20 October 2014
Lenovo Siapkan Brand Kedua Saingi Xiaomi
  20 October 2014
Hacker Meretas 7 Juta Akun Dropbox?
  20 October 2014
Bhinneka.Com dalam Microsoft Indonesia’s Tech Days
  20 October 2014
Bhinneka.Com Hangout: Agate & Bisnis Game
  16 October 2014
Microsoft Meluncurkan Skype Qik Video Sharing
  16 October 2014
Samsung Mengembangkan Batre yang Dapat Digulung
  16 October 2014
Facebook Ancam Pendapatan Iklan Online Google
  16 October 2014
Intel Siapkan Teknologi Baru Transksi Kartu Kredit
  16 October 2014
Lenovo Bentuk Perusahaan Baru Untuk Lawan Xiaomi
  16 October 2014
Proyek Kolaborasi antara Samsung dan Facebook
  ...more
   
 
  09 October 2014
LENOVO Yoga 8, Tablet Android Multimode Canggih
  26 September 2014
Xperia Tablet Z2, Tablet Canggih yang Anti Air
  26 September 2014
Galaxy Tab 4 8.0 3G, Tablet Canggih yang Praktis
  15 August 2014
PlayStation 4,konsol penerus PS3 dengan spirit PS2
  22 July 2014
Canon SELPHY C910 Cetak Foto Ponsel Makin Mudah
  21 July 2014
G2 Mini Versi Murah Smartphone Andalan LG
  15 July 2014
Zenbook UX301LA Ultrabook Stylish dari Asus
  08 July 2014
Smart Audio Video Bluetooth Music Receiver
  08 July 2014
PX DV-2000 Full HD Driving Camcorder
  03 July 2014
Nokia XL Punya Layar Lebih Besar
  ...more
   
 
MENGENAL EDITOR KAMI
Kami selalu mencoba untuk menyajikan berita-berita yang menarik untuk para pengunjung Bhinneka.Com, kami sadur dari berbagai sumber dan tidak jarang kami memburu berita sendiri. Dan saat ini kami melengkapi dengan berbagai review produk yang mungkin berguna bagi Anda sebelum memutuskan pembelian. Ingin tahu siapa dibelakang editor kami? Silahkan klik di sini untuk membaca profile mereka.
   
 
INGIN MENYUMBANG BERITA/REVIEW?
Jika Anda berminat menyumbang berita/review silahkan email kami di post@bhinneka.com. Ada uang jasa untuk setiap tulisan Anda yang ditayangkan lho! Asyik kan?
   
 

CBN Cloud
 
 
Home News Reviews
 

Wacom Graphire4

Posted: 16 Apr 2007 10:03:52
 

 

Anda seorang graphic designer? Atau animator? Atau fotografer? Atau sekedar mengidam-idamkan suatu saat dapat menulis dan menggambar langsung pada layar komputer Anda yang selama ini sangat sulit dilakukan dengan mouse yang kaku itu? Jika iya, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memiliki Wacom Graphire 4, sebuah digitizer yang diluncurkan pada kuartal terakhir 2005 dan masih menjadi favorit hingga tahun ini.

 

Wacom Graphire4 hadir dalam 2 ukuran area yaitu 4” x 5” dan 6” x 8”. Selain dilengkapi dengan pena ‘ajaib’ yang selain berfungsi sebagai alat untuk menulis dan menggambar layaknya pena yang Anda gunakan sehari-hari, pena ini dapat juga berfungsi sebagaimana mouse yang dapat menavigasi dan menjelajahi menu-menu pada aplikasi yang sedang Anda jalankan. Perangkat lunak yang disertakan sangat mendukung bagi Anda yang bekerja dengan aplikasi grafis. Diantaranya, Adobe Photoshop Elemet 3.0, Ulead Photo Explorer 8, Corel Painter Essentials 3 dan Pen Plus for Wacom ver 1.51.

 

Desain

Wacom Graphire 4 yang menggunakan koneksi USB ini hadir dalam 3 warna yang stylist yaitu perak, biru dan putih. Desainnya mengalami perbaikan dari seri sebelumnya seperti penambahakan frame transparan di sekeliling area aktif yang juga dapat berfungsi untuk menyelipkan hasil karya Anda. Sebuah scroll-wheel dan dua tombol Express Key ditambahkan pada bagian atas tengah dibawah lubang tepat menyimpan pena yang terletak paling atas pinggir. Selain dapat disimpan pada lekukan dibagian atas ini, pena Graphire4 dapat juga diletakkan pada dudukan pena berbentuk bulat dan transparan yang dapat diletakkan disamping tablet dan tentu akan menambah elegan meja kerja Anda.

 

Fitur

Wacom Graphire4 memang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan olah gambar digital yang saat ini berkembang pesat. Untuk itulah ia dilengkapi dengan begitu banyak fitur yang akan mendukung dan menjadikan kegiatan editing dan eksplorasi kreativitas digital menjadi sangat menyenangkan.

 

Tidak hanya kemudahan pada perangkat keras seperti pena dan mouse, Wacom Graphire4 dilengkapi dengan 4 software terdepan yang sangat populer dan dibutuhkan untuk mengolah kreativitas digital. Gabungan dari keduanya memungkinkan Anda menambahkan kreativitas pada gambar atau foto yang sudah Anda miliki. Tidak hanya itu, Wacom Graphire 4 juga dapat membuat artwork pada scrapbook , crarf project dan slideshow. Selain fungsi serius diatas, fungsi lain dari pena ini yang memberikan sentuhan personal adalah membuat catatan digital, menambahkan anotasi pada dokumen dan membuat sketsa diagram secara cepat.

 

Kelengkapan Perangkat

§         Tablet

Graphire4 kompatibel untuk sistem operasi Windows dan Mac. Menggunakan koneksi USB dan segera menginstal driver secara otomatis pada saat dihubungkan ke PC. Proses instalasi tergolong cepat dan otomatis. Sama sekali tidak diperlukan keahlian atau pengetahuan tertentu, karena hampir bisa dipastikan proses instalasi tidak menimbulkan troubleshooting. Bagian tablet ini ditentukan oleh seri nama yang Anda pilih, 4” x 5” atau 6” x 8”.

 

Diselubungi oleh permukaan transparan yang bisa sekaligus menjadi bingkai bagi hasil karya gambar digital Anda yang dapat Anda letakkan dibawahnya.

Dan bekerja seperti mouse-pad, tablet akan menerima gerakan pena yang Anda kendalikan seperti halnya gerakan mouse. Bekerja dengan cara ini memberikan pengalaman yang unik sekaligus menyenangkan. Anda yang sudah berpuluh-puluh tahun terbiasa dengan pena dan pensil, kadang merasa pegal-pegal di telapak tangan terutama di bawah jempol setelah menggunakan mouse yang kurang ergonomis selama paling tidak 7 jam sehari. Dengan digitizer yang menggantikan fungsi mouse dengan pena, hal tersebut tidak akan terjadi.

 

§         Pena

Pena multifungsi pada Wacom Graphire4 mempunyai resolusi 512 level of pressure yang bekerja tanpa baterai. Selain 2 tombol pada bagian pinggir pena yang fungsinya dapat diprogram, penghapus pada bagian atas pena ini dapat berfungsi secara unik seperti layaknya penghapus pada pensil. Gesekkan saja pada daerah aktif tepat pada area yang akan Anda hapus, maka secara langsung akan tampak pada layar PC Anda penghapus tersebut sedang menghapus coretan yang telah Anda sesuai dengan gerakan yang Anda kendalikan.

 

§         Mouse (opsional)

Khusus untuk pasar Amerika, Wacom Graphire4 hadir sekaligus dengan mouse yang mempunyai resolusi 4X lebih tinggi dibanding resolusi pada mouse optis pada umumnya. Sayangnya, Wacom Graphire4 yang dipasarkan ke Indonesia tidak menyertakan mouse ini dalam paketnya, tetapi dijual secara terpisah sebagai aksesoris opsi. Tentu saja harga Wacom Graphire4 menjadi lebih murah.

 

Software Pada Graphire4

§         Adobe Photoshop Elemet 3.0

Software ini bagi Anda yang sering bekerja dengan hasil foto dari jepretan kamera digital. Dengan Adobe Photoshop Element 3.0, Anda dapat mengimpor, mengorganisasi, mengedit, menambah sentuhan akhir dan meningkatkan kualitas foto, juga mengekspornya ke aplikasi lain yang Anda butuhkan.

 

§         Ulead Photo Explorer 8

Era internet yang makin melekat akhir-akhir ini tak luput dari perhatian Wacom. Dengan Ulead Photo Explorer 8 yang disertakan, Wacom ingin membuat Anda yang senang berbagi foto dan memiliki album online di sebuah situs internet, akan terbantu dan dapat melakukan photo-sharing secara online dengan lebih mudah dan praktis.

 

§         Corel Painter Essentials 3

Ini dia software yang menjadi jantung Wacom Graphire4 Anda. Dengan aplikasi ini ide kreativitas Anda akan dimanjakan dan semuanya seolah tidak ada yang tidak mungkin. Semua kegiatan seni dapat Anda lakukan dengan aplikasi seniman ini.

 

§         Pen Plus for Wacom ver 1.51

Satu lagi software yang menarik yang disuguhkan Wacom Graphire4. dengan Pen Plus for Wacom ver 1.51, Anda dapat membuat dokumen dengan tulisan tangan Anda yang Anda buat dengan menggunakan pena Graphire4. 100% seperti sedang menulis di masa sekolah dulu. Habetnya lagi, aplikasi ini akan menyediakan fasilitas untuk mengirimkan e-mail yang berbentuk tulisan tangan asli Anda. Tulisan tangan dengan Pen Plus juga dapat ditambahkan pada suatu dokumen untuk memberikan catatan tambahan (anotasi) yang akan membedakan secara signifikan antara naskah asli dalam ketikan komputer dengan anotasi dalam tulisan tangan. Rasanya akan seperti membuat catatan tambahan di lembar buku atau naskah seminar. Benar-benar mengasyikkan.

 

Lebih lanjut, pengguna Wacom Graphire4 dapat menambahkan satu lagi fitur menarik untuk makin melengkapi fitur-fitur yang sudah ada. Dengan menambahkan aplikasi Adobe Acrobat Reader 7, Anda dapat melakukan mark-up pada dokumen .pdf Anda dengan tinta digital, jika fitur “Enable for Commenting” pada Acrobat Reader sudah diaktifkan. (ella)


Link to Product(s):
WACOM CTE-440/SO-C
Beli
WACOM CTE-640/SO-C
Beli
 

Editor: Source: URL:
Bhinneka Post Digital Photography Review http://www.dpreview.com

 
<< Older Post Newer Post >>

 
 

Cari Semua Kategori
Hubungi Kami
(021) 2929-2828
SMS: 0812-123-8000, Fax: (021) 425-7787
Kantor Pusat
:
Senin - Jumat; 08.30 - 19.00 WIB
Sabtu; 09.00 - 16.00 WIB
Toko
:
Setiap Hari; 10.00 - 19.00 WIB
Newsletter
Daftar sekarang untuk menerima informasi produk terkini, promosi, dan tawaran menarik lainnya.
Daftar
Copyright © 1999-2016 Bhinneka Mentari Dimensi, PT.
Chat With Us