antarmukanya baru, pengkodeannya lebih ramping, harga yang justru lebih murah, dan tentu saja kejutan-kejutan pada fitur dan program. Pemilik bisnis kelas kecil dan menengah (SMB) juga pengguna tingkat lanjut yang menjajal NIS 2007 sampai ke dalam tentu akan sangat menghargai penambahan fitur behaviour monitoring yang lebih dalam dan mendetail. Tetapi kelebihan ini dan beberapa fitur baru pada NIS 2007 bagi pengguna kelompok rata-rata bisa jadi agak mubazir, ibarat mengendarai mobil Hummer untuk pergi ke supermarket seminggu sekali.

 

Dan meskipun 80% coding-nya ditulis ulang, NIS 2007 masih terasa sedikit berat. Namun itu tentu setara dengan fitur dan perbaikan sana-sini yang ditambahkan. NIS 2007 dikembangkan dengan mengakomodir kebutuhan kelas enterprise. Ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bahkan bagi pengguna kelompok home-user karena sekaligus dapat menikmati fitur-fitur kelas enterprise. Namun sayangnya, ini mengakibatkan NIS 2007 menjadi sedikit kurang user-friendly bagi pengguna kelompok pemula.

 

Setup Dan Antarmuka

NIS 2007 tersedia dalam kemasan boks. Selain menurunkan harganya dengan sangat signifikan, NIS 2007 dijual sekaligus untuk 3 lisensi dan tidak menyediakan paket untuk pemakai tunggal. Berbeda dengan McAfee dan ZoneAlarm yang meskipun dipaket untuk 3 lisensi pada harga yang sangat bersaing, mereka masih menyediakan paket untuk pemakai tunggal dengan harga lebih rendah sekitar 30%.

Pada saat proses setup NIS 2007 kami jalankan, tidak banyak kejadian yang memerlukan perhatian. Artinya, semuanya dapat dikatakan berjalan secara otomatis. Kecuali jika Anda ingin sekaligus mendaftarkan NIS 2007 secara online, maka Anda perlu mengisi beberapa data yang dibutuhkan. Tentu saja Anda harus terhubung dengan koneksi internet untuk melakukan registrasi online ini. Banyak keuntungan yang akan Anda dapat jika Anda mendaftarkan copy NIS 2007 yang Anda miliki, diantaranya adalah fasilitas download beberapa fitur tambahan opsional yang hanya diberikan kepada pengguna yang terdaftar.

Jika Anda menginstal NIS 2007 secara penuh, ruang hardisk yang diperlukan adalah sebesar 350MB. Ini lebih besar dibanding McAfee dan ZoneAlarm. Tetapi tentu ada alasan dibalik kebutuhan ruang yang lumayan besar ini. NIS 2007 memberikan semua fitur yang ada sekaligus tanpa Anda perlu mencari-cari dan mengaktifkannya. Ini akan memberikan kemudahan bagi Anda. Tetapi seperti halnya McAfee dan ZoneAlarm, NIS 2007 juga menjalankan beberapa aplikasi ‘kurang penting’ pada background yang akan mempengaruhi kinerja sistem terutama pada komputer lama dengan spesifikasi pas-pasan.

Antarmuka NIS 2007 terasa lebih sederhana dan lebih rapi dibanding versi sebelumnya. Misalnya saja Norton Protection Center dan Norton Internet Security yang sebelumnya hadir dalam jendela terpisah, kini disatukan dalam satu jendela pada tab yang berbeda. Dan tidak seperti versi tahun sebelumnya, pada NIS 2007 Norton Protection Center kini lebih sarat informasi dan memberikan link-link yang sangat membantu bagi pengguna pada saat membutuhkan bantuan maupun sekedar ingin menelusuri artikel seputar NIS 2007 lebih jauh lagi.

Ketika pertama kali Anda meluncurkan NIS 2007, sidebar baru akan muncul dan menampilkan informasi status sekuriti sistem Anda pada saat ini dengan menggunakan warna indikasi hijau, kuning dan merah seperti pada umumnya. Norton menyediakan tombol ‘Fix-Now’ yang sangat praktis. Ini akan membuka jendela baru yang meminta Anda untuk memilih apa yang akan Anda perbaiki dan parameter-parameter lainnya. Inilah yang tadi kami maksud sebagai kurang user-friendly bagi pengguna kelompok pemula yang menginginkan segalanya serba otomatis. Tetapi sebaliknya, bagi mereka yang cukup mahir, fitur ini justru menantang dan memberikan kesenangan dan kepuasan tersendiri.

 

Fitur

NIS 2007 memberikan beberapa proteksi baru yang memberikan perlindungan keamanan lebih mendalam dan menyeluruh dengan teknologi yang ada yang sebagian besar diantaranya terdapat pada satu produk yaitu Norton AntiVirus 2007.

Yang baru dari NIS suite adalah perlindungan antiphising dari Symantec. Dengan menggunakan add-on pada toolbar Intrenet Explorer, NIS akan memberikan tanda peringatan jika ditemukan situs yang dicurigai melakukan phising. Tidak seperti McAfee yang meletakkan fitur SideAdvisor sebegai alat antiphising pada toolbar yang berdiri sendiri, Symantec menyajikannya langsung dalam suite.

Untuk meningkatkan fitur, NIS 2006 sendiri telah menawarkan perangkat perlindungan yang baik. Tetapi NIS 2007 memberikan tingkat pendeteksian pada tingkat baru yang lebih tinggi dan tentunya lebih baik. Symantec telah memperluas teknologi Veritas VxMS yang berkelas enterprise kedalam kelas consumer sehingga bisa dinikmati lebih banyak kalangan. Kelebihan ini memungkinkan NIS 2007 untuk membandingkan file dalam direktori dengan file pada volume level. Tidak hanya itu, NIS 2007 dapat juga membendung mesin scanning antivirus sehingga tidak hanya proses full system scan tetapi juga proses quick scan keduanya dapat berjalan pada background. Mekanisme ini akan memberikan prioritas pada aplikasi yang sedang dijalankan seperti Microsoft Word dan lainnya.

Yang masih ketinggalan pada NIS 2007 adalah belum adanya perlindungan untuk wireless router. Tapi memang kemampuan konfigurasi perlindungan WEP maupun WPA ini belum kami temukan pada produk Internet Security manapun. NIS 2007 merubah perlindungan firewall Anda berdasarkan jenis koneksi Anda ke jaringan, apakah jaringan rumah, jaringan kantor, atau jaringan nirkabel umum seperti kafe internet atau bandara. Sebagai informasi, Windows Vista telah menyediakan fitur ini.

 

Kinerja

Dibandingkan dengan uji coba yang kami lakukan tahun lalu pada Norton AntiVirus 2006, NAV 2007 secara keseluruhan menunjukkan hasil yang lebih baik. Tetapi untuk menentukan seberapa baik suatu produk sekuriti dapat melindungi PC Anda, kami mengacu pada dua organisasi independen yang secara profesional memberikan perbandingan dan penilaian pada produk sekuriti yang beredar. Dari AV-Comparatives.org, NAV 2006 memperoleh rating ‘Advance +’ yang merupakan rating tertinggi dengan skor sebesar 98% dari seluruh uji coba terhadap malware. Sementara dari Checkvir.com NAV 2006 merupakan salah satu dari 8 produk sejenis yang mendapat rating ‘Standard’ yang merupakan rating tertinggi.

Untuk uji coba firewall, kami menggunakan NMAP pada sistem tertutup dengan koneksi router. Pada saat uji coba, kami tidak dapat menemukan NIS 2007 pada PC. Sementara uji coba pada PC yang menggunakan produk lain masih menunjukkan beberapa hasil yang mengindikasi lolosnya firewall. Dengan demikian, Norton tampaknya menyembunyikan PC yang dilindunginya dari serangan hacker yang berbahaya dan inilah memang yang seharusnya dilakukan sebuah aplikasi sekuriti seperti NIS 2007. (ella)

 


Link to Product(s):
SYMANTEC 10737738-AP
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post CNet http://www.cnet.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us